Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

800 Ribu Lembar Masker Siap Disebar untuk Warga Banua

- Apahabar.com Jumat, 4 September 2020 - 13:24 WIB

800 Ribu Lembar Masker Siap Disebar untuk Warga Banua

Gubernur Sahbirin Noor didampingi Kepala Dinas Perindustrian Kalsel Mahyuni saat melakukan peninjauan pengrajin masker sasirangan di Jalan Kampung Melayu. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Gerakan sejuta masker menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mendorong penanggulangan Covid-19.

Memasuki tahap ketiga, 800 ribu lembar masker siap dibagikan secara bertahap untuk warga Banua.

“800 ribu yang sudah selesai. Sebagian ada yang sudah dibagi dan akan segera distribusikan kembali,” ucap Gubernur Sahbirin Noor saat mengunjungi dua lokasi perajin sasirangan di Banjarmasin, Jumat (4/9) pagi.

Selain imbauan untuk melindungi diri dari penularan, gerakan ini juga sekaligus untuk memulihkan perekonomian Kalsel. Oleh karena itu, pemerintah melibatkan sektor kecil seperti perajin lokal untuk menyukseskan program ini.

“Pastinya kurang karena penduduk Kalsel lebih dari 4 juta orang. Tetapi ada sektor lain yang ikut turun tangan, seperti kepolisian, PKK, termasuk perusahaan yang juga membuat masker sendiri,” imbuh Sahbirin.

Sejak kasus pertama dikonfirmasi Maret lalu, pandemi Covid-19 perlahan membuat ekonomi Kalsel kian terpuruk. Sektor usaha yang melibatkan para pelaku IKM atau UMKM turut merasakan dampaknya.

“Menurunnya omset penjualan dan berkurangnya permintaan pekerjaan. Mudah-mudahan pemulihan ekonomi menjadi stimulan semangat baru bagi kita,” ucap Kepala Dinas Perindustrian Kalsel, Mahyuni menambahkan.

Salah satu pelaku usaha yang dilibatkan adalah Ruth Marliani Oedi. Perajin sasirangan ini mendapat kesempatan memproduksi sekitar 25 ribu lembar masker sasirangan. Di bawah naungan organisasi gerakan ekonomi kreatif Indonesia (Gekrindo) Kalsel, usaha miliknya dapat memperkerjakan hingga 91 penjahit.

“Kami sangat terbantu, karena adanya Corona ini semua usaha terjun bebas. Semoga akan ada proyek selanjutnya hingga ekonomi kita benar-benar pulih,” beber Ruth

Editor: Puja Mandela

Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Akan Fungsikan RSJ Tamban Sebagai Panti Rehabilitasi
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Bergerak Diam-diam, Paman Birin Salurkan Paket Sembako Malam-malam
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Produksi Batu Bara Kalsel Turun, ESDM Beber Alasannya
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Usai Banjarmasin, Paman Birin Setujui PSBB 3 Wilayah
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Perkuat Kearsipan, Dispersip Kalsel Sosialisasikan Perda 
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Lawan Covid-19, Gubernur Kalsel Paman Birin Ajak Goweser Banua Rayakan Haornas ke-37
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Wacana Pembelajaran Tatap Muka, Disdik Kalsel Akan Berlakukan Sistem Shift
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Bedah Sejarah Masjid Lewat Talkshow Virtual Bersama Dispersip Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com