Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Di Tengah Ekonomi yang Lesu, Bank Kalsel Raih Peringkat Bank Sehat

- Apahabar.com Kamis, 3 September 2020 - 12:06 WIB

Di Tengah Ekonomi yang Lesu, Bank Kalsel Raih Peringkat Bank Sehat

Bank Kalsel. Foto-dok

apahabar.com, BANJARMASIN – Di tengah lesunya pergerakan ekonomi Tanah Air, PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan berhasil meraih Peringkat Komposit 2 (PK-2).

Predikat itu diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada Bank Kalsel, karena bank tersebut berhasil mencapai kategori sehat pada semester pertama 2020.

Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin mengungkapkan penghargaan itu mencerminkan kesehatan kondisi bank secara umum.

Hal itu dinilai mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dari perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya.

“Saat ini nilai rasio NPL Bank Kalsel sebesar 4,42% gross dan 1,35% nett. Hal ini menunjukan bahwa Bank Kalsel menjalankan proses perkreditan secara prudent dan comply, sehingga mampu menekan kredit dan pembiayaan bermasalah sesuai yang diharapkan,” jelasnya.

Agus mengatakan salah satu kunci keberhasilan Bank Kalsel meningkatkan peringkat komposit adalah dengan menjaga nilai rasio NPL di bawah 5%.

Selain itu, keberhasilan itu dipengaruhi oleh perbaikan pengelolaan risiko operasional yang dilakukan oleh manajemen Bank Kalsel.

Misalnya, dengan meningkatkan kontrol dan kompetensi human capital bank, meminimalkan gangguan yang terjadi pada aktivitas layanan bank, dan mengganti core banking system dalam rangka mendukung era kenormalan baru.

Lebih rinci, peringkat komposit 2 tersebut diperoleh karena keseluruhan penilaian faktor-faktor tingkat kesehatan bank yang terdiri dari profil risiko, good corporate governance (gcg), rentabilitas dan permodalan berada di peringkat komposit 2.

“Alhamdulillah meski di tengah pandemi, namun Bank Kalsel bisa meningkatkan performa dan mendapatkan apresiasi dari OJK. Semoga peningkatan peringkat komposit Bank Kalsel ini bisa mendorong lebih banyak pihak untuk mempercayakan pengelolaan dana dan transaksinya kepada kami,” sambungnya.

Perlu diketahui, penilaian tingkat kesehatan bank oleh OJK merupakan penilaian yang dilakukan atas berbagai aspek yang berpengaruh terhadap kondisi atau kinerja suatu bank, baik dari penilaian kuantitatif dan atau kualitatif terhadap faktor-faktor permodalan, kualitas aset, manajemen, rentabilitas,likuiditas dan sensitivitas terhadap risiko pasar.

Penilaian juga mempertimbangkan unsur judgement yang didasarkan atas materialitas dan signifikansi dari faktor-faktor penilaian serta
pengaruh dari faktor lainnya seperti kondisi industri perbankan dan perekonomian nasional.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Rizal Khalqi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Bank Kalsel

Perwakilan Bank Kalsel Sabet Juara di Pekan QRIS Nasional 2020
Sebar Manfaat, UPZ Bank Kalsel Bantu Pembangunan Langgar di HSS

Bank Kalsel

Sebar Manfaat, UPZ Bank Kalsel Bantu Pembangunan Langgar di HSS
apahabar.com

Bank Kalsel

Bank Kalsel Kirim Bantuan ke Pulau Sebuku Kotabaru
Punya Rekening di Bank Kalsel? Anda Berkesempatan Nikmati Fasilitas Free Lounge Concordia

Bank Kalsel

Punya Rekening di Bank Kalsel? Anda Berkesempatan Nikmati Fasilitas Free Lounge Concordia
apahabar.com

Bank Kalsel

Berikut Lima Nasabah Bank Kalsel Syariah yang Dapat Hadiah Umrah Tahun Ini
apahabar.com

Bank Kalsel

Bersama Baznas, Bank Kalsel Beri Relaksasi Kredit untuk UMKM Terdampak Covid-19
apahabar.com

Bank Kalsel

Dukung Marger BPR Balangan dan HST, Bank Kalsel Optimis Bisnis Bertumbuh

Bank Kalsel

Desa Mandala HSS Dicanangkan Jadi Agrowisata Edukasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com