Pernah Cekcok, Warga LAS HST Nekat Bacok Rekan Sekampungnya Kakek di Banjarmasin Meninggal Misterius di Hotel, Polisi Lakukan Pemeriksaan Polisi Tewas di Sungai Martapura, Sudah 2×24 Jam Faisal Diperiksa Intens Akhirnya, Tunggakan Honor Relawan Covid-19 di Banjarmasin Dibayar! Duh, Honor Relawan Covid-19 di Banjarmasin Belum Dibayar

Blusukan ke Tanah Bumbu, Bunda Nunung Dukung Penuh Perkembangan Literasi Daerah

- Apahabar.com Sabtu, 19 September 2020 - 20:29 WIB

Blusukan ke Tanah Bumbu, Bunda Nunung Dukung Penuh Perkembangan Literasi Daerah

Sejumlah pegiat literasi Tanbu saat menyerahkan buku kepada Bunda Nunung. Foto-apahabar.com/Puja Mandela

apahabar.com, BATULICIN – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Nurliani, menggelar silaturahmi dengan sejumlah pegiat literasi di Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (19/9).

Di Tanah Bumbu, Hj Nurliani yang akrab disapa Bunda Nunung ingin melihat perkembangan dunia literasi dan bertemu langsung dengan para penulis lokal.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab, Arif Rahman, yang mewakili Majelis Hahahihi menyampaikan sejumlah kegiatan kepada Bunda Nunung.

Misalnya, kegiatan Lesehan Seni dan Sastra yang digelar di ruang terbuka sejak awal 2016. Kegiatan itu berupa pertunjukan seni dan sastra serta bedah buku.

“Beberapa tokoh literasi dan penulis di Banjarbaru dan Banjarmasin juga pernah datang ke sini,” kata guru Bahasa Indonesia di SMAN 1 Karang Bintang itu.

Kegiatan Majelis Hahahihi, kata Arif, biasanya dipusatkan di Taman Kota Kecamatan Simpang Empat. Ada banyak pihak yang ikut berpartisipasi, di antaranya guru, pegiat seni dan sastra, hingga pelajar.

“Terakhir kita gelar sebelum pandemi kemarin. Setelah Covid-19 melanda, kami gelar secara daring,” sebut Arif.

Sementara Diah NN berharap silaturahmi yang digelar bersama Bunda Nunung bisa membuka jalan untuk mempromosikan penulis Tanah Bumbu di luar daerah.

“Kemarin saya mengirim file PDF buku saya ke beliau. Tidak lama langsung tayang di aplikasi perpustakaan digital iKalsel. Jadi komitmen beliau untuk mempromosikan penulis-penulis daerah itu memang serius,” kata penulis buku puisi “Penawar Jiwa”.

Sementara Bunda Nunung menyampaikan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan siap memfasilitasi setiap kegiatan yang dilakukan penulis-penulis di Tanah Bumbu.

“Misalnya ada yang mau bedah buku, ayo, silahkan. Kami akan fasilitasi,” katanya.

Pada pertemuan itu, sejumlah pegiat literasi menyerahkan koleksi buku karya penulis Tanah Bumbu kepada Bunda Nunung. Beberapa pegiat literasi yang hadir antara lain, Arif Rahman, Diah NN, Mia Ismed, Aditya Irfiandi, Iway Baron, Rendi Vukalus, M Luthfi, Noor Halimah, dan M Yusuf.

Untuk mengembangkan dunia literasi di Kalsel, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan memang gencar menggelar banyak event, dari perlombaan sampai mendatangkan tokoh-tokoh nasional seperti Najwa Shihab.

Sebelum menggelar silaturahmi bersama Majelis Hahahihi, Bunda Nunung sempat hadir pada launching dan bedah buku “Bang Dhin Tokoh Inspiratif Muda” karya Sri Supadmi di Cafe Big Coffee Containers Batulicin.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Lepas 26 Pasien Sembuh di Banjarbaru, Paman Birin: Tingkatkan Keimanan
Irigasi Perpompaan

Pemprov Kalsel

Disbunnak Kalsel Buatkan Irigasi Perpompaan untuk Kelompok Tani di HST
Pj Gubernur

Pemprov Kalsel

Putus Penularan Covid-19, Pemprov Kalsel Serahkan 5 Ribu Rapid Antigen untuk Banjar
bahan pokok

Pemprov Kalsel

Jelang Ramadan, Pemprov Kalsel Pastikan Distribusi Bapok Lancar
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Kalsel Usulkan Bantuan Modal Kerja Kreatif untuk 6 Ribu UMKM
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Respon Paman Birin Terhadap Keluhan Ponpes Al Falah Banjarbaru Kerap Kebanjiran
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Jumat Berkah, Pemprov Kalsel Serahkan Sembako kepada Warga Miskin dan Pekerja Harian
Karhutla

Pemprov Kalsel

Nol Hotspot, Pemprov Kalsel Siaga Dini Pencegahan Karhutla
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com