Ini 5 Strategi Indef Selamatkan Perekonomian Indonesia di Tengah Ketidakpastian Global Pembelaan Lengkap Wahid: Minta Bebas hingga Tak Sita Semua Hartanya Hotel Aria Barito dan Armani: Fasilitas Berbintang Alat Damkar Kelas Melati IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk Salut.. AKBP Afeb Dkk Inisiasi Darul Qur’an di Sungai Jingah
agustus

Di Sidang Umum PBB, Presiden Jokowi Kembali Tegaskan Mendukung Kemerdekaan Palestina

- Apahabar.com     Rabu, 23 September 2020 - 09:29 WITA

Di Sidang Umum PBB, Presiden Jokowi Kembali Tegaskan Mendukung Kemerdekaan Palestina

Presiden Jokowi tegaskan dukungan untuk kemerdekaan Palestina di Sidang Umum PBB, Rabu (23/9) Foto-Kementerian Luar Negeri

apahabar.com, JAKARTA – Kemerdekaan Palestina tetap menjadi perhatian utama bagi diplomasi Indonesia. Hal itu ditegaskan kembali oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Presiden Jokowi pada sesi debat umum Sidang Majelis Umum ke-75 PBB secara virtual, Rabu (23/9), menyampaikan bahwa Indonesia bertekad untuk terus berkontribusi bagi perdamaian dunia sesuai amanah konstitusi.

Menurutnya, Indonesia akan terus memainkan peran sebagai bridge builder, sebagai bagian dari solusi.

“Secara konsisten komitmen ini terus dijalani Indonesia, termasuk saat Indonesia duduk sebagai anggota Dewan Keamanan PBB. Spirit kerja sama akan selalu dikedepankan Indonesia, spirit yang menguntungkan semua pihak, tanpa meninggalkan satu negara pun. No one, no country should be left behind,” tegasnya.

Persamaan derajat inilah kata Presiden Jokowi, yang ditekankan oleh Bapak Bangsa Indonesia, Soekarno, saat Konferensi Asia Afrika di Bandung 1955 yang menghasilkan Dasa Sila Bandung.

Hingga kini, prinsip Dasa Sila Bandung masih sangat relevan, termasuk penyelesaian perselisihan secara damai, pemajuan kerja sama, dan penghormatan terhadap hukum internasional.

“Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya. Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina, untuk mendapatkan hak-haknya,” ungkapnya.

Sementara itu, di kawasan Asia Tenggara, Indonesia bersama negara ASEAN akan terus menjaga Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

Pada hari jadinya yang ke-53, 8 Agustus 2020, ASEAN kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

“Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas, kawasan Indo-Pasifik, melalui ASEAN Outlook on the Indo-Pacific,” tandasnya.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kalsel Memilih: Potret Unik Politik Daerah, Patuhi Ulama Ketimbang Parpol
apahabar.com

Nasional

Buka Raker Kemenag, Jokowi: Fokus Mitigasi Dampak Korona dan Pelemahan Ekonomi Global
apahabar.com

Nasional

Prabowo Kembali Beraktivitas
Video Azan

Nasional

Penyebar Video Azan Seruan ‘Hayya Alal Jihad’ Ditangkap
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: 9.771 Positif, Sembuh Jadi 1.391 Orang
Erick Thohir

Nasional

Cek Ketersediaan Obat Covid-19 di Apotek, Intip Gaya Erick Thohir Jadi ‘Apoteker’
apahabar.com

Nasional

Evaluasi Penanganan Bencana Alam selama 2018 oleh Polri
BMKG Kalsel

Nasional

Termasuk Kalsel, BMKG: Hujan Lebat Disertai Kilat Diprakirakan Terjadi di Sebagian Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com