Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Keramat Imam Ahmad bin Hambal: Sepasang Sandal yang Membuat Jin Ketakutan

- Apahabar.com Kamis, 24 September 2020 - 08:28 WIB

Keramat Imam Ahmad bin Hambal: Sepasang Sandal yang Membuat Jin Ketakutan

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Imam Ahmad bin Hambal RA atau Imam Hambali adalah seorang ulama besar “Pendiri” mazhab Hambali. Sebagaimana kekasih Allah SWT lainnya, ulama yang hidup sederhana itu juga dikaruniai kekeramatan.

Dikutip dari tulisan Hasanul Rizqa, salah satu kekeramatan Imam hambali yang pernah diriwayatkan adalah mengenai sepasang sandalnya yang mengusir jin.

Cerita itu berawal ketika Imam Hambali sedang mengajar di majelis. Tak disangka, datanglah serombongan utusan al-Mutawakkil. Mereka meminta sang imam agar bersedia menemui sang khalifah.

Setelah mengucapkan salam, mereka mengabarkan bahwa kerabat Khalifah al-Mutawakkil yang bernama Jariyah tak henti-hentinya meracau. Kuat dugaan, Jariyah kerasukan jin.

Maka dari itu, sang khalifah memohon kepada Imam Hambali untuk memberikan solusi. Setidaknya, minta didoakan agar Jariyah lepas dari gangguan makhluk halus itu.

Sesudah itu, Imam Hambali mengangkat kedua tangannya, lalu berdoa. Usai bermunajat, sang imam mengambil sepasang sandalnya dan berkata kepada para utusan itu.

“Bawalah ini ke kediaman amirul mu’minin dan taruhlah sandal saya di sebelah kepala Jariyah. Kemudian, beri tahukan kepadanya (jin) bahwa Ahmad bin Hanbal menyuruhmu untuk pergi,” demikian tutur Imam Hambali.

Setelah itu, rombongan ini kembali ke istana untuk menemui Khalifah al-Mutawakkil. Amanat Imam Hambali pun disampaikan kepada sang raja. Sesuai anjuran sang imam, Khalifah lantas mengambil sandal pemberian tersebut dan menaruhnya di dekat kepala kerabatnya itu.

“Keluarlah dari tubuh saudaraku ini atau aku akan memukulmu dengan sandal ini sampai 70 kali!” seru al-Mutawakkil.

Tiba-tiba, jin menjawab melalui lisan Jariyah, “Sungguh, aku mendengar dan taat. Seandainya Ahmad bin Hanbal menyuruhku pergi dari Irak, aku pasti akan menuruti perintahnya. Sungguh, dia itu seorang hamba Allah yang taat kepada Tuhannya. Barangsiapa yang taat kepada Allah, maka kami akan takut kepadanya.”

Akhirnya, keluarlah jin tersebut dari tubuh Jariyah, dan kerabat sultan itu pun kembali sadar.(rep)

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Panitia Masak 250 Belek Beras dan 11 Ekor Sapi
apahabar.com

Religi

Jemaah Mulai Padati Musholla Arraudah Menjelang Kedatangan Ustaz Somad
apahabar.com

Religi

Heran Melihat Umar bin Khattab Tidur Beralas Kerikil, Utusan Kaisar: Raja yang Ditakuti Ternyata Hanya Begini
apahabar.com

Ceramah

Jangan Menunggu Kaya untuk Jadi Dermawan
apahabar.com

Habar

MUI Ajak Sambut Baik Ramadan Meski di Tengah Wabah
apahabar.com

Habar

Imbas Corona, Haul Ke-214 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Ditiadakan
apahabar.com

Habar

Semarak Maulid Nabi SAW di Penjuru Dunia
apahabar.com

Habar

Perkirakan 2 Juta Lebih Jemaah Hadir, Wakapolda Kalsel Tinjau Kesiapan Pengamanan Haul Sekumpul ke 15
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com