Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Hari Tani Nasional, Wawali Banjarbaru Panen Bareng Menteri Pertanian Via Online

- Apahabar.com Jumat, 25 September 2020 - 14:40 WIB

Hari Tani Nasional, Wawali Banjarbaru Panen Bareng Menteri Pertanian Via Online

Wawali Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan saat melakukan panen bersama Menteri Pertanian secara Daring. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menghadiri kegiatan Panen Pekarangan Pangan Lestari (P2L) bersama Menteri Pertanian secara daring di Kelompok Wanita Tani (KWT) Bougenville Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru, Kamis (24/9).

Tak sendiri, Darmawan Jaya Setiawan didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan H Suparno, Kepala DKP3 Kota Banjarbaru Siti Hamdah, Camat Landasan Ulin, dan Lurah Guntung Payung.

“Dalam kegiatan Hari Tani Nasional 2020, perkembangan KWT di Banjarbaru sangat luar biasa,” ujar Wakil Wali Kota Banjarbaru itu.

Di masa pandemi seperti sekarang, kata Jaya, yang paling penting dilaksanakan ada tiga hal yaitu pengelolaan keuangan secara ketat, efisiensi, dan adaptasi.
“Efisiensi dapat kita lakukan dengan P2L, karena kalau kebutuhan pangan kita sehari-hari sudah tercukupi kita tidak lagi harus ke pasar,” katanya.

Dan tentunya, lanjut Jaya hal ini sebuah penghematan bagi keluarga ketika pandemi seperti sekarang ini. Jadi manfaatkanlah lahan pekarangannya untuk berkebun.
“Kita harus sadar bahwa ketahanan pangan ini sangat penting sekali,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan H Suparno menyampaikan bahwa bertepatan dengan Hari Tani Nasional pihaknya melaksanakan panen bersama yaitu Panen P2L bareng Menteri Pertanian di Kota Banjarbaru via Video Conference.

Bersama dengan kelompok tani yang ada di 30 Provinsi di Indonesia. Namun kegiatan ini tentunya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Tentunya P2L (Pekarangan Pangan Lestari) ini sangat bermanfaat bagi masyarakat apalagi disaat pandemi seperti sekarang ini. Kita dapat memanfaatkan lahan pekarangan kita untuk menanam baik itu sayur-sayuran, buah-buahan, dan kita bisa memelihara ikan. Ternak di lahan kita yang kosong,” jelasnya.

Sehingga, kata Suparno masyarakat dapat menghemat dengan tidak membeli sayur atau yang lainnya di pasar.

“Dan dengan kita bisa memanfaatkan pekarangan, kita bisa memenuhi gizi keluarga kita. Dengan mengkonsumsi pangan sehat yang disebut dengan istilah Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), karena kita tidak memakai pestisida yang berbahaya bagi kesehatan,” terangnya.

Terakhir, Suparno menyampaikan keuntungan dari memanfaakan lahan pekarangan yakni dapat dinikmati oleh anggota kelompok tani dan lebihnya bisa dijual untuk menambah nilai ekonomi keluarga.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Linus 2019 Zona Kalsel, Amuntai FC Kandaskan Perlawanan AFK Batola
apahabar.com

Kalsel

RSUD Sultan Suriansyah Belum Full Layani Pasien BPJS
apahabar.com

Kalsel

Ibnu Sina Dukung Sineas Muda Banua
apahabar.com

Kalsel

Segera Direlokasi, PKL Handil Bakti Minta Ketegasan Pemkab Batola
apahabar.com

Kalsel

Bupati H Akhmad Fikry Bertekad Entaskan Kemiskinan di HSS
apahabar.com

Kalsel

Hari Terakhir SBMPTN, Calon Mahasiwa Masih Ramai ke ULM
apahabar.com

Kalsel

Cegah Covid-19, Batola Dirikan Posko di Perbatasan Kalteng
apahabar.com

Kalsel

Catatan Sejarah (1); Menguak Asal Mula Warga Tionghoa Menetap di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com