Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Hari Tani Nasional, Panen Sayur Serentak di Pekarangan Pangan Lestari Banjarbaru

- Apahabar.com Kamis, 24 September 2020 - 16:11 WIB

Hari Tani Nasional, Panen Sayur Serentak di Pekarangan Pangan Lestari Banjarbaru

Kepala Dinas Ketapang Kalsel, Suparno bersama Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya melakukan panen P2L serentak di KWT Bougenville Banjarbaru dalam rangka Hari Tani Nasional. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Menyambut Hari Tani Nasional, Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Selatan beserta pemerintah Banjarbaru melakukan panen pekarangan pangan lestari (P2L) di KWT Bougenville, Guntung Payung Banjarbaru, Kamis (24/9) siang.

Panen juga digelar serentak secara nasional bersama Menteri Pertanian melalui video conference.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan dan mendorong semangat, kreativitas serta partisipasi masyarakat untuk mengambil peran dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan,” kata Kepala Dinas Ketapang Kalsel, Suparno kepada apahabar.com

Kegiatan bertani melalui tanaman hidroponik dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, dalam hal ini perempuan yang tergabung dalam kelompok wanita tani (KWT). Melalui bertani secara mandiri, mereka dapat memastikan kualitas pangan yang ditanam lebih terjamin.

“Prinsipnya bukan hanya hitungan jumlah tetapi kualitasnya. Bukan hanya di sini, tetapi harus terjangkau ke kelompok tani dan masyarakat, ” lanjut dia.
Dia menambahkan, ada lebih 300 jenis tanaman pangan di Kalsel yang mampu mencukupi kebutuhan selama 3 bulan ke depan.

Selain menggelar panen serentak, KWT Bougenville juga masuk dalam nominasi P2L secara nasional. Sedikitnya ada 70 KWT di kawasan Banjarbaru yang dilakukan pembinaan dan monitoring oleh Dinas Ketapang Kalsel.

“Dari hasil monitoring, memang dari sisi teknis yang terbaik. KWT ini bisa mengelola lahan yang ada, mulai dari ketersediaan bibit hingga demplot seperti jumlah tanaman, jenis dan ragam,” ungkap Kasi Konsumsi dan Pengembangan Pangan Lokal, Riza Rosadi menambahkan.

Selama 3 tahun, Pemprov Kalsel membantu memfasilitasi terkait pembiayaan kegiatan KWT di Kalsel. Hal ini untuk memacu semangat para kelompok petani untuk bertanam sayur di pekarangan rumah. “Melalui APBD, tahun pertama Rp 60 juta lalu Rp 15 juta dan tahun ketiga Rp 10 juta, ” sebut dia.

Panen P2L serentak ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan. Dia mengapresiasi keunggulan Banjarbaru yang masuk dalam nominasi penghargaan secara nasional oleh kementerian pertanian pusat.

“Pertanian kita berkembang pesat terutama di bidang holtikultura, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, peternakan, perikanan, tanaman padi, ” sebut Jaya.

Kemajuan kota, kata dia, harus didukung dengan basis ketahanan pangan. Dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah secara maksimal, terlebih di kondisi pandemi, maka akan menguntungkan masyarakat.

“Ini bisa menghemat pengeluaran keluarga, uangnya bisa digunakan untuk kepentingan mendesak, ” tuturnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Lindungi Tenaga Medis di Zona Merah, Euro Fans Club Banjarmasin Sumbang APD
apahabar.com

Kalsel

Hujan Menguasai Kalimantan Selatan Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

Belajar Bahasa Inggris, Puluhan Mahasiwa Uniska Ikuti Program Australian Village
apahabar.com

Kalsel

Kalah Segalanya, Peseban Banjarmasin Dicukur Kalteng Putra 6-0
apahabar.com

Kalsel

Pesta Ngelem di Van Der Pijl, 5 Pemuda Digaruk Pol PP
apahabar.com

Kalsel

Dipindah ke Ulin, Intip Kondisi Terbaru Wali Kota Banjabaru
apahabar.com

Kalsel

Kelenteng Soetji Nurani Bersiap Sambut Tahun Baru Imlek 2571
apahabar.com

Kalsel

Gerakan Sadar dan Tertib Arsip di Kalsel Disosialisasikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com