Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Mapaba Akbar di Kampus IAID Martapura Tanpa Izin GTPP Banjar, Simak Kata Dandim

- Apahabar.com Senin, 21 September 2020 - 20:38 WIB

Mapaba Akbar di Kampus IAID Martapura Tanpa Izin GTPP Banjar, Simak Kata Dandim

Kegiatan Mapaba PC PMII Kabupaten Banjar di Kampus IAID Darussalam Martapura, Minggu (20/9). Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Di tengah pandemi Covid-19, Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Banjar, menggelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) Akbar, Minggu (20/9) kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Martapura itu rupanya tidak ada izin resmi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Banjar.

Mengetahui adanya kegiatan yang mengumpulkan massa, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto selaku Waket GTPP Banjar memanggil para pihak yang bertanggung jawab dikegiatan Mapaba Akbar, Senin (21/9) siang, di Makodim Martapura.

Dandim mengakui kegiatan Mapaba Akbar PMII tersebut terdapat miskomunikasi antara pihak penyelenggara dan GTPP Banjar.

“Beberapa hari sebelum pelaksanaan pihak penyelenggara menyurati BPBD terkait izin kegiatan, di waktu yang mepet,” kata Dandim saat dihubungi apahabar.com.

Sementara, lanjut Dandim, pihaknya belum memberikan surat balasan sampai dekat hari H, karena memang belum ada rekomendasi dari gugus tugas.

Di sisi lain, kata Dandim, Wakil Rektor III, Izuddin, merasa mendapat izin karena sudah melayangkan surat. Apalagi pihak penyelenggara mendapat lampu hijau dari ketua Yayasan Darussalam.

“Padahal harusnya mereka harus mendapat surat rekomendasi dulu dari Gugus Tugas, baru bisa melaksanakan kegiatan,” jelas Dandim Siswo Budiarto.

apahabar.com

Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto. Foto-Istimewa

Namun, kata Dandim, pihaknya pun ada kekeliruan karena tidak langsung memberikan tanggapan secara resmi.

“Karena ini miskom, jadi kita ambil jalan tengah. Jadi untuk kegiatan besok (Selasa) kuliah umum, pesertanya harus dibatasi. Ruangan yang kapasitasnya 250 orang itu diisi 50 peserta saja, selebihnya melalui zoom meting,” papar Dandim.

Sebelum kegiatan akan dilakukan penyemprotan disinfektan di tiap ruangan kegiatan. “Namun saya tegaskan, jika melanggar protokol maka siap-siap dibubarkan,” tegas Dandim.

Dandim Martapura mengimbau, siapapun yang ingin berkegiatan yang mengumpulkan orang banyak, harus jauh-jauh hari menyurati GTPP Banjar.

“Paling tidak dua bulan lebih dulu, jadi kita bisa mengatur jadwal pengecekan tempat sebelum pelaksanaan. Tapi jika di waktu mepet, maka saya tegaskan tidak diberi izin rekomendasi,” tandas Dandim Siswo Budiarto.

Terpisah, Ketua PC PMII Kabupaten Banjar, Toniansyah mengakui pihaknya ada miskomunikasi dengan tim GTPP Banjar.

Ia menceritakan, pihaknya menyurati BPBD Banjar tanggal 16 September atau H-5. Namun karena tidak ada surat resmi, ia mengira sudah mendapat lampu hijau

“Kami pun dalam pelaksaannya sesuai Peraturan Bupati Banjar, untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti pakai masker, jaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan, dan lainnya,” pungkasnya.

Mapaba Akbar merupakan kegiatan rutin tahunan PMII Banjar, di mana seluruh mahasiswa baru IAID Martapura diwajibkan mengkutinya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Teror Buaya di Sebamban Sudah Tak Asing bagi Warga
apahabar.com

Kalsel

Razia Masker di Banjarmasin: Pemkot Raup Jutaan Rupiah, Wilayah Ini Pelanggar Terbanyak
apahabar.com

Kalsel

Air Terjun Setinggi 25 Meter Jadi Potensi Wisata Baru Martapura
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diprakirakan Hujan Ringan Hari Ini, Waspada Petir
apahabar.com

Kalsel

Pancing Partisipasi Pemilih, KPU Kalsel Gelar Lomba Ini
apahabar.com

Kalsel

Krisis Air Kotabaru : Warga Rela Antre hingga Malam Hari
apahabar.com

Kalsel

Jenazah Guru Zuhdi Disalatkan, Imam Tak Kuasa Menahan Tangis
apahabar.com

Kalsel

DPRD Kalsel Finalisasi Raperda Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com