Resmi, Mendagri Tunjuk Dua Pjs Wali Kota Banjarbaru dan Bupati Kotabaru Bocoran Lima Kepala Dinas Pemkot Banjarmasin Terpilih Keluar, Simak Nama-Namanya Nomor 1 di Pilbup Tanah Bumbu, Cuncung Bakal Ulang Sukses Mardani H Maming Viral, Kisah Nelayan Kotabaru Terombang-ambing 6 Hari di Laut karena Perahu Karam Skandal Sabu IRT Kotabaru, Ditangkap Gegara 0,36 Gram

Berkas Dilimpahkan ke JPU Kejari Jakpus, Jaksa Pinangki Segera Jalani Persidangan

- Apahabar.com Rabu, 16 September 2020 - 00:21 WIB

Berkas Dilimpahkan ke JPU Kejari Jakpus, Jaksa Pinangki Segera Jalani Persidangan

Jaksa Pinangki Sirna Malasari segera menjalani persidangan. Foto-detikcom

apahabar.com, JAKARTA – Jaksa Pinangki akan segera menjalani proses persidangan. Itu setelah Kejaksaan Agung melimpahkan tahap II berkas barang bukti dan tersangka ke JPU Kejari Jakarta Pusat (Kejari Jakpus).

“Ya betul, tahap II di Kejari Jakarta Pusat sore tadi sampai sekarang proses,” kata Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono saat dihubungi, Selasa (15/9/2020).

Dengan dilimpahkan tahap II tersangka dan barang bukti, kini kewenangan penahanan akan beralih ke pihak penuntut umum Kejari

Jakpus. Sebelumnya, Pinangki ditahan di rutan Kejagung. Hari mengatakan, setelah dilimpahkan, nantinya penahanan akan diserahkan Kejari Jakpus untuk menentukan tempat tahanan Pinangki.

“Kewenangan sudah beralih ke JPU yang dalam hal ini Kejari Jakpus oleh mereka mau ditahan di Pondok Bambu atau di Jaksel atau di Kejagung itu kewenangan mereka,” ungkapnya.

Baca juga :  Dijuluki Syaithan, Pembunuh Bayaran Ini Akhirnya Memeluk Islam di Hadapan Rasulullah SAW

Lebih lanjut, Hari menyebut Pinangki menjalani proses administrasi pelimpahan tahap II di Kejari Jakpus. Setelah dilimpahkan oleh penyidik ke JPU Kejari Jakpus, nantinya tim JPU akan menyusun dakwaan dan segera melimpahkannya ke Pengadilan Tipikor untuk segera disidangkan.

Adapun berkas yang dilimpahkan adalah berkas terkait TPPU dan gratifikasi yang diterima Pinangki terkait pengurusan fatwa dan permufakatan jahat.

Diketahui, Kejaksaan Agung menetapkan jaksa Pinangki sebagai tersangka terkait dugaan gratifikasi atau suap dari Djoko Tjandra.

Pinangki diduga menerima suap USD 500 ribu atau sekitar Rp 7 miliar terkait pengurusan fatwa di MA agar Djoko Tjandra tidak dieksekusi.

Baca juga :  Sekretariat DPRD Kalsel Proses PAW Dua Anggota Dewan

Selain itu, Kejagung menjerat jaksa Pinangki Sirna Malasari, Djoko Tjandra, dan Andi Irfan Jaya dengan pasal pemufakatan jahat. Andi diduga sebagai perantara dalam kasus suap terkait pengurusan fatwa MA.

Pinangki dijerat dengan Pasal 5 ayat 2 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selain itu, kejaksaan menyebut Pinangki dijerat dengan pasal pencucian uang seperti dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun Nomor 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Terbaru, Pinangki dijerat pula dengan Pasal 15 UU Tipikor yang temaktub mengenai pemufakatan jahat. Pasal ini juga dikenakan kepada 2 tersangka lainnya, yaitu Djoko Tjandra dan Andi Irfan. (Dtk)

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi: Pastikan Seluruh Harga Bahan Pokok Terjangkau
apahabar.com

Nasional

Belasan Anak Kobra Ditemukan di Kloset Warga
apahabar.com

Nasional

Soal Persekusi, Hanya Opini Sandiaga Uno
apahabar.com

Nasional

Apkasi: Sudah Saatnya Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Bupati
apahabar.com

Nasional

Gara-gara Kunci Kotak Suara, Linmas TPS Tusuk Ketua KPPS
apahabar.com

Nasional

Draf RUU Ketahanan Keluarga: Cuti Melahirkan Jadi 6 Bulan

Nasional

Subhanallah, Bayi Prematur Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Nasional

Kasus Pemenggalan Kepala Bocah di Kalteng, Polisi Tepis Isu ‘Kayau’
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com