Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Blusukan ke Tanah Bumbu, Bunda Nunung Dukung Penuh Perkembangan Literasi Daerah

- Apahabar.com Sabtu, 19 September 2020 - 20:29 WIB

Blusukan ke Tanah Bumbu, Bunda Nunung Dukung Penuh Perkembangan Literasi Daerah

Sejumlah pegiat literasi Tanbu saat menyerahkan buku kepada Bunda Nunung. Foto-apahabar.com/Puja Mandela

apahabar.com, BATULICIN – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Nurliani, menggelar silaturahmi dengan sejumlah pegiat literasi di Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (19/9).

Di Tanah Bumbu, Hj Nurliani yang akrab disapa Bunda Nunung ingin melihat perkembangan dunia literasi dan bertemu langsung dengan para penulis lokal.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab, Arif Rahman, yang mewakili Majelis Hahahihi menyampaikan sejumlah kegiatan kepada Bunda Nunung.

Misalnya, kegiatan Lesehan Seni dan Sastra yang digelar di ruang terbuka sejak awal 2016. Kegiatan itu berupa pertunjukan seni dan sastra serta bedah buku.

“Beberapa tokoh literasi dan penulis di Banjarbaru dan Banjarmasin juga pernah datang ke sini,” kata guru Bahasa Indonesia di SMAN 1 Karang Bintang itu.

Kegiatan Majelis Hahahihi, kata Arif, biasanya dipusatkan di Taman Kota Kecamatan Simpang Empat. Ada banyak pihak yang ikut berpartisipasi, di antaranya guru, pegiat seni dan sastra, hingga pelajar.

“Terakhir kita gelar sebelum pandemi kemarin. Setelah Covid-19 melanda, kami gelar secara daring,” sebut Arif.

Sementara Diah NN berharap silaturahmi yang digelar bersama Bunda Nunung bisa membuka jalan untuk mempromosikan penulis Tanah Bumbu di luar daerah.

“Kemarin saya mengirim file PDF buku saya ke beliau. Tidak lama langsung tayang di aplikasi perpustakaan digital iKalsel. Jadi komitmen beliau untuk mempromosikan penulis-penulis daerah itu memang serius,” kata penulis buku puisi “Penawar Jiwa”.

Sementara Bunda Nunung menyampaikan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan siap memfasilitasi setiap kegiatan yang dilakukan penulis-penulis di Tanah Bumbu.

“Misalnya ada yang mau bedah buku, ayo, silahkan. Kami akan fasilitasi,” katanya.

Pada pertemuan itu, sejumlah pegiat literasi menyerahkan koleksi buku karya penulis Tanah Bumbu kepada Bunda Nunung. Beberapa pegiat literasi yang hadir antara lain, Arif Rahman, Diah NN, Mia Ismed, Aditya Irfiandi, Iway Baron, Rendi Vukalus, M Luthfi, Noor Halimah, dan M Yusuf.

Untuk mengembangkan dunia literasi di Kalsel, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan memang gencar menggelar banyak event, dari perlombaan sampai mendatangkan tokoh-tokoh nasional seperti Najwa Shihab.

Sebelum menggelar silaturahmi bersama Majelis Hahahihi, Bunda Nunung sempat hadir pada launching dan bedah buku “Bang Dhin Tokoh Inspiratif Muda” karya Sri Supadmi di Cafe Big Coffee Containers Batulicin.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Panic Buying Imbas Corona, Disperindag: Stok Kalsel Aman!
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Haul Guru Sekumpul, Waspada Darah Tinggi Mengintai Jemaah
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Lomba Gerak Jalan Dispora Kalsel, Upaya Tumbuhkan Geliat Olahraga di Tengah Pandemi
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Targetkan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 di Tingkat Mentor
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Soal Oknum Guru Radikal di Tanbu, Disdik Kalsel Ambil Sikap
apahabar.com

Habar

Gratis! Paman Birin Bakal Bagikan Seribu Tumbler di Haul Sekumpul ke 15
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Event Olahraga di Kalsel Mulai Bergairah
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Ke Kalsel, Tim Banggar DPR RI Soroti Program Dana Desa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com