Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2020, Morbidelli Pole Position, Rossi Start Ketiga, Live Trans7 KDRT di Kintap Tala: Cemburu, Suami Tebas Leher Istri Tiga Jadwal Krusial Persib di Liga 1 2020 Bulan Oktober, Madura vs Persib, Persib vs Bali United, PSM Makassar vs Persib Resmi, Mendagri Tunjuk Dua Pjs Wali Kota Banjarbaru dan Bupati Kotabaru BREAKING NEWS: Pelantikan Pjs Bupati Kotabaru dan Wali Kota Banjarbaru Segera Digelar

Nasehat Ibnu Abbas RA yang Membuat Orang Terdiam

- Apahabar.com Selasa, 15 September 2020 - 11:01 WIB

Nasehat Ibnu Abbas RA yang Membuat Orang Terdiam

Ilustrasi. Sumber: net

apahabar.com, JAKARTA — Sayidina Abbdullah bin Abbas atau Ibnu Abbas RA tidak hanya dikenal sebagai seorang faqih, tapi juga orang yang bijaksana. Tak jarang, orang-orang tertegun dengan apa yang disampaikannya.

Syekh Wahab bin Munabbih bercerita, “Ketika Sayyidina Abdullah bin Abbas RA telah lanjut usia dan matanya buta aku pernah membawanya ke Masjidil Haram. Setibanya di sana, terdengar suara orang bertengkar. Dia berkata kepadaku, ‘Bawa aku ke sana’. Aku pun membawanya ke sana.”

“Ia langsung memberi salam dan mereka mempersilakannya duduk, namun ia menolak, ketika itu ia berkata, ‘Kalian tidak mengetahui bahwa hamba Allah SWT yang istimewa ialah mereka yang perasaan takutnya kepada Allah SWT membuatnya diam. Padahal ia tidak udzur atau bisu, bahkan ia fasih dan pandai berbicara. Tetapi karena sibuk mengingat keagungan Allah SWT menjadikan pikirannya berhenti, hatinya remuk, dan lisannya membisu. Jika perasaan takut mereka semakin mendalam, maka mereka segera mengerjakan kebaikan. Kalian semua telah menyeleweng jauh dari mereka’.”

Baca juga :  5.062 Sambungan Gas Rumah Dipastikan Terpasang di Ibu Kota Baru

Syekh Wahab bin Munabbih berkata, “Setelah kejadian tersebut, aku tidak pernah lagi melihat dua orang kumpul-kumpul di Masjidil Haram.”

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi dalam kitab-nya Fadhail Al’Amal mengatakan, fadilah dari cerita di atas karena dalam perasaan takutnya Sayyidina Ibnu Abbas RA kepada Allah SWT ia sering menangis, sehingga tampak dua bekas aliran air mata di wajahnya.

Baca juga :  Tahun Depan, Valentino Rossi Resmi Gabung Bersama Satelit Petronas Yamaha di MotoGP

“Dalam kisah di atas, Sayyidina Ibnu Abbas telah memberikan suatu cara yang memudahkan beramal saleh, yaitu memikirkan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Dengan cara itu, kita akan mudah mengerjakan setiap kebaikan dan pasti penuh keikhlasan. Apa sulitnya jika kita mencoba meluangkan sebagai waktu kita dalam sehari semalam untuk memikirkan kebesaran keagungan Allah SWT,” kata Syekh Zakaria.

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Jalan Panjang Mike Tyson Temukan Islam Hingga Bangga Jadi Muslim
Jelang Haul Guru Sekumpul ke 15, Satlantas Banjar Rutin Gelar Razia

Habar

Jelang Haul Guru Sekumpul ke 15, Satlantas Banjar Rutin Gelar Razia
Tulang Ekor yang Jadi Awal Kehidupan Manusia dan Hari Pembalasan

Hikmah

Tulang Ekor yang Jadi Awal Kehidupan Manusia dan Hari Pembalasan
apahabar.com

Habar

GP Al Washliyah Banjarmasin Mengutuk Keras Penusukan Syekh Ali Jaber
apahabar.com

Hikmah

Pekerjaan Paling Utama ‘di Mata’ Rasulullah SAW
apahabar.com

Habar

Update Haul Guru Sekumpul ke 15:Relawan Posko Induk Sibuk Pasang Rambu Penunjuk Arah
apahabar.com

Religi

Para Nabi pun Bekerja, Berikut Ragam Usaha Mereka
apahabar.com

Habar

Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul,  Peziarah Makin Membludak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com