Dear Presiden Jokowi, Jembatan Alalak Kalsel Harus Dibuka Hindari Macet Sudah Dilimpahkan, Nih Jerat Hukuman Sejoli Pembuang Bayi di Stagen Kotabaru BREAKING! KPK Periksa 11 Nama, Salah Satunya Bupati HSU Abdul Wahid OTT Amuntai, dan Nasib Proyek DIR Banjang Kini Bantuan Rp 300 Ribu Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak

Kejar Target 12.500 Inseminasi Buatan, Dinas Peternakan Tala Gencarkan Program Sikomandan.

- Apahabar.com     Jumat, 11 September 2020 - 17:21 WITA

Kejar Target 12.500 Inseminasi Buatan, Dinas Peternakan Tala Gencarkan Program Sikomandan.

Dinas Peternakan Tala Gencar Laksanakan Program IB agar Penuhi Target. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Mengejar pemenuhan target 12.500 ekor Akseptor Inseminasi Buatan (IB), Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri atau Sikomandan pun terus ditingkatkan.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanah Laut Ir Suharyo mengatakan melalui Pelayanan Inseminasi Buatan yang merupakan bagian Pelayanan Perbibitan, Kesehatan Hewan dan Pemeriksaan Kebuntingan diharapkan bisa memenuhi yang sudah ditargetkan.

“Kabupaten Tanah Laut pada Program SIKOMANDAN Tahun 2020 ditargetkan bisa melaksanakan sejumlah 12.500 ekor Akseptor IB, realisasi per tanggal 31 Agustus 2020 berdasarkan laporan yang masuk, sudah terpenuhi 97,62 persen atau 12.203 ekor Akseptor IB,” kata Suharyo disela kegiatan Pelayanan Perbibitan, Kesehatan Hewan dan Pemeriksaan Kebuntingan, yang melayani lebih dari seratus ternak sapi di Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang, Kamis (10/09)

Menurutnya, dengan terus giat melaksanakan Inseminasi Buatan baik melalui pelayanan langsung ke desa-desa maupun melalui para petugas Inseminator di lapangan, target tersebut dapat segera terpenuhi.

Dari beberapa titik kumpul pelayanan dapat diamati ternak sapi yang dibawa oleh para peternak terlihat sehat dan beberapa sedang dalam keadaan bunting hasil dari Inseminasi Buatan.

Tentunya melalui pelayanan ini optimalisasi program Inseminasi Buatan dapat terwujud dan bisa menggenjot serta meningkatkan populasi Sapi lokal.
Pelayanan langsung ke desa desa membawa manfaat besar bagi masyarakat.

Program IB disambut baik oleh peternak, salah satunya Burhanuddin, peternak di Desa Pulau Sari hari ini membawa 5 ekor indukan untuk diperiksa kesehatannya agar lebih terjamin, ia berharap layanan seperti ini bisa berkelanjutan.

“Saya sudah usaha ternak sapi dari 20 tahun yang lalu, kebetulan sekarang memelihara 5 ekor indukan, satu yang masih dara dan dua sapi jantan yang masih anak (pedet), jenis sapi yang saya pelihara jenis sapi Limosin dan Simental,”katanya.
Sejauh ini diakuinya tidak mengalami kendala asalkan tetap rajin memelihara kebersihan kandang dan pemenuhan pakan ternak, beternak sapi sangat menguntungkan.

Diceritakan Arie Rifaldi, Petugas Data Recorder Pelayanan Perbibitan Kesehatan Hewan dan Pemeriksaan Kebuntingan, di Desa Pulau Sari Kecamatan Tambang Ulang, terdata ada 172 ekor akseptor yang terdiri dari 37 ekor Sapi Jantan, 129 ekor Sapi Betina dan 6 ekor anak sapi.

Pemeriksaan Kebuntingan sejumlah 33 ekor, dan ada 6 ekor sapi betina yang hari ini yang siap untuk di Inseminasi Buatan.

Pada Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid Pembibitan, Produksi dan Pakan, Kepala Seksi Perbibitan Ternak, Petugas Inseminator, Kepala UPT Puskeswan Kurau dan dan Petugas Teknis Peternakan Disnakkeswan Kabupaten Tanah Laut.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Ahc14 - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Perbatasan Bati Bati

Kalsel

Jalan A Yani Perbatasan Bati Bati-Tambang Ulang Tala Terendam, Macet Hingga 1 KM

Tanah Laut

Kenang Miguel De Cervantes, Dispusip Tala Gelar Lomba Resensi Buku
Gantung Diri

Kalsel

Tak Kunjung Sembuh dari Stroke, Petani Tanjung Bajuin Nekat Gantung Diri
PTPN XIII Pelaihari

Kalsel

PTPN XIII Pelaihari Menang Gugatan, Kejari Tala Selamatkan Uang Negara Rp 30 Miliar
PPKM Level 4

Tanah Laut

Selama PPKM Level 4, Kasus Terpapar Covid-19 di Tala Menurun

Tanah Laut

Covid-19 Melandai, Penegakan Protokol Kesehatan di Tala Tetap Tegas
Batulicin

Tanah Laut

Update Banjir Satui & Pantauan Jalan Penghubung Batulicin-Banjarmasin 

Kalsel

Rampas HP Pejalan Kaki di Banjuin Tala, Pekerja Tambang Diringkus Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com