Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Jelang Timnas U19 Indonesia vs Bosnia, Kevin Diks tak Bisa Perkuat Timnas di Piala Dunia U20 2021 karena Hal Ini

- Apahabar.com Rabu, 23 September 2020 - 13:17 WIB

Jelang Timnas U19 Indonesia vs Bosnia, Kevin Diks tak Bisa Perkuat Timnas di Piala Dunia U20 2021 karena Hal Ini

Kevin Diks Bakarbessy. Foto-PSSI

apahabar.com, JAKARTA – Jelang laga Timnas U19 Indonesia vs Bosnia & Herzegovina, Jumat (25/9/2020) malam, PSSI memastikan bek Fiorentina Kevin Diks Bakarbessy, tidak bisa bergabung Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021.

Pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Bosnia merupakan laga uji coba keenam selama TC di Kroasia, bisa disaksikan lewat Mola TV dan Live Streaming Mola TV, Jumat (25/9/2020) malam.

Menyongsong Piala Dunia U-20 pada bulan Mei-Juni 2021, PSSI memang getol mencari pemain yang masih memiliki hubungan darah dengan Indonesia, baik itu dari ayah atau ibunya.

Namun, untuk periode kepengurusan Mochamad Iriawan, PSSI lebih mementingkan pemain muda (di bawah umur 20 tahun) agar bisa ditampilkan di Piala Dunia 2021 di Indonesia.

Salah satu pemain yang mencuat ialah bek Fiorentina Kevin Diks. Kevin Diks memiliki darah Indonesia yang berasal dari kakek dan neneknya.
Kevin Diks adalah pemain Belanda keturunan Indonesia (Maluku). Diks memiliki darah Indonesia yang berasal dari kakek dan neneknya.

“Mamaku berasal dari Indonesia. Nama belakangnya Bakarbessy. Opa dan oma saya dari Indonesia. Mereka pergi ke Belanda di usia lima atau enam tahun,” ucap Diks.

PSSI pun tertarik dan kemudian menelusuri silsilah Diks termasuk umurnya saat ini kepada agen sang pemain di Belanda. Hasilnya pemain kelahiran Apeldoorn, Belanda 6 Oktober 1996 ini sudah berusia 23 tahun.

”Usia yang tidak mungkin kita masukkan ke dalam skuad timnas Indonesia di Piala Dunia 2021. Karena kita mencari pemain yang masih berumur 18 dan 19 tahun,” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Tidak hanya itu, Kevin Diks ternyata pernah bermain untuk timnas Belanda saat berumur 21 tahun. Pasal 5 Ayat 2 Statuta FIFA menyebutkan, seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi FIFA tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Dalam Statuta FIFA tentang status pemain yang berganti asosiasi disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga dia diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional.

Dalam Statuta FIFA tentang status pemain yang berganti asosiasi disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga dia diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional.

Syarat Pemain

Itu pun ada syarat yang harus dipenuhi. Pemain tersebut tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya, termasuk hanya sebagai pengganti. Apabila dia pernah bermain untuk negara lain, dia tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya.

”Ini yang pernah dialami Ezra Walian sehingga gagal melakoni pertandingan-pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2020. Ezra tidak bisa memperkuat Indonesia karena dia pernah bermain di timnas Belanda di level yunior pada kompetisi resmi UEFA,” imbuh Yunus Nusi.

Ezra Walian tercatat pernah membela timnas U-17 Belanda pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa U-17 2014. Berdasarkan data situs web Transfermarkt, pemain kelahiran 22 Oktober 1997 itu telah bermain dua kali.
Pada pertandingan versus San Marino, 19 Oktober 2013, Ezra tampil selama 40 menit. Dia mencetak 5 gol saat Belanda menang 12-0. Tiga hari berselang, Ezra dimainkan pada pertandingan versus Georgia. Dia bermain 54 menit, tapi tak mencetak gol.

Timnas U19 vs Bosnia

Timnas U19 Indonesia saat ini masih melakukan pemusatan latihan di Kroasia untuk menghadapi Piala Dunia U20 2020 yang akan digelar di Indonesia.

Selama di Kroasia, Timnas U19 di bawah asuhan Shin Tae-yong telah mengikuti laga persahabatan dan uji coba.

Terakhir Timnas U-19 vs Qatar dengan hasil imbang 1-1, Minggu (20/9/2020). Laga uji coba Timna U19 Indonesia vs Qatar bisa disaksikan lewat Live Streaming Mola TV dan Live NET TV.

Laga berikutnya, Timnas U19 Indonesia vs Bosnia dan Herzegovina akan digelar pada Jumat (25/9/2020), malam WIB, disiarkan secara langsung Live NET TV dan Live Streaming Mola TV.

elpian ahmad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Ganda Putri Indonesia Saling Berhadapan di Perempat Final Macau Open
apahabar.com

Sport

Kans Barito U-16 Lolos ke Semifinal Ditentukan Laga Terakhir
apahabar.com

Sport

Hasil Liga Inggris Aston Villa vs Liverpool, The Reds Dipermalukan 7-2, Klopp Tidak Percaya
Duka Pembalap MotoGP atas Meninggalnya Kobe Bryant

Sport

Duka Pembalap MotoGP atas Meninggalnya Kobe Bryant
apahabar.com

Sport

Live Mola TV Timnas Indonesia U-19 vs Kroasia, Intip Strategi Shin Tae-yong, Live Streaming NET TV
apahabar.com

Sport

Kevin/Marcus Pertahankan Tahta Nomor 1 Dunia
apahabar.com

Sport

Pegulat Kalsel Harumkan Indonesia di Wrestling Festival 2019 Thailand
apahabar.com

Sport

Rahel Lelang Jersey Martapura FC, Tertinggi Masih Rp1,6 Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com