Ansharuddin Curhat, Eh Wabup Balangan Maradang INNALILLAHI, Anggota TNI Ditemukan Membusuk di Indekos Banjarmasin Kesbangpol dan KPU Jamin Hak 8.620 Pemilih Difabel di Kalsel Terpenuhi Tabir Kematian 2 Bocah di Benawa HST, Korban Dipocong Hidup-Hidup oleh Ibu Kandung Pembunuhan Wakar di Kelayan B Sudah Direncanakan, Pelaku Khilaf karena Luka Lama

Indonesia di Ambang Resesi, Ayo Evaluasi Pengeluaran

- Apahabar.com Sabtu, 5 September 2020 - 06:15 WIB

Indonesia di Ambang Resesi, Ayo Evaluasi Pengeluaran

Ilustrasi mengatur keuangan. Foto- Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 berdampak hebat pada sektor perekonomian berbagai negara. Indonesia sendiri tengah berada di ambang resesi.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini pebisnis akan salah satu yang perlu dievaluasi adalah pengeluaran untuk investasi. Karena ketidakpastian itu masih menyelimuti Indonesia.

Dampaknya juga terasa di pasar saham. Saat pandemi virus corona terjadi di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat anjlok sangat dalam dan sempat berada di titik terendahnya yakin di poin 3.900.

“Evaluasi investasi. Karena saya lihat secara statistik data dari Januari itu terjadi penurunan IHSG signifikan,” ujarnya.

Namun kini, IHSG sudah mulai kembali naik lagi. Meskipun kenaikannya lambat dan masih belum stabil alias masih naik turun.

“Sekarang dia sudah naik lagi. Kalau punya investasi misalnya Rp1 juta dari IHSG 6.000 jadi 3.900 hampir 30% dalam waktu berapa bulan dan sekarang dia mulai naik lagi,” ucapnya.

Oleh karena itu lanjut Mike, yang perlu dilakukan adalah melakukan diversifikasi risiko. Maksudnya, jangan seluruh penghasilan dilimpahkan kepada instrumen investasi yang sama.

Karena jika instrumen investasi tersebut anjlok, uang investasi juga akan hilang. Misalnya ketika investasi Rp100 juta sebelum IHSG anjlok, ketika turun maka kerugiannya hampir 30%.

“Intinya kalau dia punya Rp100 juta dia turunnya hampir 30%-nya,” sebut Mike.

Pengamat Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mengatakan, melihat perkembangan hingga hari ini, hampir pasti Indonesia akan memasuki resesi ekonomi jika pertumbuhan ekonomi kuartal III kembali minus.

Apa dampaknya terhadap masyarakat jika resesi terjadi? Menurut Fahmy, resesi akan berpengaruh pada pasokan atau supply barang yang turun secara drastis, namun permintaan tetap. “Akibatnya harga-harga jadi naik, yang memicu inflasi,” kata dia.

Penurunan pasokan atau supply tersebut karena merosotnya produksi, sehingga dapat mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan.

Yang Bisa Dilakukan saat ini Penyelamatan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah membuat sejumlah program bantuan yang menyasar berbagai lapisan masyarakat. Suntikan dana yang diberikan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Fahmy menilai, bantuan-bantuan yang diberikan ini tidak cukup untuk menahan resesi. “Tapi hanya untuk menekan dampak resesi,” kata dia. Jika Indonesia mengalami resesi, berapa lama akan bisa bangkit kembali? Menurut Fahmy, hal ini pada berbagai variabel, seperti pandemi Covid-19 dan program-program pemerintah untuk keluar dari jerat resesi.

Ia menjelaskan, lamanya waktu wabah terjadi berbanding lurus dengan periode resesi. Dengan demikian, semakin lama pandemi, maka akan semakin lama pula terjadinya resesi ekonomi.

Program pemerintah dalam mengatasi pandemi dan resesi ekonomi, jika berhasil diterapkan diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia.

“Jika program dan APBN dapat berhasil diimplementasikan sesuai yang direncanakan, maka resesi dapat diatasi hingga awal 2021,” kata Fahmy. Ia mengingatkan, agar Indonesia berhasil mengatasi pandemi dan resesi, diperlukan kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan industri. (Okz/Kompas)

Editor: Syarif

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Budi Mayat dalam Koper Bawa ‘Banyak Uang’, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan
apahabar.com

Nasional

Terdapat 3.680 Korban, Polisi Ungkap Sindikat Mafia Perumahan Syariah

Nasional

Kasus ‘Idi Kacung WHO’, Jerinx SID Dituntut 3 Tahun Penjara
apahabar.com

Nasional

Topan Hagibis Terjang Jepang; 800 Penerbangan Dibatalkan  
apahabar.com

Nasional

Kasad Jadi Wakil Ketua Komite Covid-19, Simak Apa Kata Mahfud
apahabar.com

Nasional

IPC Bertekad Jadi Pengelola Pelabuhan Kelas Dunia
apahabar.com

Nasional

Tsunami Banten, Tidak Dipicu oleh Gempa Bumi
apahabar.com

Nasional

Timses Jokowi Gelar Nobar, Kubu Prabowo Lihat Bocoran Pertanyaan Debat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com