Kronologi Pria Kelumpang Tengah Tewas Disengat Ribuan Lebah Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Hari Ini Kuota Internet Belajar Siswa dan Guru Dikirim Langsung ke Nomor Peserta, Berikut Besar Subsidinya Tolak Omnibus Law, Ketua DPRD Kalsel Digelari Juara Stand Up Komedi SHM-MAR Kampanye, Pedagang Keliling Ketiban Berkah

Kapuas Peringkat Empat Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Kalteng

- Apahabar.com Selasa, 1 September 2020 - 19:33 WIB

Kapuas Peringkat Empat Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Kalteng

Kepala BNNP Kalteng, Brigjen Pol Edi Swasono. Foto-apahabar.com/Irfan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Kabupaten Kapuas ternyata berada diperingkat empat di Kalimantan Tengah untuk jumlah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Secara statistik di Provinsi Kalteng, Kapuas berada diperingkat ke empat untuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng, Brigjen Pol Edi Swasono saat berkunjung ke Kabupaten Kapuas, Selasa (1/9).

Peringkat pertama, lanjut Edy, adalah Kota Palangka Raya, peringkat kedua Kabupaten Kota Waringin Barat, peringkat ketiga Kabupaten Kota Waringin Timur dan ke empat Kabupaten Kapuas.

“Jadi, di Kapuas ini cukup tinggi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkobanya. Karena di sini merupakan daerah lintas,” ujarnya.

Menurut Edi, berdasarkan angka prevalensi bahwa jumlah masyarakat Kapuas yang terpapar narkoba sudah mencapai angka 2.495 orang, yang merupakan hasil penelitian tahun 2019.

Nah, salah satu strategi yang dikedepankan oleh BNNP, terang Edi, adalah, terhadap para korban penyalahgunaan narkoba mereka harus disembuhkan, bukan dipidanakan.

Sehingga apabila ada masyarakat atau keluarga dengan sukarela melaporkan tentang penyalahgunaan narkoba pada dirinya atau keluarganya maka akan dirawat oleh BNNP.

“Kami akan rawat yang bersangkutan dan akan kami jamin tidak dipidanakan. Kemudian juga akan kita backup untuk kerahasiaan identitasnya,” pungkas Edi.

Editor: Syarif

Reporter: Ahc25 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Pencarian Tiga Nelayan KM Berkat Barokah Dihentikan
apahabar.com

Kalteng

IDI Kalteng Mencatat 11 Dokter Terpapar Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Tim Brigdal Adaro Melawan Karhutla di Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Polres Barut Tangkap Dua Pencuri Sarang Walet, Sisanya Buron
apahabar.com

Kalteng

Bandara HM Sidik Muara Teweh Segera Beroperasi
apahabar.com

Kalteng

Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Penyelesaian Studi kepada Mahasiswa S2 dan S3
apahabar.com

Kalteng

Kalteng Panen Padi Perdana di Lahan Rawa Gambut
apahabar.com

Kalteng

Gasak HP di Warung, Pria Kapuas Kena Ringkus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com