Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Baru Dibuka, Diskominfo HSS Pertama Jajal Wisata Balanting Halunuk Loksado

- Apahabar.com Minggu, 27 September 2020 - 16:09 WIB

Baru Dibuka, Diskominfo HSS Pertama Jajal Wisata Balanting Halunuk Loksado

Jajaran Diskominfo Kabupaten HSS menaiki wisata atraksi budaya Balanting di Dusun Kandihin, Desa Halunuk, Kecamatan Loksado, Minggu (27/09/2020). Foto-apahabar.com/Ahc27

apahabar.com, KANDANGAN – Jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menjajal wisata baru Balanting di Dusun Kandihin, Desa Halunuk, Kecamatan Loksado.

Kegiatan tersebut, dalam rangkaian acara pisah sambut para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah tugas dari dan ke Diskominfo HSS.

Asisten Administrasi Pembangunan Setda Sasmi Rifani, yang sebelumnya menjabat pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo, dan Kepala Diskominfo Rahmawaty, turut menikmati wisata atraksi budaya itu, Minggu (27/9) siang.

Jajaran Diskominfo HSS, merupakan yang pertama kali memakai jasa wisata balanting tersebut.

Total sebanyak 15 lanting atau rakit bambu beserta joki, disewa untuk berwisata.

“Jasa wisata balanting baru dibuka, dan dari Diskominfo merupakan yang pertama naik lanting di sini,” ungkap Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Alam Halunuk Loksado (Wah-Lo) Yusuf.

Yusuf bersyukur dan mengucapkan terimakaasih kepada Jajaran Diskominfo HSS, yang telah berwisata ke wilayahnya dan memakai jasa balanting.

Desa Halunuk membuka berbagai objek wisata, salah satunya wisata atraksi budaya Balanting.

Menikmati wisata itu, wisatawan bisa menuju Dusun Bubuih dan memarkirkan mobil atau sepeda motornya. Selanjutnya menaiki ojek seharga Rp 10 ribu per orang.

Kemudian naik lanting seharga Rp 100 ribu, yang bisa ditumpangi 3 orang. Wisatawan diajak menikmati naik rakit bambu di sungai berarus deras, dan diturunkan di tempat parkir kendaraan sebelumnya.

Jarak naik lanting sekitar 4 kilometer, dengan durasi setengah hingga 1 jam.

Selain pemandangan sungai berbatu besar dengan air mengalir deras, wisatawan juga dimanjakan dengan suasana hutan Pegunungan Meratus.

Kepala Diskominfo HSS Rahmawaty mengaku senang mengunjungi wisata di Dusun Kandihin itu. Ia berharap, pengelola dapat terus menjaga pelayanannya.

“Kepada para pengunjung juga, kami harapkan mematuhi aturan yang ditetapkan. Salah satunya protokol kesehatan, serta menjaga kebersihan,” pesannya.

Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Setda HSS Sasmi Rifani mengatakan, pemerintah terus menginventarisir objek wisata yang dikelola desa.

Selanjutnya, pihaknya memberikan pembinaan terutama terkait protokol kesehatan. “Pemerintah berusaha mendorong, agar wisata lebih dikembangkan lagi,” ujarnya.

Ia berharap, pihak desa maupun pengelola wisata untuk lebih sering berkoordinasi terkait masukan dan harapan pada pemerintah, untuk pengelolaan wisata.

Editor: Zainal - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Achmad Fikri Penuhi Janji Politik
Manager PT PLN UP3 Barabai, H Imam Ahmadi menyerahkan penghargaan kepada Achmad Fikry.

HSS

Tak Pernah Menunggak Bayar Listrik, Pemkab HSS Diberi Penghargaan
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Sediakan Bus Gratis Untuk Pasien Cuci Darah
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Serahkan SK Kenaikan Pangkat PNS
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Resmikan Masjid Al Falah Desa Gambah Dalam
apahabar.com

HSS

Ikut Musnahkan Barang Bukti, Bupati HSS: Masyarakat Jangan Melanggar Hukum
apahabar.com

HSS

Syamsuri Minta Hubungan Eksekutif dan Legislatif Dijaga dengan Baik
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Jadi Bintang Tamu di Pertunjukan “Lasmin Baruya”
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com