Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Janda Bolong Jenis Tanaman Monstera yang Lagi Naik Daun

- Apahabar.com Minggu, 27 September 2020 - 08:55 WIB

Janda Bolong Jenis Tanaman Monstera yang Lagi Naik Daun

Tanam hias janda bolong jenis tanaman berasal dari keluarga Monstera yang sedang naik daun. Foto-istockphoto/FeelPic

apahabar.com, JAKARTA – Tanam hias janda bolong jenis tanaman berasal dari keluarga Monstera yang sedang naik daun. Selain janda bolong, ada beberapa jenis tanaman Monstera lainnya yang tak kalah memikat.

Berkat pandemi, banyak pecinta tanaman hias rela merogoh kocek dalam-dalam hingga puluhan juta rupiah, termasuk untuk di janda bolong. Tanaman dengan nama latin Monstera adansonii ini punya keunikan, yakni daun dengan lubang-lubang yang terbentuk alami.

Mengutip Monstera Plant Resource, janda bolong memiliki ukuran daun yang relatif lebih kecil dari saudara-saudaranya. Akan tetapi, tak cuma janda bolong, sederet tanaman Monstera lainnya juga memiliki daun-daun yang memikat.
Berikut jenis tanaman Monstera, selain janda bolong.

1. Monstera deliciosa
Monstera deliciosa atau Monstera King bisa tumbuh dengan daun ukuran yang sangat besar. Penampakan daun terlihat unik dengan lubang-lubang mini di sekitar tulang daun, lengkap dengan belahan di tepinya. Monstera satu ini cukup banyak ditemui di pasaran.

2. Monstera borsigniana
Hati-hati, tanaman satu ini kerap disalahartikan sebagai Monstera deliciosa. Padahal, keduanya adalah tanaman yang berbeda.
Salah satu cara untuk membedakan keduanya adalah dengan memperhatikan bagian batang. Pada batang Monstera deliciosa terdapat sejenis ‘ruffle’ yang terhubung dengan daun, sedang Monstera borsigniana tidak.

Selain itu, bentuk lubang pada Monstera bordigniana juga umumnya terlihat rapi dalam dua baris. Sedangkan lubang pada daun Monstera deliciosa umumnya terlihat tidak beraturan.

3. Monstera siltepecana
Tak kalah seksi dengan ‘janda bolong’, Monstera siltepecana juga menawarkan lubang-lubang menawan. Namun, mengutip Exotic Rain Forest, tanaman ini baru memperlihatkan lubang-lubangnya saat berusia dewasa. Saat tanaman belum dewasa, daun akan tampak solid dan memanjang.
Dari segi warna, Monstera siltepecana ini akan memiliki daun yang kebiruan dan menjadi hijau gelap saat dewasa. Pada habitat aslinya, Monstera siltepecana tumbuh menjalar dan ‘memeluk’ pohon besar.

4. Monstera obliqua
Jenis satu ini mungkin bisa terbilang langka. Tampilannya mirip dengan ‘janda bolong’. Bedanya, lubang-lubang pada daun bisa memenuhi 90 persen bagian daun. Tekstur daunnya yang tipis membuat tanaman ini begitu ringkih. (CNN)

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Soal Blokir TikTok, Menkominfo Pegang Teguh Arah Kebijakan Negara
apahabar.com

Gaya

Google Larang Iklan Teori Konspirasi Virus Corona
apahabar.com

Gaya

Menakar Bisnis yang Paling Moncer di Tahun Babi Tanah
apahabar.com

Gaya

Diet Populer 2019, Keto, Telur hingga Ala IU
apahabar.com

Gaya

Bolehkah Minum Isotonik Saat Cuaca Panas Ekstrem?
apahabar.com

Gaya

Orang Dewasa Juga Perlu Bermain, Berikut Manfaatnya
Apahabar.com

Gaya

Resmi Rilis, Ini Spesifikasi Vivo X50 dan X50 Pro
apahabar.com

Gaya

Ingin Pesan Makanan Berbuka Puasa dan Sahur? Gunakan 7 Aplikasi Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com