BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Capaian Visi Misi Ibnu-Herman: Jadikan Sungai Banjarmasin Beranda Rumah

- Apahabar.com Selasa, 22 September 2020 - 08:45 WIB

Capaian Visi Misi Ibnu-Herman: Jadikan Sungai Banjarmasin Beranda Rumah

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina ketika meresmikan Pasar Terapung sebelum pandemi Covid-19 di kawasan Banjarmasin Utara. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kota Banjarmasin sangat dikenal sebagai bandar perdagangan jasa, terutama pada lalu lalang arus sungai.

Kala itu sungai menjadi urat nadi penghidupan warga. Kini perlahan kearifan lokalnya mulai tergerus akibat perkembangan dan kemajuan zaman serta teknologi yang semakin canggih.

Kemajuan yang sangat canggih ini membuat kiblat masyarakat yang semula sungai adalah beranda depan rumah, urat nadi kehidupan kini berubah 180 derajat dan menyebabkan semakin berkurangnya jumlah sungai karena tergerus oleh pembangunan.

Namun beberapa tahun yang lalu, jika ditelisik saat kursi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin diduduki oleh H Ibnu Sina dan H Hermansyah, keduanya mulai merancang menjadikan kota Banjarmasin sebagai kota maju dan pembangunan yang bersinergi dengan kearifan lokal budaya sungai tentunya.

Bukan tanpa alasan hal ini terbukti dari seluruh aspek pembangunan dan program yang dirancang guna memajukan Kota Banjarmasin, hingga saat ini benar-benar terealisasi. Termasuk fungsi sungai sebagai faktor pendongkrak kepariwisataan Kota Banjarmasin pun kini semakin menunjukan eksistensi didunia kepariwisataan.

Kota yang biasanya dikenal dengan wisata pasar terapungnya ini telah memiliki spot wisata Pasar Terapung terbaru yang terletak di Muara Kuin Kota Banjarmasin. Sempat jaya pada eranya, seiring pesatnya pembangunan, membuat pasar ini pun seakan mati suri beberapa tahun.

Namun kerinduan sejumlah pelancong terhadap Pasar Terapung tersebut kini telah terobati.

Pasalnya saat ini Pemerintah Kota Banjarmasin dibawah komando H Ibnu Sina dan H Hermansyah telah memutuskan untuk menghidupkan kembali pasar tradisional tersebut.

Ada beberapa perbedaan antara pasar terapung yang baru diresmikan wali kota Banjarmasin, H Ibnu Sina itu dibandingkan dengan pasar terapung terdahulu.

Diantaranya, jika pengunjung dan pedagang biasanya melangsungkan transaksi jual belinya di Muara Sungai Kuin, kini dipusatkan di sebuah dermaga depan Makam Sultan Suriansyah.

Selain itu, waktunya pun tidak setiap hari. Pasar Terapung Kuin terdahulu buka setiap hari, pasar terapung saat ini hanya buka saban Sabtu dan Minggu pagi.

Lain Pasar Terapung, lain lagi objek wisata alami dengan mengandalkan sungai menjadi objeknya, yakni Wisata Selanjung Kampung Sungai Biuku yang terletak di kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Meski tidak seramai wisata lainnya namun Selanjung Kampung Sungai Biuku ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata keluarga yang mengasyikan.

Apalagi di wisata ini tidak dipungut bayaran alias gratis. Selain itu akses menuju ke tempat ini juga tidak terlalu jauh hanya sekitar 4 kilometer dari taman Siring Nol Kilometer Banjarmasin. Objek wisata ini sangat menonjolkan keasrian sungai dan pemukiman warga setempat sebagai penduduk khas budaya Banjarmasin yang berada dibantaran sungai.

Ditambah suasana pemandangan aliran sungai yang bersih dan rimbunnya pepohonan serta jukung rental membuat wisatawan yang datang kesana betah bertahan untuk menghabiskan waktu dan menghilangkan penat.

Secara swadaya masyarakat setempat mendandani objek wisata dengan hias dan mempercantik ornamen kawasan Selanjung Desa Sungai Biuku agar lebih menarik pengunjung.

Bahkan objek wisata itu dibuat lebih menarik lagi dengan ditambahkannya Gapura atau pintu gerbang selamat datang yang baru-baru ini diresmikan oleh H Ibnu Sina.

Tak habis sampai disitu, Kota Banjarmasin juga memiliki objek wisata berbasis sungai, yakni Kampung Biru yang berada di Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin. Kampung Biru salah satu wisata yang berada di kota Banjarmasin, tepatnya di kelurahan Kampung melayu Kota Banjarmasin, bisa jadi destinasi pilihan wisatawan ketika berkunjung ke kota Banjarmasin.

