Isolasi Hari Kedua, Denny Indrayana Tulis Surat Terbuka untuk Presiden Jokowi Klaim Adaro Reklamasi Lebih 100 Persen Lubang Tambang Dipertanyakan Jadi Sekolah Unggulan, Intip Sederet Program Almazaya Islamic School Banjarmasin Resmi, Gugatan Anandamu Tunda Kemenangan Ibnu-Ariffin di Pilwali Banjarmasin Tidak Mau Diisolasi di Palembang, 2 Peserta PTQ asal Kalteng Kabur

Antisipasi Gesekan, Penyelenggara Pilkada di Banjarmasin Diminta Pahami Tugas Pokok

- Apahabar.com Rabu, 16 September 2020 - 14:35 WIB

Antisipasi Gesekan, Penyelenggara Pilkada di Banjarmasin Diminta Pahami Tugas Pokok

Bawaslu dan KPU menggelar rapat koordinasi, Rabu (16/9). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar rapat koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pesta demokrasi yang akan digelar di Kota Banjarmasin.

Rapat koordinasi digelar di salah satu hotel bilangan Banjarmasin Timur, Rabu (16/9).

Ketua Bawaslu Banjarmasin, M Yasar mengatakan rapat tersebut membahas terkait fungsi dan tugas pokok anggota yang terlibat dalam penyelenggaran pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

“Hari ini dari materi yang ada, bisa dipahami tugas dan kewajiban kita masing-masing. Jadi petugas harus mentaati asas dan aturan yang sudah ditetapkan,” katanya.

Diharapkan dengan disampaikan aturan dan tugas pokok, setiap anggota bisa memahami hal tersebut, sehingga mencegah adanya masalah antar anggota Bawaslu dengan KPU.

“Jangan sampai ada gesekan antara pengawas (Bawaslu) dan KPU, lantaran tidak memahami aturan yang ada, sehingga masing-masing menonjolkan egonya. Peribahasanya jangan sampai peserta beampik (bertepuk tangan kesenangan) gara-gara penyelenggaranya bermasalah satu sama lain,” jelasnya.

Lebih jauh, ia juga menekankan kepada anggota penyelenggara Pilkada di Kota Banjarmasin untuk tetap bersikap netral, tak memihak salah satu pasangan calon.

“Tentu terkait dengan pilkada yang calonnya banyak ini, kita wanti-wanti jangan sampai ada penyelenggara yang berpihak terhadap salah satu pasangan calon,” katanya.

Sementara itu, anggota KPU Banjarmasin, Taufiqurrakhman memastikan kalau pihaknya pun akan berkomitmen untuk tidak memihak salah satu pasangan calon manapun.

“Kalau kita tentunya dari KPU sebagai penyelenggara hajatan Pemilu ini harus netral, profesional, dan harus sesuai peraturan yang diturunkan oleh KPU RI. Selain itu karena pandemi Covid-19, setiap tahapan kita laksanakan dengan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pilgub

Politik

Hanya 55,24 Persen, Partisipasi Pemilih Pilgub Kalsel di Tabalong Menurun
apahabar.com

Politik

Dibandingkan Pileg 2019, DPT Pilgub Kalsel ‘Terjun Bebas’ Puluhan Ribu Pemilih
apahabar.com

Politik

Survei Internal, Prabowo-Sandi Unggul Tipis
apahabar.com

Politik

Mencoblos di TPS 5, Cabup Balangan Ansharuddin Optimis Menang
Wadai Kambang Goyang

Politik

Penjual Wadai Kambang Goyang di Banjarmasin Ketiban Untung, Dagangannya Diborong Cawali Ariffin Noor
apahabar.com

Politik

Jokowi Kirim Luhut, Gagal Temui Prabowo, Hashim Sebut Alasannya
apahabar.com

Politik

Galuh Milenial Banjarmasin dan Relawan Independen Banua Dukung AnandaMu
apahabar.com

Politik

Ingin Kepala Daerah Fokus Benahi UMKM, Pelaku Usaha Kecil di Tanbu Lirik Pasangan Cuncung-Alpi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com