Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Dinas Sosial Kalteng Salurkan Bantuan Tahap II untuk Ratusan Ribu KPM

- Apahabar.com Senin, 21 September 2020 - 21:43 WIB

Dinas Sosial Kalteng Salurkan Bantuan Tahap II untuk Ratusan Ribu KPM

Penyaluran bantuan tahap II dari Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Sosial Provinsi setempat di Palangka Raya, Senin (21/9). Foto-Antara/Adi Wibowo

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Dinas Sosil Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyalurkan bantuan tahap II untuk 112.429 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak pandemi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Sosial Kalteng, Rian Tangkudung melalui Sekretarisnya, Budi Santoso menyampaikan bahwa penyaluran bantuan tahap II dilakukan secara bertahap.

“Kalau untuk tahap kedua ini yang menerima bantuan tersebut sebanyak 112.429 KPM,” katanya.

Menurut dia, penyaluran nantinya dilakukan melalui kades hingga sasaran penerima benar-benar tepat sasaran dan pada bansos tahap II ini lebih luas lagi, sebab benar-benar sangat dioptimalkan.

Bahkan, katanya, dalam bansos tersebut jika selama 7 hari tidak diambil, maka bantuan tersebut bisa dialihkan atau digantikan kepada orang yang memenuhi syarat.

“Jadi kalau terdata meninggal dunia, maka akan dialihkan ke pihak lain yang memenuhi syarat. Kalau tahap satu kemarin jika tidak ada maka tak bisa dialihkan, nah kalau tahap dua bisa dialihkan, tetapi memang harus sesuai aturan,” katanya.

Dia mengatakan, bansos tahap II berupa bahan pangan untuk menjaga ketahanan pangan dan menjaga asupan gizi masyarakat Kalimantan Tengah yang terdampak pandemi.

Sehingga memastikan bahwa bansos yang diterima oleh masyarakat nilainya sama, baik yang tinggal di perkotaan, perdesaan maupun yang tinggal di pelosok desa.

“Itu sesuai arahan gubernur saat menyerahkan bansos. Untuk tahap kedua berupa bahan pangan, yakni beras 10 kilogram, minyak goreng dua liter, sarden, susu kental manis. Ini semua untuk masyarakat dengan tujuan membantu meringankan ekonomi mereka yang saat ini terdampak Covid-19,” katanya.

Tidak hanya itu, ujar Budi, Gubernur Kalteng juga akan menyalurkan bansos untuk anak-anak dan lanjut usia serta penyandang disabilitas di dalam maupun di luar panti.

Nantinya mereka akan mendapatkan uang melalui Bank Kalteng sebesar Rp500 ribu per bulan selama tiga bulan.

“Untuk disabilitas dan lanjut usai berbentuk uang tunai melalui Bank Kalteng selama tiga bulan sebesar Rp500 ribu per bulan, kalau untuk anak berbentuk pangan,” kata dia.

Ditambahkan Budi, mengenai jumlahnya kurang lebih hampir 5.000 orang. Itu dalam kategori bantuan khusus, bukan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Artinya itu untuk lansia telantar dan anak telantar dan disabilitas dan semuanya sudah mulai disalurkan,” katanya.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Marak Tower Rooftop di Kapuas, Diduga Tak Berizin
apahabar.com

Kalteng

Pasien Covid-19 Meninggal di Muara Teweh Bertambah
apahabar.com

Kalteng

Usulan Pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya Dapat Dukungan Komite I DPD RI
apahabar.com

Kalteng

Dampak Banjir di Kobar, Banyak Piton Keluar dari Sarangnya
apahabar.com

Kalteng

Cegah Karhutla, Pemkab Bartim Bentuk Tim Patroli
apahabar.com

Kalteng

Mendagri Dorong Kalteng Bagi Sejuta Masker
apahabar.com

Kalteng

Pertanian di Lahan Gambut Meminimalkan Karhutla di Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Kalteng Lacak Komunitas 2 Pasien Positif Corona
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com