Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2020, Morbidelli Pole Position, Rossi Start Ketiga, Live Trans7 KDRT di Kintap Tala: Cemburu, Suami Tebas Leher Istri Tiga Jadwal Krusial Persib di Liga 1 2020 Bulan Oktober, Madura vs Persib, Persib vs Bali United, PSM Makassar vs Persib Resmi, Mendagri Tunjuk Dua Pjs Wali Kota Banjarbaru dan Bupati Kotabaru BREAKING NEWS: Pelantikan Pjs Bupati Kotabaru dan Wali Kota Banjarbaru Segera Digelar

Delapan Jurus Tangkis Klaster Keluarga Covid-19

- Apahabar.com Rabu, 9 September 2020 - 17:41 WIB

Delapan Jurus Tangkis Klaster Keluarga Covid-19

Ilustrasi isolasi mandiri, klaster keluarga. Foto-Shutterstock/Alona Foto

apahabar.com, JAKARTA – Ancaman Covid-19 dari klaster jadi momok menakutkan. Sejatinya seluruh lapisan masyarakat wajib mengetahui jurus untuk menangkis berkembangnya Covid-19 dari klaster keluarga.

Untuk diketahui, klaster keluarga Covid-19 adalah penyebaran virus corona yang berasal dari anggota keluarga atau orang yang tinggal serumah. Biasanya, penyebaran berawal dari seseorang yang sudah lebih dahulu tertular lalu menularkannya pada anggota keluarga lain.

Nah, anggota keluarga berperan penting untuk mencegah klaster keluarga. Berikut cara mencegah klaster keluarga Covid-19.

1. Menjaga jarak
Selalu terapkan jaga jarak di rumah, terutama jika ada anggota keluarga yang kerap bepergian atau bekerja dan bertemu banyak orang. Jaga jarak semakin penting dilakukan jika ada anggota keluarga yang bergejala serupa dengan flu.

Di masa pandemi Covid-19, penting untuk menjaga jarak agar tidak terjadi penularan karena kontak dekat. Hindari pula berciuman untuk sementara waktu.

2. Memakai masker
Jika kerap bepergian keluar rumah selalu gunakan masker saat di rumah untuk menghindari penularan pada anggota keluarga. Studi menunjukkan penularan dapat terjadi bahan dari orang yang tidak memiliki gejala Covid-19. Jika sudah memiliki gejala, selalu gunakan masker setiap saat di rumah.

Baca juga :  Sepekan Operasi Yustisi di HST, Puluhan Warga Masih Langgar Prokes

3. Terapkan etika bersin dan batuk
Terapkan etika bersin dan batuk yang baik. Hindari batuk dan bersin di dekat anggota keluarga. Selalu bersihkan area yang terkena cipratan batuk dan bersin.

4. Mencuci tangan
Selalu mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum beraktivitas atau menyentuh barang di rumah. Virus corona dapat hidup di benda mati dan berpindah ke tangan.

5. Jaga kebersihan dan kesehatan
Selalu rutin membersihkan rumah dengan menyapu, mengepel, dan mengelap barang-barang dengan pembersih yang mengandung desinfektan.

Tetap pastikan seluruh anggota keluarga dalam keadaan sehat. Jika memiliki anggota keluarga dengan gejala yang tak biasa segera bawa ke dokter dengan menggunakan alat pelindung diri yang memadai seperti masker.

Baca juga :  Bukan Resesi Ekonomi, Ini yang Membuat Pengusaha Takut 

6. Makanan bergizi seimbang
Pastikan seluruh anggota keluarga mendapatkan asupan makanan yang bergizi seimbang untuk menunjang kekebalan tubuh. Konsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral yang baik untuk kekebalan tubuh.

7. Aktivitas fisik yang menyenangkan
Pastikan seluruh anggota keluarga di rumah melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. Aktivitas fisik juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh perlu juga istirahat yang cukup dan mengelola stres. Beri pula dukungan dan perhatian pada seluruh anggota keluarga.

8. Sirkulasi
Pastikan sirkulasi udara di rumah berjalan dengan baik. Jika sirkulasi rumah tak baik maka pastikan Anda membuka semua jendela dan pintu di pagi hari demi pergantian udara. (CNN)

Editor: Syarif

Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kemenkumham Buka 3.532 Lowongan CPNS 2019 Buat Lulusan SMA
apahabar.com

Nasional

PMII Banjar Tolak Kehadiran Prabowo di Haul Sekumpul ke-14, BKD: Tidak Perlu Ditanggapi
apahabar.com

Nasional

BBM Satu Harga Sentuh Ratusan Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar
apahabar.com

Nasional

Waspadai Penyebaran Flu Babi
apahabar.com

Hiburan

Hari Ini, Stand Up Comedy Indonesia di Cafe Rumah The PanasDalam
Heboh, Dua ABK China di Kotabaru Terindikasi Corona

Nasional

Dinkes Sebut Dua ABK di Kotabaru Negatif Corona
apahabar.com

Nasional

Nadiem Tegaskan Pembukaan Sekolah di Zona Hijau Kedepankan Protokol Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Walhi Minta Pemerintah Lindungi Orang Utan dari Perburuan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com