Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban Masih Ada 122 Ribu Rumah di Kalteng Tak Layak Huni Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi Pencuri Mobil di Balikpapan Tak Ditahan Polisi, Kok Bisa?

Catat, Ini Waktu Terbaik Minum Air Putih Versi Dokter

- Apahabar.com Minggu, 27 September 2020 - 17:03 WIB

Catat, Ini Waktu Terbaik Minum Air Putih Versi Dokter

Minum air putih di waktu terbaik dapat meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Ketika kita haus sudah pasti mencari minuman, setidaknya air putih. Namun ternyata, ada waktu terbaik minum air putih demi kesehatan dan imunitas tubuh versi dokter.

Lantas, kapan sih waktu yang terbaik meminum air putih tersebut?

Menurut Dokter umum RS Pondok Indah (RSPI) Pondok Indah, I Made Tirta Saputra, waktu terbaik untuk meminum air putih demi menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

“Minum air putih 1-2 gelas setiap bangun tidur juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika Anda terlelap semalaman. Air putih juga dapat membantu proses metabolisme tubuh,” kata I Made Tirta Saputra seperti dikutip apahabar.com dari Antara, Minggu (27/09/2020).

Disamping itu, Tirta juga menyaran minum air putih sebelum tidur malam. Karena dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Namun dengan catatat, jumlah yang cukup atau tak berlebihan pastinya tidak akan membuat Anda terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Selanjutnya, Tirta menuturkan, mengkonsumsi air putih sebelum dan sesudah berolahraga juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berolahraga.

“Selain itu, pada kondisi pandemi seperti saat ini air putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh,” tutur Tirta.

Dari sisi jumlah, Made mengutip Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan jumlah asupan air putih 2,7 liter per hari untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria.

Namun, perhatikan juga aktivitas yang Anda lakukan dan sesuaikan jumlah asupan air putih agar tak mengalami dehidrasi.

Made tak menyarankan konsumsi air putih berlebihan karena dapat menyebabkan keracunan air yang berakibat hiponatremia atau kekurangan garam dalam tubuh.

“Pada efek yang memburuk dapat menyebabkan sakit kepala, kram otot, bahkan dapat menyebabkan kejang, dan berujung pada kematian. Jadi minum air putih secukupnya ya, tidak kurang tidak juga berlebihan,” kata Tirta.

Kemudian terkait upaya menjaga sistem imun, selain air putih Tirta menyarankan Anda juga menerapkan pola hidup sehat lain.

Seperti, istirahat yang cukup yakni waktu tidur malam 6-7 jam dalam sehari, menghindari stres atau kelola stres dengan baik.

Selain itu, konsumsilah makanan sehat, terutama perbanyak sayur dan buah yang mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, dan vitamin D, lalu rutinlah berolahraga misalnya berjalan cepat selama 30 menit dan hindari merokok serta konsumsi minuman alkohol.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Google-Apple Berkolaborasi Buat Pelacak Penyebaran Covid-19, Jangkau 1/3 Warga Dunia

Gaya

Google-Apple Berkolaborasi Buat Pelacak Penyebaran Covid-19, Jangkau 1/3 Warga Dunia

Gaya

Kreatif, Kotak Amal Berbentuk Keranda Bikin Warganet Auto Sedekah
apahabar.com

Gaya

Di Tengah Pandemi, Lalu Lintas Streaming Film Naik 193 Persen
apahabar.com

Gaya

Tips Berkendara Aman Ala Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel
apahabar.com

Gaya

4 Hal yang Diinginkan Wanita Pada Malam Pertama
apahabar.com

Gaya

Rahasia Mooryati Soedibyo Tetap Cantik dan Bugar di Usia 92 Tahun
apahabar.com

Gaya

Mulai Minggu Malam, TikTok dan WeChat Dilarang Ada di Toko Aplikasi AS

Gaya

Begini Cara Membedakan Gejala Covid-19 dengan Flu Biasa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com