Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang Pencuri Hp Rosehan Diciduk Polisi, Ini Dalih Tersangka

Gantikan Haris Makkie, Roy Rizali Anwar Resmi Jabat PLH Sekdaprov Kalsel

- Apahabar.com Selasa, 1 September 2020 - 16:24 WIB

Gantikan Haris Makkie, Roy Rizali Anwar Resmi Jabat PLH Sekdaprov Kalsel

PLH Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar. Foto-apahabar.com/Muhammad Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan (Kalsel), Roy Rizali Anwar secara resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) menggantikan Abdul Haris Makkie.

Sebagai informasi, Abdul Haris Makkie memilih pensiun dini sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) karena maju sebagai bakal calon wali kota Banjarmasin di Pilkada 2020.

“Yang pasti, hari ini, saya diamanahkan pimpinan sebagai PLH Sekdaprov Kalsel. Ini lantaran Abdul Haris Makkie mengundurkan diri karena mengikuti kontestasi politik di Pilwali Banjarmasin,” ucap Roy Rizali Anwar kepada apahabar.com, Selasa (1/9) siang.

Syarat menjadi PLH Sekdaprov Kalsel sendiri, kata Roy, yakni harus setara Pejabat Eseson II.

“Jadi untuk sementara, organisasi tetap berjalan, maka kita ditunjuk sebagai PLH Sekdaprov Kalsel,” kata Roy.

Menurut Roy, di dalam sebuah pemerintahan tidak boleh terjadi kekosongan, sehingga, jika ada pejabat yang mundur, maka harus diisi oleh PLH.

“Nanti pimpinan akan mengusulkan Plt, untuk menjabat sementara sesuai aturan selama 3 bulan. Kemudian akan menyeleksi Sekdaprov Kalsel definitif. Jadi untuk kegiatan normal seperti biasa dan organisasi tetap jalan,” kata pria yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala BPBD Kalsel.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengambil kebijakan strategis untuk mengisi kekosongan jabatan Sekdaprov Kalsel.

“Mengingat posisi Sekda sangat penting bagi insitusi pemerintahan daerah, maka sesuai perintah Pak Gubernur, kami segera membuatkan SK untuk menetapkan Pak Roy sebagai Plh Sekda Kalsel, terhitung 1 September 2020,” terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kalsel, Sulkan, pagi tadi.

Usulan pengunduran Haris Makkie atas permintaan sendiri telah mendapatkan persetujuan teknis BKN. Sementara terkait kebijakan lanjutan, Sulkan mengatakan akan memproses administrasi lanjutan ke Mendagri.

“Jika memang ada kebijakan pimpinan terkait usulan penjabat pelaksana tugas, maka pihaknya akan mengusulkan kembali ke Mendagri,” jelasnya.

Pemprov Kalsel segera akan membentuk pansel untuk melakukan seleksi jabatan Sekda definitif dan selanjutnya akan diusulkan kembali ke pusat.

Editor: Puja Mandela

Reporter: Muhammad Robby - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tiba di Kalsel, Jenazah Guru Zuhdi Disambut Ratusan Jemaah
apahabar.com

Kalsel

PKBM Baimbai dari Difabel untuk Masyarakat Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Studi Tiru, Wali Kota Yogya Akui Keberhasilan PDAM Bandarmasih

Kalsel

Kecelakaan Maut di Tanah Laut, Pemotor Tewas Terlempar
apahabar.com

Kalsel

Ustaz Somad Sudah Tiba di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Gelar Diskusi Publik, PDIP Kalsel Beberkan Alasan Kenapa UMKM Harus Ikut
apahabar.com

Kalsel

Renovasi Anjungan Kalsel Diharapkan Selesai Tepat Waktu

Kalsel

Di Bawah Guyuran Hujan, Jemaah Sambut Jasad Guru Zuhdi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com