Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Catat, Ini Waktu Terbaik Minum Air Putih Versi Dokter

- Apahabar.com Minggu, 27 September 2020 - 17:03 WIB

Catat, Ini Waktu Terbaik Minum Air Putih Versi Dokter

Minum air putih di waktu terbaik dapat meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Ketika kita haus sudah pasti mencari minuman, setidaknya air putih. Namun ternyata, ada waktu terbaik minum air putih demi kesehatan dan imunitas tubuh versi dokter.

Lantas, kapan sih waktu yang terbaik meminum air putih tersebut?

Menurut Dokter umum RS Pondok Indah (RSPI) Pondok Indah, I Made Tirta Saputra, waktu terbaik untuk meminum air putih demi menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

“Minum air putih 1-2 gelas setiap bangun tidur juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika Anda terlelap semalaman. Air putih juga dapat membantu proses metabolisme tubuh,” kata I Made Tirta Saputra seperti dikutip apahabar.com dari Antara, Minggu (27/09/2020).

Disamping itu, Tirta juga menyaran minum air putih sebelum tidur malam. Karena dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Namun dengan catatat, jumlah yang cukup atau tak berlebihan pastinya tidak akan membuat Anda terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Selanjutnya, Tirta menuturkan, mengkonsumsi air putih sebelum dan sesudah berolahraga juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berolahraga.

“Selain itu, pada kondisi pandemi seperti saat ini air putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh,” tutur Tirta.

Dari sisi jumlah, Made mengutip Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan jumlah asupan air putih 2,7 liter per hari untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria.

Namun, perhatikan juga aktivitas yang Anda lakukan dan sesuaikan jumlah asupan air putih agar tak mengalami dehidrasi.

Made tak menyarankan konsumsi air putih berlebihan karena dapat menyebabkan keracunan air yang berakibat hiponatremia atau kekurangan garam dalam tubuh.

“Pada efek yang memburuk dapat menyebabkan sakit kepala, kram otot, bahkan dapat menyebabkan kejang, dan berujung pada kematian. Jadi minum air putih secukupnya ya, tidak kurang tidak juga berlebihan,” kata Tirta.

Kemudian terkait upaya menjaga sistem imun, selain air putih Tirta menyarankan Anda juga menerapkan pola hidup sehat lain.

Seperti, istirahat yang cukup yakni waktu tidur malam 6-7 jam dalam sehari, menghindari stres atau kelola stres dengan baik.

Selain itu, konsumsilah makanan sehat, terutama perbanyak sayur dan buah yang mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, dan vitamin D, lalu rutinlah berolahraga misalnya berjalan cepat selama 30 menit dan hindari merokok serta konsumsi minuman alkohol.

Editor: Zainal - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Tips Dokter Jika Bepergian Naik Pesawat Saat ‘New Normal’
apahabar.com

Gaya

Penyajian Nasi Astakona Bakal Catat Rekor Muri
apahabar.com

Gaya

Tragis, Wanita Ini Dadanya Terus Membesar Sampai Cup L
apahabar.com

Gaya

Resep Bubur Gunting Khas Banjar, Manis dan Gurih
apahabar.com

Gaya

Masa Pandemi, Dokter Anjurkan Anak Tetap Mendapat Vaksin Sesuai Jadwal
apahabar.com

Gaya

Jaga Daya Tahan Tubuh, Perlukah Minum Vitamin C 1000 Mg?
apahabar.com

Gaya

Saran Psikolog, Terapkan Ini Hindari Covid-19 di Rumah
apahabar.com

Gaya

Tren Instagram dan Minat Warganet Indonesia Sepanjang 2019
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com