BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Keren, Ada Program Tukar Sampah Dapat Sembako di Sekumpul

- Apahabar.com Sabtu, 19 September 2020 - 23:23 WIB

Keren, Ada Program Tukar Sampah Dapat Sembako di Sekumpul

Peluncuran program Gerakan Pilah Sampah dari Rumah dan program tukar sampah dengan sembako, di koperasi Sirqoh Muawwanah, Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul, Martapura, Sabtu (19/9). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Di Kelurahan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, Bank Sampah Sekumpul meluncurkan program Gerakan Pilah Sampah dari Rumah, Sabtu (19/9).

Peluncuran program ini bertepatan dengan World Clean Up Day (Hari Bersih Sampah Sedunia), yang jatuh tiap 19 September.

Selain program Gerakan Pilah Sampah dari Rumah, juga ada program tukar sampah dengan sembako melalui koperasi Sirqoh Muawwanah di Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul.

Peresmian Koperasi Sirqoh Muawwanah Bank Sampah Sekumpul tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Boyke Wahyu Tristiyanto, didampingi Syamsu dari PT. PLN Wilayah Kalselteng.

Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin mengatakan sudah menjadi kewajiban bersama untuk peduli pada lingkungan sekitar terutama limbah sampah.

Ke depan, pihaknya berupaya mengedukasi masyarakat betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan, dan mengajak masyarakatnya untuk bisa memilah sampah bernilai ekonomi.

“Target kami ke depannya seluruh warga di sini bisa menjadi bagian dari Bank Sampah. Januari tahun depan Insya Allah truk angkutan sampah tidak akan masuk lagi di Kelurahan Sekumpul,” ungkap Marhusin.

Sementara itu Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati mengatakan, dengan peluncuran program ini, ke depan masyarakat bisa semakin menyadari dampak negatif apabila sampah tidak dikelola dengan baik.

Pihaknya membuka kesempatan kepada warga untuk bisa menabung sampah dengan saldo yang bisa ditukar dengan sembako yang ada di koperasi.

“Program yang kami tawarkan ke masyarakat ini diharap dapat menarik minat warga sekitar, untuk bisa menjadi bagian dari program yang kami jalankan,” ucap Dewi.

Di tempat yang sama juga dilakukan penyerahan sampah secara simbolis oleh Kepala DLH Banjar kepada Direktur Bank Sampah Sekumpul, serta penandatanganan MoU kerjasama antara Lurah Sekumpul dengan Direktur Bank Sampah Sekumpul.

Menurut data yang ada di Bank Sampah tersebut, sejauh ini sudah ada separo atau 2.500 kepala keluarga yang menjadi nasabahnya.

Seiring berjalan waktu pihak Bank Sampah optimis akan bisa menjadikan semua keluarga di Sekumpul untuk menjadi nasabahnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Bagikan 25 Unit Alat Cuci Tangan Portabel Hasil Bimtek
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Terima Bantuan BRI Martapura untuk Masyarakat
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Harjad ke-70 Kabupaten Banjar Digelar Besok, Berikut Susunan Acaranya
Forum Komunikasi

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Serahkan Bantuan dari Forum Badan Usaha kepada Masyarakat
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pilkades Sudah Dekat, Kapolsek Pastikan Sungai Tabuk Kondusif
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Buka Peringatan Hari Santri, Lomba Digelar Secara Daring
Cegah Corona, Kota Intan Disemprot Disinfektan

Kabupaten Banjar

Cegah Corona, Kota Intan Disemprot Disinfektan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Kedisiplinan dan Kejujuran Masyarakat Dinilai Jadi Kunci Atasi Penyebaran Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com