PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru La Nina, Wilayah Pesisir Kalsel Jadi Atensi Khusus Jelang Piala AFF 2021, Evan Dimas Tetap Kapten Timnas Indonesia

Awal Tahun Depan, Arab Saudi Berencana Terbitkan Kembali Visa Turis

- Apahabar.com     Minggu, 27 September 2020 - 14:29 WITA

Awal Tahun Depan, Arab Saudi Berencana Terbitkan Kembali Visa Turis

Kota Mekkah. Foto-Kompas.com

apahabar.com, RIYADH – Arab Saudi berencana untuk menerbitkan kembali visa turis pada awal 2021. Itu dilakukan setelah penangguhan berbulan-bulan di tengah langkah-langkah ketat pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Untuk visa turis, sampai saat ini kami membicarakan tentang awal tahun depan. Jika keadaan membaik atau jika ada perkembangan positif terjadi sehubungan dengan vaksin, kami mungkin mempercepat dan menerbitkannya lebih awal,” kata Menteri Pariwisata Saudi Ahmed al-Khateeb dalam wawancara virtual dengan Reuters.

Pariwisata adalah pilar utama dari strategi reformasi ambisius yang digariskan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman untuk mengurangi ketergantungan ekonomi negaranya pada minyak.

Kerajaan itu, yang membuka pintunya bagi turis asing pada September 2019 dengan meluncurkan skema baru visa baru untuk 49 negara, berharap sektor tersebut menyumbang 10 persen bagi produk domestik bruto pada 2030.

Pada akhir Februari, Saudi menutup perbatasannya bagi peziarah asing dan turis dari sedikitnya 25 negara. Pada Maret, kerajaan itu melarang semua perjalanan masuk dan keluar negara.

Khateeb mengatakan sektor pariwisata telah terpukul keras dan diperkirakan akan mengalami penurunan 35-45 persen pada akhir tahun. Namun, fokus pada pariwisata domestik selama musim panas telah meredam pukulan tersebut.

“Pandemi ini adalah risiko sistematis yang menimpa semua orang. Namun, kami telah melihat musim panas yang sangat kuat setelah periode penguncian Januari-Mei,” kata Khateeb.

“Kami telah melihat pertumbuhan tahunan 30 persen dalam pariwisata domestik, yang di luar ekspektasi kami,” ia menambahkan.

Kampanye Musim Panas Saudi, yang mempromosikan 10 tujuan wisata –dari pantai dan hutan hingga puncak gunung dan kawasan bersejarah– untuk dikunjungi warga dan penduduk kerajaan itu sebagai pengganti berlibur ke luar negeri, membantu meningkatkan rasio hunian rata-rata di hotel menjadi 80 persen.

Arab Saudi sejauh ini melaporkan 332.790 kasus Covid-19 dan sejauh ini 4.655 kematian. Tingkat infeksi mengalami penurunan yang stabil selama beberapa minggu terakhir.(ant)

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tentara Tewas di Bandara Kabul

Internasional

Tentara Tewas di Bandara Kabul, Pasukan AS Siap Hadapi ISIS
apahabar.com

Internasional

Uni Eropa Tinjau Penularan Covid-19 Melalui Udara
Menlu RI

Internasional

Menlu RI Minta China Kirim Vaksin Covid-19 Tepat Waktu
apahabar.com

Internasional

Penembakan di Masjid Selandia Baru, Tiga WNI Selamat, Tiga Lainnya Belum Ada Kabar
Harga Minyak

Ekbis

Harga Minyak Turun Tipis, Investor Pertanyakan Dampak Pelepasan Cadangan

Internasional

Langka! Tim Peneliti Temukan Hiu Glow In The Dark di Selandia Baru
apahabar.com

Internasional

Penjelasan WHO, Virus Corona Dapat Menyebar di Udara
apahabar.com

Internasional

Pakar China Perkirakan 70 Persen Warga Dunia Terdampak Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com