Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah Ketua DPRD Banjar: 100 Hari Program Bupati Harus Penangan Pascabanjir DPP Demokrat Pecat Marzuki Alie dan 6 Kader, Simak Alasannya Duh, Positif Covid-19 Kapuas Bertambah Lagi 50 Kasus Tiga Gus Pimpin Jatim, Bak Angin Segar Bagi Kinerja ASN

Ditopang Sentimen Eksternal Debat Capres AS, Rupiah Ditutup Menguat

- Apahabar.com Rabu, 30 September 2020 - 18:52 WIB

Ditopang Sentimen Eksternal Debat Capres AS, Rupiah Ditutup Menguat

Ilustrasi-Petugas kasir menghitung mata uang rupiah di gerai penukaran mata uang asing di Jakarta Pusat. Foto-Antara/Indrianto Eko Suwarso/wsj

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (30/9) sore ditutup menguat.

Penguatan rupiah ditopang sentimen eksternal debat calon presiden (capres) AS yang digelar Selasa (29/9) waktu setempat.

Rupiah ditutup menguat 15 poin atau 0,1 persen menjadi Rp14.880 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.895 per dolar AS.

“Sentimen dari eksternal hari ini yaitu debat perdana capres AS antara Trump dan Joe Biden pagi tadi,” kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu.

Pasar melihat Donald Trump dan Joe Biden dengan kacau memperdebatkan masalah seperti kepemimpinan Trump, pandemi Covid-19, ekonomi, dan pajak.

Tetapi investor tidak dapat memutuskan siapa pemenangnya, Trump dan Biden dinilai hanya menghina satu sama lain sehingga tidak berdampak banyak ke pasar.

Investor juga fokus pada kemajuan Kongres AS menuju pengesahan RUU stimulus fiskal senilai 2,2 triliun dolar AS setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi mengatakan pada bahwa kesepakatan dengan Gedung Putih dapat dimungkinkan pada minggu ini.

Namun beberapa investor pesimistis bahwa RUU tersebut akan dapat disahkan oleh Kongres AS.

Sementara itu PMI (Purchasing Managers’ Index) China untuk September, yang dirilis pada hari sebelumnya tetap di atas angka 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi dan menunjukkan pemulihan lanjutan ekonomi China dari dampak COVID-19.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp14.858 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.858 per dolar AS hingga Rp14.900 per dolar AS.

Sementara itu kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.918 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.920 per dolar AS.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Jadi Sub Holding Gas Pertamina, PGN Akuisisi Pertagas Senilai Rp 20,18 Triliun
apahabar.com

Ekbis

FESyar KTI Banjarmasin Berpotensi Rp1,4 T dari Business Matching
apahabar.com

Ekbis

Ini Estimasi Biaya Perbaikan Mobil yang Terendam Banjir
Rupiah

Ekbis

Rupiah Labil, Harga Emas Tidak Stabil
apahabar.com

Ekbis

Menguat di Awal Pekan, IHSG Tembus Level Psikologis 5.000
apahabar.com

Ekbis

November, Bandara Syamsudin Noor Jadi Bandara Internasional
apahabar.com

Ekbis

Jelang Pidato Gubernur The Fed, Rupiah Ditutup Menguat
apahabar.com

Ekbis

Aplikasi Ajaib Hadirkan Inovasi Baru Berinvestasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com