Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Ingin Kepala Daerah Fokus Benahi UMKM, Pelaku Usaha Kecil di Tanbu Lirik Pasangan Cuncung-Alpi

- Apahabar.com Selasa, 22 September 2020 - 19:40 WIB

Ingin Kepala Daerah Fokus Benahi UMKM, Pelaku Usaha Kecil di Tanbu Lirik Pasangan Cuncung-Alpi

Syafruddin H Maming (SHM)-Muhammad Alpiya Rakhman (MAR) disebut konkrit memberikan perhatian terhadap UMKM dalam program kerjanya. Foto-istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Pelaku usaha kecil di Kabupaten Tanah Bumbu ikut memberikan saran kepada para calon kepala daerah 2020 mendatang.

Mereka berharap para calon memiliki program yang menyentuh pelaku usaha kecil di Tanah Bumbu, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Pelaku usaha kecil harus mendapatkan perhatian serius, karena semakin berkembang usaha di daerah ini akan berkontribusi langsung pada masyarakat, khususnya tenaga kerja. Lalu apa program calon pemimpin untuk UMKM di Tanah Bumbu?” ujar Sekretaris Umum BPC HIPMI Tanah Bumbu, La Ode Abdul Kadir, Selasa (22/9).

La Ode menambahkan baru satu calon yang konkrit memberikan perhatian dalam program kerjanya, yaitu pasangan Syafruddin H Maming (SHM)-Muhammad Alpiya Rakhman (MAR).

“Kami sambut baik dengan program SHM-MAR untuk menggratiskan seluruh perizinan pelaku UMKM. Memang kendala pelaku usaha kecil kita salah satunya adalah perizinan. Kami menunggu calon yang lain, apa program kerja 5 tahun mereka untuk UMKM,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua HIPMIKINDO Tanah Bumbu, Hamdani juga menyerukan hal yang sama agar para calon memiliki program yang langsung menyentuh untuk pelaku UMKM.

“Kami harapkan calon jangan memandang sebelah mata UMKM di Tanah Bumbu. Apa program kerja mereka untuk pelaku usaha kecil ini ke depannya? Itu yang diharapkan,” ujar Hamdani.

Menurut Hamdani program dari pasangan SHM-MAR yang akan menggratiskan perizinan UMKM sangat baik dan sangat dibutuhkan bagi pelaku usaha.

“Selama ini, untuk membuat satu perizinan khususnya makanan, kami pelaku UMKM harus mengeluarkan modal yang cukup tinggi. Kalau ini digratiskan pasti sangat membantu,” tambahnya.

Hamdani menambahkan sebaiknya memang bagi pelaku UMKM wajib dibantu fasilitasi untuk pengurusan izin maupun legalitas usaha, seperti sertifikasi halal dan HAKI yang didapat dengan gratis.

Kemudian permodalan untuk menjalankan usaha juga harus bisa dibantu. Dengan pola hibah atau kredit tanpa bunga dan persyaratan yang lunak.

Selain itu kata Hamdani, tidak kalah penting adalah memberikan fasilitas untuk penjualan atau pemasaran produk-produk UMKM agar dapat berdaya saing, dibandingkan produk-produk pabrikan.

Diketahui, saat ini perkembangan dunia UMKM di Tanah Bumbu sudah mulai bergeliat. Ada beberapa produk makanan yang telah tembus untuk pasar nasional seperti nugget Mahar.

Sementara menurut data yang diperoleh, tercatat jumlah UMKM di Tanah Bumbu menembus angka lebih dari 8.000 usaha.

Polling Pilkada 2020
Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Mengukur Kekuatan Golkar Kalsel di Pilkada 2020 Serentak
apahabar.com

Politik

Tak Diusung, Ananda dalam Ancaman Recall Partainya Sendiri
apahabar.com

Politik

Koramil Gandeng KPU Sosialisasikan Tahapan Pemilu untuk Pelajar
apahabar.com

Politik

Dukungan Jokowi-Ma’ruf Juga Prabowo-Sandi Terus Mengalir
apahabar.com

Politik

Jalur Perseorangan di Pilkada Banjar Mengerucut, Tinggal Andin-Guru Oton
apahabar.com

Politik

Pilkada Kotabaru Menghangat, Nama Bupati Tanbu Mencuat
apahabar.com

Politik

Bawaslu Tanbu Lantik 30 Anggota Panwascam
apahabar.com

Politik

Jaga Soliditas, Musda X Golkar Balangan Ditunda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com