3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Kaesang Pangarep, Anak Presiden Jokowi Jadi Korban Penipuan Online Shop, Begini Tips agar Aman

- Apahabar.com Kamis, 10 September 2020 - 07:00 WIB

Kaesang Pangarep, Anak Presiden Jokowi Jadi Korban Penipuan Online Shop, Begini Tips agar Aman

Ilustrasi belanja online agar tak tertipu. Foto-iStockphoto/Chainarong Prasertthai

apahabar.com, JAKARTA – Anak Presiden Joko Widodo jadi korban penipuan oleh online shop. Agar tak tertipu seperti Kaesang Pangarep, terdapat beberapa tips belanja online yang aman.

Memang belanja dalam jaringan atau daring jadi pilihan cerdas di tengah situasi pandemi Covid-19. Namun, berbelanja secara daring membuat kita tak bisa melihat penjual secara langsung dan menyentuh produk yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda mesti lebih waspada dan berhati-hati sebelum bertransaksi secara online.

Berikut tips berbelanja online yang aman dan tidak tertipu.

1. Lihat ulasan toko
Sebelum memutuskan untuk berbelanja daring, cek terlebih dahulu kredibilitas toko. Periksa ulasan dari orang-orang yang pernah berbelanja di online shop tersebut. Hal ini bisa diketahui dari rating toko, kolom ulasan, dan kolom komentar di media sosial.
Cari referensi sebanyak mungkin sebelum memutuskan berbelanja di toko tersebut.

2. Cek harga
Periksa pula harga yang ditawarkan oleh toko daring. Selalu curiga jika toko tersebut menawarkan harga yang terlalu murah dan jauh dari harga rata-rata di pasaran. Jika harga terlalu murah, ada kemungkinan produk palsu atau tidak orisinal.

3. Pilih toko yang direkomendasikan
Pilih-lah toko daring yang sudah direkomendasikan oleh orang lain seperti teman maupun dari e-commerce. Beberapa platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lainnya memberikan label toko rekomendasi atau toko berbintang untuk para penjual. Toko-toko ini umumnya sudah terpercaya dan memiliki banyak pelanggan tetap.

4. Chat penjual
Jangan ragu untuk bertanya pada toko daring tersebut dengan mengirim pesan atau chat. Lihat respons dari penjual. Tanyakan hal-hal detail agar Anda semakin yakin untuk berbelanja di toko tersebut.

5. Pilih metode cash on demand (COD)
Jika Anda masih ragu, pilih metode pembayaran COD. Metode ini memungkinkan Anda membayar produk setelah produk sampai diantarkan kurir. Jika Anda mau membeli, uang bisa dibayarkan ke kurir. Jika tidak, kurir akan kembali mengirimkan barang ke penjual. (CNN)

Editor: Syarif

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Demam Sepeda Lipat di Banjarmasin, Intip Kualitas Produk Lokal Ini
apahabar.com

Gaya

Menu MPASI Harus Mengandung 4 Nutrisi Penting Ini
apahabar.com

Gaya

Google Duo Segera Didukung Panggilan Grup hingga 32 Orang
apahabar.com

Gaya

Instagram Bakal Tambah 3 Fitur Baru
apahabar.com

Gaya

Angkat Isu Pers dan Seni, Yayasan Palatar Gelar “Basurah”

Gaya

Tidak Ribet, Ini Cara Bikin Gmail Baru di HP
apahabar.com

Gaya

Terawan Hapus Istilah ODP-PDP-OTG Covid-19, Simak Gantinya
apahabar.com

Gaya

Soal Dugaan Konspirasi di Balik Covid-19, Simak Kata Peneliti Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com