Sempat Padam, Sistem Kelistrikan Kalselteng Kembali Pulih Tampil Perdana, Munthe FC Kotabaru Puas Jadi Runner-Up Belum Sejam, Polres HSS Ciduk 3 Terduga Pengedar Sabu Sebagian Kalsel Alami Pemadaman Aliran Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya Tak Hadir Rapat, Pansus DPRD Kapuas Nilai Eksekutif Tak Kooperatif!

Delapan Jurus Tangkis Klaster Keluarga Covid-19

- Apahabar.com     Rabu, 9 September 2020 - 17:41 WITA

Delapan Jurus Tangkis Klaster Keluarga Covid-19

Ilustrasi isolasi mandiri, klaster keluarga. Foto-Shutterstock/Alona Foto

apahabar.com, JAKARTA – Ancaman Covid-19 dari klaster jadi momok menakutkan. Sejatinya seluruh lapisan masyarakat wajib mengetahui jurus untuk menangkis berkembangnya Covid-19 dari klaster keluarga.

Untuk diketahui, klaster keluarga Covid-19 adalah penyebaran virus corona yang berasal dari anggota keluarga atau orang yang tinggal serumah. Biasanya, penyebaran berawal dari seseorang yang sudah lebih dahulu tertular lalu menularkannya pada anggota keluarga lain.

Nah, anggota keluarga berperan penting untuk mencegah klaster keluarga. Berikut cara mencegah klaster keluarga Covid-19.

1. Menjaga jarak
Selalu terapkan jaga jarak di rumah, terutama jika ada anggota keluarga yang kerap bepergian atau bekerja dan bertemu banyak orang. Jaga jarak semakin penting dilakukan jika ada anggota keluarga yang bergejala serupa dengan flu.

Di masa pandemi Covid-19, penting untuk menjaga jarak agar tidak terjadi penularan karena kontak dekat. Hindari pula berciuman untuk sementara waktu.

2. Memakai masker
Jika kerap bepergian keluar rumah selalu gunakan masker saat di rumah untuk menghindari penularan pada anggota keluarga. Studi menunjukkan penularan dapat terjadi bahan dari orang yang tidak memiliki gejala Covid-19. Jika sudah memiliki gejala, selalu gunakan masker setiap saat di rumah.

3. Terapkan etika bersin dan batuk
Terapkan etika bersin dan batuk yang baik. Hindari batuk dan bersin di dekat anggota keluarga. Selalu bersihkan area yang terkena cipratan batuk dan bersin.

4. Mencuci tangan
Selalu mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum beraktivitas atau menyentuh barang di rumah. Virus corona dapat hidup di benda mati dan berpindah ke tangan.

5. Jaga kebersihan dan kesehatan
Selalu rutin membersihkan rumah dengan menyapu, mengepel, dan mengelap barang-barang dengan pembersih yang mengandung desinfektan.

Tetap pastikan seluruh anggota keluarga dalam keadaan sehat. Jika memiliki anggota keluarga dengan gejala yang tak biasa segera bawa ke dokter dengan menggunakan alat pelindung diri yang memadai seperti masker.

6. Makanan bergizi seimbang
Pastikan seluruh anggota keluarga mendapatkan asupan makanan yang bergizi seimbang untuk menunjang kekebalan tubuh. Konsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral yang baik untuk kekebalan tubuh.

7. Aktivitas fisik yang menyenangkan
Pastikan seluruh anggota keluarga di rumah melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. Aktivitas fisik juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh perlu juga istirahat yang cukup dan mengelola stres. Beri pula dukungan dan perhatian pada seluruh anggota keluarga.

8. Sirkulasi
Pastikan sirkulasi udara di rumah berjalan dengan baik. Jika sirkulasi rumah tak baik maka pastikan Anda membuka semua jendela dan pintu di pagi hari demi pergantian udara. (CNN)

Editor: Syarif

Editor: Uploader - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

UNAIR Temukan 5 Senyawa Bakal Obat Covid-19
apahabar.com

Nasional

Ditagih Soal Perjanjian RI-GAM, Jokowi: Beri Saya Waktu
apahabar,com

Nasional

Sudah Punya 5, Gubernur Tolak Usulan Mobdin Baru
apahabar.com

Nasional

Mark Up Anggaran Rp2,4 M, Eks Komisioner KPU Banjar Dijadikan Tersangka
apahabar.com

Nasional

Kasus Covid-19 di Kalsel, Paman Birin: 1 Positif

Nasional

Bareskrim Tetapkan 3 Polisi Tersangka Unlawful Killing Laskar FPI
Habib Rizieq Shihab

Nasional

Polda Metro Jaya Dukung Kodam Jaya Turunkan Baliho Habib Rizieq Shihab
apahabar.com

Nasional

I2 Ungkap 10 Pilkada yang Ramai Disorot Media Online
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com