Tidak Mau Diisolasi di Palembang, 2 Peserta PTQ asal Kalteng Kabur Tak Buat Bingung, Dewan Kalsel Minta Informasi Satu Pintu Soal Aktivitas Mudik Jelang Idulfitri, Disdag Banjarbaru Jamin Harga Bapokting Aman Sempat Viral, Waria Berjoget di Jembatan Paliwara Amuntai Akhirnya Minta Maaf Hari Kedua Pengetatan Larangan Mudik, Begini Kondisi Lalu Lintas di Bundaran Banjarbaru 

Beri Santunan Ratusan Ahli Waris, Pemkab Tabalong Sediakan Dana Rp 2 Miliar

- Apahabar.com Selasa, 15 September 2020 - 14:03 WIB

Beri Santunan Ratusan Ahli Waris, Pemkab Tabalong Sediakan Dana Rp 2 Miliar

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, H Abu Bakar Sidiq. Foto - apahabar.com/Amin

apahabar.com, TANJUNG – Dalam kurun waktu delapan bulan, ratusan ahli waris menerima santunan kematian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, H Abu Bakar Sidiq mengatakan dari bulan Januari hingga Agustus 2020 sebanyak 229 orang ahli waris mengajukan santunan kematian.

Dari jumlah itu 162 orang sudah diamprahkan (diajukan untuk dibayarkan) ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tabalong.

” Setiap warga kurang mampu yang meninggal dunia, ahli warisnya diberikan bantuan satu juta lima ratus ribu rupiah. Bantuan tersebut diberikan untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan, ” ujar Abu belum lama tadi.

Warga kurang mampu yang ingin mendapatkan bantuan tersebut, kata dia, melengkapi beberapa persyaratan di antaranya, permohonan secara tertulis kepada Bupati Tabalong, Cq Kepala Dinas Sosial, foto copy legaliser kutipan akta kematian atau surat keterangan kematian dari Disdukcapil sebanyak 4 lembar, KTP Almarhum/Almarhumah dan KK bila tidak ada KTP cukup dengan surat keterangan penduduk dari pemerintahan desa diketahui kecamatan.

Kemudian, foto copy KTP-E dan KK ahli waris penerima santunan sebanyak 4 lembar, surat keterangan dari desa atau kelurahan yang menyatakan ahli waris penerima santunan 4 lembar.

Selanjutnya, surat keterangan miskin dari desa atau kelurahan dan kecamatan apabila tidak memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), KTP yang meninggal dunia dan foto copy buku rekening Bank Kalsel 4 lembar.

Untuk bantuan santunan kematian tersebut ditambah bantuan korban kebakaran, Dinas Sosial mengalokasikan dana Rp 2 miliar pada tahun 2020 ini.

“Bila santunan kematian perorangnya Rp 1,5 juta, maka korban kebakaran dibantu Rp 2 juta bila kebakaran menghanguskan 20 persen rumahnya, Rp 4 juta bila menghanguskan 50 persen dan Rp 8 juta bila kebakaran menghanguskan 100 persen rumahnya,” terang H Abu Bakar Sidiq.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: AHC26 - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tabalong

Cek Kesiapan Pilgub, Anggota Komisi I DPRD Kalsel Kunjungi KPUD Tabalong
Kapolres

Tabalong

Tingkatkan Kemitraan, Kapolres HSU Kunjungi Lapas Kelas IIB Amuntai
Tabalong

Tabalong

Kepatuhan Warga Banua Lawas Tabalong Terapkan Prokes Capai 95 Persen
Vaksinasi

Tabalong

Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua, Nakes Panaan Tabalong Enjoy
PAMA

Tabalong

Wabup Tabalong Serahkan Sembako dari PAMA ke Anak Yatim Piatu
apahabar.com

Tabalong

Banjir di Perumahan Maluyung, Shabara Polres Tabalong Evakuasi Warga
PDAM

Tabalong

Bupati Lantik Direktur PDAM Tabalong Periode 2021-2025
apahabar.com

Tabalong

30 Pengajar di Tabalong Lulus Seleksi Calon Guru Penggerak Kemendikbud RI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com