4 Kecamatan di Banjarmasin Terendam Rob, Ketinggian 60 Cm Cemara Raya Banjarmasin Masih Terendam, Warga Dorong Motor Mogok Sidang Kasus Korupsi HSU, KPK Hadirkan Sekda Adik Bupati Curi Susu Demi Keponakan, Perkara Remaja Banjarmasin Dihentikan Lewat Restorasi Justice Fakta Baru Pembacokan di SPBU Banjar, Tak Ada Duit yang Hilang

Keren, Ada Program Tukar Sampah Dapat Sembako di Sekumpul

apahabar.com, MARTAPURA – Di Kelurahan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, Bank Sampah Sekumpul meluncurkan program Gerakan
- Apahabar.com     Sabtu, 19 September 2020 - 23:23 WITA

Keren, Ada Program Tukar Sampah Dapat Sembako di Sekumpul

Peluncuran program Gerakan Pilah Sampah dari Rumah dan program tukar sampah dengan sembako, di koperasi Sirqoh Muawwanah, Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul, Martapura, Sabtu (19/9). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Di Kelurahan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, Bank Sampah Sekumpul meluncurkan program Gerakan Pilah Sampah dari Rumah, Sabtu (19/9).

Peluncuran program ini bertepatan dengan World Clean Up Day (Hari Bersih Sampah Sedunia), yang jatuh tiap 19 September.

Selain program Gerakan Pilah Sampah dari Rumah, juga ada program tukar sampah dengan sembako melalui koperasi Sirqoh Muawwanah di Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul.

Peresmian Koperasi Sirqoh Muawwanah Bank Sampah Sekumpul tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Boyke Wahyu Tristiyanto, didampingi Syamsu dari PT. PLN Wilayah Kalselteng.

Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin mengatakan sudah menjadi kewajiban bersama untuk peduli pada lingkungan sekitar terutama limbah sampah.

Ke depan, pihaknya berupaya mengedukasi masyarakat betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan, dan mengajak masyarakatnya untuk bisa memilah sampah bernilai ekonomi.

“Target kami ke depannya seluruh warga di sini bisa menjadi bagian dari Bank Sampah. Januari tahun depan Insya Allah truk angkutan sampah tidak akan masuk lagi di Kelurahan Sekumpul,” ungkap Marhusin.

Sementara itu Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati mengatakan, dengan peluncuran program ini, ke depan masyarakat bisa semakin menyadari dampak negatif apabila sampah tidak dikelola dengan baik.

Pihaknya membuka kesempatan kepada warga untuk bisa menabung sampah dengan saldo yang bisa ditukar dengan sembako yang ada di koperasi.

“Program yang kami tawarkan ke masyarakat ini diharap dapat menarik minat warga sekitar, untuk bisa menjadi bagian dari program yang kami jalankan,” ucap Dewi.

Di tempat yang sama juga dilakukan penyerahan sampah secara simbolis oleh Kepala DLH Banjar kepada Direktur Bank Sampah Sekumpul, serta penandatanganan MoU kerjasama antara Lurah Sekumpul dengan Direktur Bank Sampah Sekumpul.

Menurut data yang ada di Bank Sampah tersebut, sejauh ini sudah ada separo atau 2.500 kepala keluarga yang menjadi nasabahnya.

Seiring berjalan waktu pihak Bank Sampah optimis akan bisa menjadikan semua keluarga di Sekumpul untuk menjadi nasabahnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Soal Vaksin Rubella, Dinkes Banjar Ajak Tokoh Agama Temui MUI Pusat

Kabupaten Banjar

MTQ Nasional ke-33 di Tanbu, Kontingen Banjar Juara 2

Kabupaten Banjar

Songsong Liga 3, Persemar Martapura Kenalkan Pelatih dan Teken Kontrak 25 Pemain
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Ikut Rapid Rest, Puluhan Jurnalis Kabupaten Banjar Non Reaktif

Kabupaten Banjar

Menginspirasi, Pimpinan Ponpes Darul Hijrah KH Zarkasyi Dianugerahi Kalpataru 2021
Irigasi Riam Kanan

Kabupaten Banjar

25 Hari Dikeringkan, Irigasi Riam Kanan Siap Dibuka Kembali
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Sebut Kabupaten Banjar Tak Lagi Serambi Mekkah, Guru Khalil: Tinggal Seramnya
GHSS Martapura

Kabupaten Banjar

Mengintip GHSS Martapura yang Nyaris Tak Pernah Sepi Pasien Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com