Setelah Tarif 10 Kubik Dihapus, Intip Kerugian PDAM Bandarmasih Belum Dilantik, 5 Calon Kepala Dinas di Banjarmasin Dibuat Waswas Diam-Diam, Penembak Mati Kades Jirak Tabalong Sudah Divonis! Resmi, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran BirinMu ke Bawaslu Kalsel Dugaan Pelanggaran Pemilu di Kalsel, Penantang BirinMu Beber Sederet Bukti dari Amuntai

Beri Santunan Ratusan Ahli Waris, Pemkab Tabalong Sediakan Dana Rp 2 Miliar

- Apahabar.com Selasa, 15 September 2020 - 14:03 WIB

Beri Santunan Ratusan Ahli Waris, Pemkab Tabalong Sediakan Dana Rp 2 Miliar

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, H Abu Bakar Sidiq. Foto - apahabar.com/Amin

apahabar.com, TANJUNG – Dalam kurun waktu delapan bulan, ratusan ahli waris menerima santunan kematian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, H Abu Bakar Sidiq mengatakan dari bulan Januari hingga Agustus 2020 sebanyak 229 orang ahli waris mengajukan santunan kematian.

Dari jumlah itu 162 orang sudah diamprahkan (diajukan untuk dibayarkan) ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tabalong.

” Setiap warga kurang mampu yang meninggal dunia, ahli warisnya diberikan bantuan satu juta lima ratus ribu rupiah. Bantuan tersebut diberikan untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan, ” ujar Abu belum lama tadi.

Baca juga :  Saudi Buka Layanan Umrah Bertahap, Dirjen PHU: Indonesia Diperbolehkan

Warga kurang mampu yang ingin mendapatkan bantuan tersebut, kata dia, melengkapi beberapa persyaratan di antaranya, permohonan secara tertulis kepada Bupati Tabalong, Cq Kepala Dinas Sosial, foto copy legaliser kutipan akta kematian atau surat keterangan kematian dari Disdukcapil sebanyak 4 lembar, KTP Almarhum/Almarhumah dan KK bila tidak ada KTP cukup dengan surat keterangan penduduk dari pemerintahan desa diketahui kecamatan.

Kemudian, foto copy KTP-E dan KK ahli waris penerima santunan sebanyak 4 lembar, surat keterangan dari desa atau kelurahan yang menyatakan ahli waris penerima santunan 4 lembar.

Baca juga :  Terjaring Operasi Yustisi, Seorang Petani HSU Kedapatan Bawa Ratusan Obat Tanpa Merek

Selanjutnya, surat keterangan miskin dari desa atau kelurahan dan kecamatan apabila tidak memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), KTP yang meninggal dunia dan foto copy buku rekening Bank Kalsel 4 lembar.

Untuk bantuan santunan kematian tersebut ditambah bantuan korban kebakaran, Dinas Sosial mengalokasikan dana Rp 2 miliar pada tahun 2020 ini.

“Bila santunan kematian perorangnya Rp 1,5 juta, maka korban kebakaran dibantu Rp 2 juta bila kebakaran menghanguskan 20 persen rumahnya, Rp 4 juta bila menghanguskan 50 persen dan Rp 8 juta bila kebakaran menghanguskan 100 persen rumahnya,” terang H Abu Bakar Sidiq.

Editor: Muhammad Bulkini

AHC26 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tabalong

Canangkan Bulan Panutan PBB P2, Bupati Tabalong Pinta ASN Jadi Teladan
apahabar.com

Tabalong

Selesaikan SKK, Kejari Tabalong Dapat Apresiasi dari BPJS
apahabar.com

Tabalong

Terima 12 Anggota Baru, Dandim 1008 Tanjung Gelar Upacara Tradisi
apahabar.com

Tabalong

PT Wira Megah Profitamas Fogging Kendaraan Dinas Anggota Kodim 1008 Tanjung
apahabar.com

Tabalong

Cegah Penyebaran Covid-19, DC dan Aka Pub di Tabalong Dilarang Beroperasi
apahabar.com

Tabalong

Hari Bhakti Adhiyaksa ke-60, Kajari Tabalong: Terus Bergerak dan berkarya
apahabar.com

Tabalong

Lagi, 68 Pasien Sembuh Covid-19 di Tabalong
apahabar.com

Tabalong

ASN Tidak Pakai Masker, Bupati Tabalong: Beri Sanksi Tegas!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com