Parah! MCM Ngotot Nambang Meratus Saat Kalsel Darurat Banjir Update Banjir Banjarmasin: 12.519 Warga Terdampak, 1.235 Diungsikan Biang Kerok Banjir Kalsel, Ternyata Tak Cuma Tambang dan Sawit Presiden Jokowi Blusukan ke Banjir Kalsel, Nih Agendanya Esok Blusukan Batal, Denny Minta Evakuasi Korban Banjir Kalsel via Udara

Melalui Vicon, Sekda Tanbu Ikuti Penandatanganan Pedoman Pengawasan Netralitas ASN pada Pilkada 2020

- Apahabar.com Kamis, 10 September 2020 - 21:59 WIB

Melalui Vicon, Sekda Tanbu Ikuti Penandatanganan Pedoman Pengawasan Netralitas ASN pada Pilkada 2020

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, bersama jajarannya saat mengikuti vicon. Foto: Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pedoman Pengawasan Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2020 digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Kamis (10/9).

Penandatanganan SKB melalui video conference (vicon) ini juga turut disaksikan 270 daerah yang melaksanakan Pilkada 2020. Salah satunya Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Tanah Bumbu turut menyaksikan prosesi penandatanganan SKB antara Kemenpan RB, Kemendagri, BKN, KASN, dan Bawaslu secara virtual dari ruang Digital Live Room (DLR) Kantor Bupati Tanah Bumbu.

“Sebagaimana yang disampaikan pada tersebut, yakni pedoman pengawasan netralitas ASN sebagai upaya mencegah munculnya pelanggaran netralitas ASN terutama dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020,” ujar Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Rooswandi Salem.

Pedoman tersebut memberikan panduan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan oleh ASN tanpa harus membelenggu hak-hak politik ASN.

“Pedoman ini tentunya memiliki arti yang sangat penting bagi ASN maupun pejabat pembina kepegawaian dalam menjalankan tugas di dalam pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2020,” tuturnya

Mendagri Tito Karnavian mengatakan pemerintah pusat dan daerah berperan penting mensukseskan Pilkada serentak. Pada pelaksanaan Pilkada serentak ini diwaspadai agar jangan sampai terjadi aksi anarkis.

Kemudian, karena pilkada dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, maka protokol kesehatan harus terus disosialisasikan dan sama-sama dipatuhi oleh semua pihak.

Ketua Bawaslu Pusat mengatakan Bawaslu menyambut baik terbitnya SKB tentang pedoman pengawasan netralitas ASN pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. Pedoman ini dapat melindungi ASN dari ancaman yang bersifat politis.

Bagi Bawaslu terbitnya SKB ini menjadi penanda dan sekaligus komitmen bersama untuk mendorong tegaknya netralitas ASN sebagai salah satu instrumen penting demi terselenggaranya Pilkada yang jujur, adil, demokratis, dan berintegritas di seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada.

Editor: Aprianoor

Editor: Reporter : Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pencegahan Stunting, Tanbu Jadi Salah Satu Daerah Terbaik
Penumpang Kapal Perintis Sabuk Nusantara Diperiksa, Semua Disemprot Disinfektan

Pemkab Tanah Bumbu

Penumpang Kapal Perintis Sabuk Nusantara Diperiksa, Semua Disemprot Disinfektan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Empat Puskesmas di Tanbu Raih Akreditasi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tingkatkan Kesadaran Jaminan Sosial, BP Jamsostek Gelar Rakor bersama Pemkab Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pasca-Banjir Tanah Bumbu, Pemkab Usul Rp 23 Miliar untuk Perbaikan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

1 PDP di Tanbu Ternyata Peserta Ijtima Ulama di Gowa, Satu Desa Didisinfektan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sapi dan Kambing Suka “Keluyuran”, Pemilik Terancam Denda Rp 50 Juta
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Antisipasi Banjir, Bupati Tanah Bumbu Pimpin Kerja Bakti di Desa Sejahtera
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com