Resmi, Gugatan Anandamu Tunda Kemenangan Ibnu-Ariffin di Pilwali Banjarmasin Tidak Mau Diisolasi di Palembang, 2 Peserta PTQ asal Kalteng Kabur Tak Buat Bingung, Dewan Kalsel Minta Informasi Satu Pintu Soal Aktivitas Mudik Jelang Idulfitri, Disdag Banjarbaru Jamin Harga Bapokting Aman Sempat Viral, Waria Berjoget di Jembatan Paliwara Amuntai Akhirnya Minta Maaf

Bertambah Dua, Tabalong Kini Punya Lima TPS 3R

- Apahabar.com Kamis, 17 September 2020 - 12:54 WIB

Bertambah Dua, Tabalong Kini Punya Lima TPS 3R

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Rowi Rawatianice saat memberikan sosialisasi kepada kelompok pemanfaat dan pemelihara TPS 3R. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Adanya penambahan dua buah Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (TPS 3R) di Desa Warukin dan Padang Panjang Kecamatan Tanta, kini Kabupaten Tabalong memiliki 5 buah TPS 3R.

Sebelumnya TPS 3R berada di Tanjung Selatan Kelurahan Mabuun dan Desa Maburai dan Flamboyan Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong, Rowi Rawatianice, mengatakan pihaknya berencana akan menambah lagi setelah melihat berkembangnya pengelolaan TPS 3R ini.

“Setiap kecamatan kita harapkan mempunyai TPS 3R. Tapi
kita juga tidak bisa memaksakan karena ini sangat menuntut komitmen, ” kata Rowi, Kamis (17/9).

Diantara komitmen itu harus menyiapkan lahan seluas 10 x 20 meter dan masyarakat sudah melakukan penanganan dan pengolahan sampah.

Ini dibuktikan, misalnya di desa itu sudah melakukan iuran sampah dan layanan pengangkutannya. Selain itu, dukungan Pemerintahan Desa dan Pemda.

” Diantara 3 hal itu menjadi penilaian saat seleksi layak dan tidak dibuatkan TPS 3R, ” jelas Rowi.

Sementara itu, TPS 3R dikatakan berhasil bila Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) ini bekerja dengan baik dan unitnya berfungsi.

TPS 3R ini konsepnya melayani pelanggan, pengangkutan, kemudian dilanjutkan dengan pengolahan, pemilahan dan pengomposan sampai nanti pembuangan residu ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Untuk pembuangan ke TPA difasilitasi oleh DLH.

Kinerja pengelolaan TPS 3R juga dipantau dengan pembuatan laporan kegiatan setiap bulannya.Dari laporan mereka akan kelihatan kinerja dari TPS 3R tersebut.

“Meski ada laporan dari pengelola, sewaktu-waktu kita bisa langsung melihat ke lapangan untuk pemantauan kinerja TPS 3R itu, ” kata Rowi.

Editor: Reporter: Ahc26 - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Berwisata Sungai di HSS Kalsel, Waspada Air Pasang Saat Hujan!
apahabar.com

Kalsel

Alumni Akpol 91 Polda Kalsel Salurkan 1000 Paket Sembako untuk Warga
Sah! Dewan Setujui Pemekaran Kabupaten Kotabaru

Kalsel

Sah! Dewan Setujui Pemekaran Kabupaten Kotabaru
Sabu

Kalsel

Edar Sabu 2,51 Gram, 2 Warga Pekapuran Diringkus Polisi
Banjir Kalsel

Kalsel

Kesampingkan MK, Denny “Turun Gunung” Bantu Korban Banjir Kalsel
Kalsel

Kalsel

UPDATE Real Count KPU Kalsel: Dekati 100 Persen, Lihat Hasilnya!
apahabar.com

Kalsel

5 dari 17 Orang Positif Covid-19 di HST Sembuh, Terbaru dari BAT
apahabar.com

Kalsel

Nekat, PSK Nyebur ke Sungai Martapura Usai Diuber Petugas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com