Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian

Indocement Tarjun Kotabaru Gelar Program Desa Vokasi

- Apahabar.com Selasa, 1 September 2020 - 22:05 WIB

Indocement Tarjun Kotabaru Gelar Program Desa Vokasi

Tingkatkan keterampilan warga desa binaan, Indocemen gelar program desa vokasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk Plant Tarjun, Kotabaru melalui program CSR nya kembali menggelar pelatihan dan Magang Indocement (MI) untuk masyarakat desa binaan. Pelatihan tersebut dibuka oleh jajaran manajemen perusahaan, Senin (31/8).

Teguh Iman Basoeki, SHECSR Department Head mengatakan melalui pilar pendidikan dan pilar pembangunan ekonomi, perusahaan menggelar pelatihan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan sekitar operasional.

Perusahaan membentuk kawasan desa yang menjadi sentra beragam vokasi usaha yang memanfaatkan potensi sumber daya dan kearifan lokal, dimana warga dapat belajar, dan berlatih menguasai keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja dan menciptakan lapangan kerja sesuai dengan sumber daya yang ada di wilayahnya.

“Jadi, diharapkan taraf hidup, dan kesejahteraan warga pedesaan dapat meningkat lagi,” ujar Iman.

Dia menambahkan, pelatihan Magang Indocement (MI) di ikuti oleh 5 orang yang berasal dari desa Tarjun dan Langadai dilaksanakan selama 3 bulan dari tanggal 1 September hingga 30 November 2020 yang ditempatkan pada Training Center Indocement Pabrik Tarjun.

“Nah, setelah mengikuti pelatihan selama 3 bulan, setiap peserta akan diberikan sertifikat pelatihan oleh Indocement, dan peserta sendiri merupakan lulusan SMA sederajat yang belum mampu untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi,” ujarnya.

Sementara, tujuan utamanya adalah, sambungnya lagi, untuk menciptakan tenaga kerja trampil (skilled) khususnya dalam hal perawatan CCTV, jaringan network, Air Conditioner (AC) Over Hole Motor, Over Hole Gear Box dan Roller Tired secara professional.

Program tersebut berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, pertumbuhan ekonomi pedesaan, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat desa sekitar perusahaan.

Bahkan, menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu dari program CSR pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan yang dilakukan oleh Indocement yang bersinergi dengan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yaitu Goals ke 4 pendidikan berkualitas adalah menjamin pemerataan pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan belajar untuk semua orang, dan Goals ke 8 pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak adalah mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan, lapangan kerja yang produktif serta pekerjaan yang layak untuk semua orang.

Indocement terus mengembangkan bentuk pelatihan dan pemberdayaan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi pabrik sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan di berbagai bidang untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas masyarakat dalam bentuk pelatihan-pelatihan.

“Pelatihan ini akan diberikan oleh tenaga terlatih dibidangnya serta tentunya memiliki kompetensi, tentunya juga untuk meningkatkan kompetensi pemuda yang berada di desa-desa mitra Indocement dan pelatihan ini dapat menciptakan lapangan kerja baru. Yang tak kalah pentingnya adalah pelaksanaannya tetap menjalankan dan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku diperusahaan, seperti Physical Distancing, menggunakan masker dan APD serta peserta pelatihan wajib mencuci tangan dengan sabun air mengalir saat beraktivitas dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” pungkasnya mengakhiri.

Salah seorang peserta dari warga Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Hairinuar mengaku cukup terbantu dengan adanya pelatihan dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan.

“Tentu, dengan adanya pelatihan ini akan sangat membantu dalam peningkatan kompetensi dalam upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yan terampil. Sekali lagi terimakasih Indocement yang sudah melaksanakannya,” ujarnya.

Kepala Desa Langadai, Tri Sutrisno menyambut baik kegiatan tersebut. Mewakili desa-desa binaan lainnya, ia mengucapkan terima kasih atas inisiatif tim CSR dan Training Indocement yang bersinergi bersama menggelar pelatihan. Semoga pelatihan dapat menambah lapangan kerja serta mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di desa.

“Pastinya, pelatihan ini akan memberikan manfaat dan dampak positif kepada seluruh peserta. Sekali lagi, terima kasih kepada perusahaan Semen Tiga Roda atas inisiatif dan sumbangsihnya dalam rangka peningkatan SDM warga di pedesaan,” ujarnya menutup.

Editor: Syarif

Reporter: Masduki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Waspada, Debit Air Sungai Kusambi Mulai Meningkat
apahabar.com

Kalsel

Lolos dari Maut, Ketua DPRD Kotabaru Maafkan Pengemudi Bodong
apahabar.com

Kalsel

Propam Polres HSU Gelar Razia ‘Protokol Kesehatan’ di Lingkungan Mapolres
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Hujan Lokal Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

Punya 4 Jabatan di Pemprov Kalsel, Roy Rizali Dituntut Profesional
apahabar.com

Kalsel

651 Peserta Seleksi Pendidikan Pengembangan Polda Kalsel Ikuti Pemeriksaan Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Banua Bersholawat Sukses Digelar, H Cuncung : Semata Mengharap Ridho Allah SWT
apahabar.com

Kalsel

Warga Bersyukur Jembatan Sungai Loban Mulai Diperbaiki
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com