Tidak Mau Diisolasi di Palembang, 2 Peserta PTQ asal Kalteng Kabur Tak Buat Bingung, Dewan Kalsel Minta Informasi Satu Pintu Soal Aktivitas Mudik Jelang Idulfitri, Disdag Banjarbaru Jamin Harga Bapokting Aman Sempat Viral, Waria Berjoget di Jembatan Paliwara Amuntai Akhirnya Minta Maaf Hari Kedua Pengetatan Larangan Mudik, Begini Kondisi Lalu Lintas di Bundaran Banjarbaru 

Dua Desa di Kotabaru Lulus Verifikasi Kampung Iklim, DLH Kalsel Beri Pembinaan

- Apahabar.com Kamis, 10 September 2020 - 15:07 WIB

Dua Desa di Kotabaru Lulus Verifikasi Kampung Iklim, DLH Kalsel Beri Pembinaan

Tim Proklim DLH Provinsi Kalimantan Selatan saat berkunjung ke ruang Sekda Kotabaru dalam rangka pembinaan dua desa yang lulus verifikasi Proklim. Foto-Birin for apahabar.com)

apahabar.com, KOTABARU – Dua desa di Kotabaru sukses dinyatakan lulus verifikasi program kampung iklim (Proklim).

Dua desa yang dinyatakan lulus verifikasi itu adalah, Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir, dan Desa Gunung Ulin, Kecamatan Pulau Laut Utara.

Menyikapi keberhasilan itu, Tim Proklim, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan mulai bergerak turun tangan.

Terbaru, jajaran DLH Povinsi Kalimantan Selatan bertandang ke Kotabaru guna memberikan pembinaan terhadap dua desa tersebut, Kamis (10/9) pagi.

Pembinaan itu dilakukan, sebagai persiapan menjelang penilaian oleh tim Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan, Moh Khoirullah mengatakan pembinaan terhadap dua desa dilakukan menghadapi penilaian tim Proklim Kementerian LHK.

“Jadi, Kotabaru sebenarnya mengusulkan lima desa. Akan tetapi, yang lulus verifikasi hanya dua desa yakni, Desa Langadai, dan Desa Gunung Ulin,” ujar Khorullah di Kotabaru.

Selain itu, sambung Khorullah, tujuan kampung iklim sebenarnya untuk mensejahterakan masyarakat yang dituntut memiliki inovasi dalam hal memelihara serta melestarikan lingkungan.

“Mereka itu melakukan aksi adaptasi dan mitigasi. Misalkan, aksi mitigasi penanggulangan bencana, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga roob, dan mangrove serta aksi adaptasi soal ketahanan pangan,” terangnya.

Terdapat tiga aspek yang akan dinilai untuk Proklim. Di antaranya, aksi adaptasi 30 persen, aksi mitigasi 30 persen, dan aksi kelembagaan 40 persen.

“Nah, aspek penilaian itu sudah dari dulu kita sosialisasikan melalui DLH Kotabaru,” pungkasnya.

Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad mengapresiasi langkah dari pemerintah provinsi dalam hal pembinaan kepada dua desa yang terpilih atau lulus verifikasi dalam Proklim.

“Tentu saja, kami sangat mendukung dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pemerintah provinsi ini. Semoga, dua desa tersebut menjadi yang terbaik,” ujar Said, didampingi Sekretaris DLH, Emi Siswanti.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Masduki - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Rakernas

Kota Baru

Kejari Kotabaru Ikut Rakernas Kejaksaan RI, Begini Pesan Jokowi
Sampanahan

Kota Baru

Gegara Hal Sepele, Pemuda di Sampanahan Kotabaru Tega Hujani Pisau Teman Sendiri
covid-19 kotabaru

Kalsel

Hari Ini, 6 Warga Kotabaru Positif Covid-19, 14 Pasien Sembuh
apahabar.com

Kota Baru

Warganya Kebanjiran, Kapolsek Sampanahan Sigap Bantu Warga
Ambulan

Kota Baru

Permudah Warga Perdesaan Berobat, Dewan Kotabaru Prioritaskan Pengadaan Ambulan
apahabar.com

Kota Baru

Siapkan Fulus, Kejari Kotabaru Bakal Lelang Emas Hingga Mobil Mewah

Kota Baru

Di Bumi Saijaan, UU Cipta Kerja Justru Disambut Baik, Kenapa?
Kotabaru

Kota Baru

Geger! Wanita Hampang Kotabaru Tewas Bersimbah Darah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com