Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Update Daftar Zona Sebaran Covid-19 di Banjarmasin Pengembalian Tengkorak Demang Lehman dan Dugaan Penghapusan Sejarah oleh Belanda Tenang, Gempa 5,5 R di Pangandaran Tak Berpotensi Tsunami 2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel

Mulai Bertugas di Washington, Dubes Baru RI untuk AS Siap Perkuat Hubungan Bilateral

- Apahabar.com Sabtu, 19 September 2020 - 14:57 WIB

Mulai Bertugas di Washington, Dubes Baru RI untuk AS Siap Perkuat Hubungan Bilateral

Presiden Donald J. Trump menerima surat-surat kepercayaan dari Duta Besar RI untuk AS yang baru saja dilantik, Muhammad Lutfi (kanan), di Gedung Putih, Kamis (17/9). Foto: Gedung Putih

apahabar.com, JAKARTA – Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (As), Muhammad Lutfi menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Donald Trump di Gedung Putih, Kamis (17/9).

Penyerahan surat-surat itu, sekaligus menandai dimulainya tugasnya sebagai dubes RI yang berkedudukan di Washington DC, AS.

Dalam acara tersebut, Dubes Lutfi menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Trump dan rakyat Amerika, demikian keterangan tertulis KBRI Washington DC, Sabtu (19/9).

Salam hangat tersebut disambut baik oleh Presiden Trump, yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan mitra kunci bagi AS dan menyampaikan salam hangat kembali kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

Lutfi menekankan pentingnya hubungan baik kedua negara yang telah berlangsung lama dan berkontribusi terhadap penguatan berbagai kerja sama bilateral dan kemitraan Indonesia-AS selama ini, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Lutfi juga menyampaikan apresiasi Indonesia atas dukungan AS dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dan komitmen AS mendukung pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

“Sebagai Duta Besar Indonesia untuk AS, saya berkomitmen untuk memajukan kerja sama Indonesia-AS dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi di masa-masa sulit ini,” kata dia.

Lutfi pun menyampaikan kesiapan untuk berkolaborasi dengan mitra kerja dari berbagai kalangan di AS untuk terus memperkuat hubungan ekonomi, maritim, pertahanan dan keamanan, serta hubungan antar masyarakat kedua negara.

“Tujuan strategis saya adalah mendorong hubungan bilateral RI-AS ke tingkat yang lebih tinggi, utamanya mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi dua arah yang lebih kuat antara Indonesia dan AS dengan lebih jauh mengeksplorasi potensi yang masih sangat terbuka lebar,” ujar Lutfi yang merupakan alumnus Purdue University, Indiana, AS.

Sebelum menjabat sebagai Dubes RI untuk AS, Muhammad Lutfi pernah memegang berbagai jabatan strategis di pemerintahan, antara lain sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) (2005-2009), Dubes LBBP RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia (2010-2013), dan Menteri Perdagangan (2014).

Sebagai pengusaha, Dubes Lutfi antara lain pernah menjadi Ketua HIPMI Jaya (1998-2001), Ketua Nasional HIPMI (2001-2004), serta memegang posisi penting di sejumlah perusahaan besar.(Ant)

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Muhammadiyah Berbelasungkawa atas Wafatnya Guru Zuhdi
apahabar.com

Nasional

Sandiaga Uno Memastikan Diri Sudah Move On dari Kekalahan Pilpres 2019

Nasional

Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin Klaim Kantongi Restu Ulama Kalsel
apahabar.com

Nasional

Jubir PKS Muda: Pada 22 Mei, Kedepankan Kepentingan Bangsa di Atas Kepentingan Golongan
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Prediksi 34.300 Pekerja Migran Kembali ke Indonesia
apahabar.com

Nasional

Helikopter Jatuh di Kendal, 4 Perwira TNI Gugur
apahabar.com

Nasional

Polisi Tetapkan 257 Tersangka Kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta
apahabar.com

Nasional

Anggaran Pilkada 2020 Capai Rp 9,8 Triliun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com