Setelah Tarif 10 Kubik Dihapus, Intip Kerugian PDAM Bandarmasih Belum Dilantik, 5 Calon Kepala Dinas di Banjarmasin Dibuat Waswas Diam-Diam, Penembak Mati Kades Jirak Tabalong Sudah Divonis! Resmi, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran BirinMu ke Bawaslu Kalsel Dugaan Pelanggaran Pemilu di Kalsel, Penantang BirinMu Beber Sederet Bukti dari Amuntai

Dua Desa di Kotabaru Lulus Verifikasi Kampung Iklim, DLH Kalsel Beri Pembinaan

- Apahabar.com Kamis, 10 September 2020 - 15:07 WIB

Dua Desa di Kotabaru Lulus Verifikasi Kampung Iklim, DLH Kalsel Beri Pembinaan

Tim Proklim DLH Provinsi Kalimantan Selatan saat berkunjung ke ruang Sekda Kotabaru dalam rangka pembinaan dua desa yang lulus verifikasi Proklim. Foto-Birin for apahabar.com)

apahabar.com, KOTABARU – Dua desa di Kotabaru sukses dinyatakan lulus verifikasi program kampung iklim (Proklim).

Dua desa yang dinyatakan lulus verifikasi itu adalah, Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir, dan Desa Gunung Ulin, Kecamatan Pulau Laut Utara.

Menyikapi keberhasilan itu, Tim Proklim, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan mulai bergerak turun tangan.

Terbaru, jajaran DLH Povinsi Kalimantan Selatan bertandang ke Kotabaru guna memberikan pembinaan terhadap dua desa tersebut, Kamis (10/9) pagi.

Pembinaan itu dilakukan, sebagai persiapan menjelang penilaian oleh tim Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan, Moh Khoirullah mengatakan pembinaan terhadap dua desa dilakukan menghadapi penilaian tim Proklim Kementerian LHK.

Baca juga :  Kasus Covid-19 di Kotabaru Makin Tinggi, Simak Arahan Tim Kemenkes RI

“Jadi, Kotabaru sebenarnya mengusulkan lima desa. Akan tetapi, yang lulus verifikasi hanya dua desa yakni, Desa Langadai, dan Desa Gunung Ulin,” ujar Khorullah di Kotabaru.

Selain itu, sambung Khorullah, tujuan kampung iklim sebenarnya untuk mensejahterakan masyarakat yang dituntut memiliki inovasi dalam hal memelihara serta melestarikan lingkungan.

“Mereka itu melakukan aksi adaptasi dan mitigasi. Misalkan, aksi mitigasi penanggulangan bencana, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga roob, dan mangrove serta aksi adaptasi soal ketahanan pangan,” terangnya.

Baca juga :  Kasus Covid-19 Kotabaru, 1 Oktober Tambah 3, Total Positif 393

Terdapat tiga aspek yang akan dinilai untuk Proklim. Di antaranya, aksi adaptasi 30 persen, aksi mitigasi 30 persen, dan aksi kelembagaan 40 persen.

“Nah, aspek penilaian itu sudah dari dulu kita sosialisasikan melalui DLH Kotabaru,” pungkasnya.

Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad mengapresiasi langkah dari pemerintah provinsi dalam hal pembinaan kepada dua desa yang terpilih atau lulus verifikasi dalam Proklim.

“Tentu saja, kami sangat mendukung dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pemerintah provinsi ini. Semoga, dua desa tersebut menjadi yang terbaik,” ujar Said, didampingi Sekretaris DLH, Emi Siswanti.

Editor: Muhammad Bulkini

Reporter: Masduki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kota Baru

Berkat Dukungan Wakil Rakyat, Puluhan Anak Pedalaman Kotabaru Akhirnya Bisa Kuliah
apahabar.com

Kota Baru

86 KK di Kelumpang Selatan Kotabaru Terima Duit BLT
apahabar.com

Kota Baru

Siapkan Fulus, Kejari Kotabaru Bakal Lelang Emas Hingga Mobil Mewah
apahabar.com

Kota Baru

Benahi Permukiman Kumuh di Kotabaru, Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 54 Miliar
apahabar.com

Kota Baru

Pegawai Kantor Kepegawaian Kotabaru Terpapar Covid-19, Pelayanan Diliburkan
apahabar.com

Kota Baru

Sayed Jafar Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Selaru
apahabar.com

Kota Baru

Cara Mahasiswa UMM Perang Melawan Covid-19 Saat Pengabdian di Pulau Laut
apahabar.com

Kota Baru

Ribuan Pelajar di Kotabaru Bakal Kebagian Kuota Internet Gratis, Simak Syaratnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com