Wisata yang baru mulai dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir ini, memiliki pemandangan khas Sungai Martapura dengan nuansa deretan puluhan rumah yang berwarna biru.

Kemudian, juga terdapat wisata Kampung Hijau, Sungai Bilu yang berada di Kecamatan Banjarmasin Timur. Pemerintah Kota Banjarmasin berhasil menyulap Kampung Wisata Hijau di Sungai Bilu menjadi pusat jajajan.

Keberhasilan peningkatkan kawasan wisata di Sungai Bilu ini ditandai dengan banyaknya kunjungan wisatawan di setiap Minggu pagi, baik berasal dari dalam kota maupun masyarakat yang berasal dari berbagai daerah, harga kuliner yang dijual disana bahkan terbilang sangat terjangkau. karenanya objek wisata tersebut banyak mendapatkan kunjungan.

Selain kepentingan Kepariwisataan yang mampu menghidupkan ekonomi masyarakat secara umum, Pemerintah Kota Banjarmasin juga tetap bekerja keras dan maksimal untuk menjaga keindahan dan keasrian sungai di Kota Banjarmasin, Masa kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Ibnu Sina- Hermansyah terus melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan Banjarmasin sebagai kota sungai terindah di Indonesia, adapun dalam perwujudannya, Pemkot Banjarmasin melakukan perbenahan dari sungai kecil hingga besar.

Pemkot Banjarmasin melakukan upaya pengerukan sungai-sungai kecil diantaranya, Sungai Juragan Kusin, Anak Sungai Tungku, Sungai Jagad Baya, Sungai Kelurahan Seberang Mesjid, dan Sungai Ahmad Yani, Sungai A. Yani depan Rumah Sakit Ulin, Sungai Kidaung depan Gedung Susu, Sungai Sutoyo Depan SMKN 5, hingga Anak Sungai Sutoyo. Selain pengerukan juga terdapar upaya pengawasan pemeliharaan Sungai-sungai Kecil Tersebar di Kota Banjarmasin yang mana guna meningkatkan mutu bangunan konstruksi siring sungai-sungai kecil antara lain.

Perkuatan Tebing Sungai Jalan Brigjend H. Hasan Basri – Tebing Sungai Simpang Limau Jalan Lingkar AMD Komplek Mahatama Perkuatan Tebing Sungai, Tebing Anak Sungai Andai, Tebing Sungai Jeruju Komplek Swadaya Tani, Perkuatan Tebing Anak Sungai Awang di Komplek Purnama, Perkuatan Tebing Sungai Anak Banyiur, Perkuatan Tebing Sungai di Depan Lapangan Bola Banjarmasin Selatan Perkuatan Tebing Sungai Simpang Layang Perkuatan Tebing Sungai di Banjar Indah 6 Perkuatan Tebing Sungai Pangilun, Sungai Saka Jawa, Sungai di Jl. Lingkar Dalam, Perkuatan Tebing Sungai Saka Harang Perkuatan Tebing Sungai Anak Sungai Veteran Komplek A. Yani 2, Perkuatan Tebing Sungai Simpang Rimis Komp. D’Padiz, Perkuatan Tebing Sungai Gerilya Depan Mahatama, Perkuatan Tebing Sungai Komp.A. Yani 1, Perkuatan Tebing Sungai Kidaung, Perkuatan Tebing Sungai Airmantan, Perkuatan Tebing Sungai Peradaban, Perkuatan Tebing Sungai Kuin Jembatan S. Parman.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Harjad Banjarmasin

DPRD Siap Dukung Program Pembangunan Kota Banjarmasin
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Lestarikan Kain Sasirangan, Utuh dan Aluh Terpilih Punya Tugas Itu
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Peresmian Restoran Terapung di Momen Harjad Banjarmasin Terancam Gagal
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Berpartisipasi Meriahkan Harjad Banjarmasin, Ini Langkah Seorang Penambal Ban  
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Gerak Jalan Santai di Banjarmasin Timur berlangsung Meriah
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Harjad Banjarmasin ke-493, GP Al Washliyah Minta Pemko Lebih Perhatikan Aspirasi
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Menteri Bappenas: Pemda Tidak Boleh Abaikan Isu Sanitasi dan Air Bersih
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Mancing Ikan di Momen Harjad, Ibnu Sina Dapat Ikan Mas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com