Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Ingin Kepala Daerah Fokus Benahi UMKM, Pelaku Usaha Kecil di Tanbu Lirik Pasangan Cuncung-Alpi

- Apahabar.com Selasa, 22 September 2020 - 19:40 WIB

Ingin Kepala Daerah Fokus Benahi UMKM, Pelaku Usaha Kecil di Tanbu Lirik Pasangan Cuncung-Alpi

Syafruddin H Maming (SHM)-Muhammad Alpiya Rakhman (MAR) disebut konkrit memberikan perhatian terhadap UMKM dalam program kerjanya. Foto-istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Pelaku usaha kecil di Kabupaten Tanah Bumbu ikut memberikan saran kepada para calon kepala daerah 2020 mendatang.

Mereka berharap para calon memiliki program yang menyentuh pelaku usaha kecil di Tanah Bumbu, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Pelaku usaha kecil harus mendapatkan perhatian serius, karena semakin berkembang usaha di daerah ini akan berkontribusi langsung pada masyarakat, khususnya tenaga kerja. Lalu apa program calon pemimpin untuk UMKM di Tanah Bumbu?” ujar Sekretaris Umum BPC HIPMI Tanah Bumbu, La Ode Abdul Kadir, Selasa (22/9).

La Ode menambahkan baru satu calon yang konkrit memberikan perhatian dalam program kerjanya, yaitu pasangan Syafruddin H Maming (SHM)-Muhammad Alpiya Rakhman (MAR).

“Kami sambut baik dengan program SHM-MAR untuk menggratiskan seluruh perizinan pelaku UMKM. Memang kendala pelaku usaha kecil kita salah satunya adalah perizinan. Kami menunggu calon yang lain, apa program kerja 5 tahun mereka untuk UMKM,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua HIPMIKINDO Tanah Bumbu, Hamdani juga menyerukan hal yang sama agar para calon memiliki program yang langsung menyentuh untuk pelaku UMKM.

“Kami harapkan calon jangan memandang sebelah mata UMKM di Tanah Bumbu. Apa program kerja mereka untuk pelaku usaha kecil ini ke depannya? Itu yang diharapkan,” ujar Hamdani.

Menurut Hamdani program dari pasangan SHM-MAR yang akan menggratiskan perizinan UMKM sangat baik dan sangat dibutuhkan bagi pelaku usaha.

“Selama ini, untuk membuat satu perizinan khususnya makanan, kami pelaku UMKM harus mengeluarkan modal yang cukup tinggi. Kalau ini digratiskan pasti sangat membantu,” tambahnya.

Hamdani menambahkan sebaiknya memang bagi pelaku UMKM wajib dibantu fasilitasi untuk pengurusan izin maupun legalitas usaha, seperti sertifikasi halal dan HAKI yang didapat dengan gratis.

Kemudian permodalan untuk menjalankan usaha juga harus bisa dibantu. Dengan pola hibah atau kredit tanpa bunga dan persyaratan yang lunak.

Selain itu kata Hamdani, tidak kalah penting adalah memberikan fasilitas untuk penjualan atau pemasaran produk-produk UMKM agar dapat berdaya saing, dibandingkan produk-produk pabrikan.

Diketahui, saat ini perkembangan dunia UMKM di Tanah Bumbu sudah mulai bergeliat. Ada beberapa produk makanan yang telah tembus untuk pasar nasional seperti nugget Mahar.

Sementara menurut data yang diperoleh, tercatat jumlah UMKM di Tanah Bumbu menembus angka lebih dari 8.000 usaha.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Pilkada Ditunda, Darmawan Jaya: Penanganan Covid-19 Lebih Prioritas
apahabar.com

Politik

Pilkada di Kalsel, ke Mana Arah Politik Partai Gelora?
apahabar.com

Politik

PKS Optimis Capai 12 Persen Suara Nasional
Kalsel

Politik

Tema Debat Familiar bagi Denny, BirinMu Tanpa Persiapan Khusus
apahabar.com

Politik

Ditetapkan Sebagai Paslon di Pilgub Kalsel, Denny Indrayana: Ini Buah Kerja Keras
apahabar.com

Politik

Kunjungi Pelaku UKM Rahayu, Paslon Nomor Urut 02 Pilwali Banjarmasin Ibnu-Ariffin Harapkan Ini
apahabar.com

Politik

Disertai Doa Orang Tua, Cawali Banjarmasin Hj Ananda Mantap Gunakan Hak Suara
apahabar.com

Politik

Emak-Emak Majelis Taklim Cempaka Sari Dukung Paslon Nomor Urut 02 di Pilwali Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com