ga('send', 'pageview');
Klaster Perkantoran Pertama di Tabalong, Belasan Pegawai KPP Pratama Tanjung Terpapar Covid-19 Penetapan Paslon Pilwali Banjarmasin 2020: Didahului Khairul Saleh, Diakhiri Ibnu Sina Dugaan Penyiksaan Bocah Sungai Bilu yang Dikira Diculik Makhlus Halus Rumah di Mantuil Banjarmasin Amblas ke Sungai, Pemilik Luka-Luka Pasien Sembuh Covid-19 Kalsel Meningkat Lagi, Simak Imbauan Paman Birin

Non Muslim yang Hidup Baik dengan Nabi Muhammad 

- Apahabar.com Rabu, 9 September 2020 - 08:00 WIB

Non Muslim yang Hidup Baik dengan Nabi Muhammad 

Ilustrasi hidup baik dengan non muslim. Foto- Pinterest

apahabar.com, JAKARTA – Berdampingan hidup dengan non muslim bukan satu hal yang asing. Nabi Muhammad SAW sebagai teladan seluruh umat manusia pernah berdampingan erat dengan orang kafir (non muslim).

Ustaz Ahmad Sarwat mengatakan, ada empat orang non muslim yang hidup bersama Rasulullah. Di antaranya Abu Thalib sebagai paman, Maria Al-Qibthiyah sebagai istri Nabi, Abu Sufyan sebagai mertua dan Abu Al-Ash sebagai menantu.

“Empat orang ini menjadi bagian dari keluarga Nabi Muhammad dan pada saat itu statusnya bukan musilm,” katanya dalam bukunya Orang Kafir dalam Keluarga Nabi.

Meski status mereka orang kafir yang sudah pasti neraka tempat akhir hidupnya, Rasulullah sangat sayang terhadap mereka.

Bukti Nabi Muhammad sayang kepada mereka dengan selalu berdakwah dan mengajak mereka kepada menyembah Allah dengan mengucapkan tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah.

Kasing sayang Nabi terhadap pamannya itu dapat dibuktikan, pada akhir hayat pamannya Abu Thalib. Pada saat itu Rasulullah mengajaknya masuk Islam agar selamat.

Baca juga :  Penetapan Paslon Pilwali Banjarmasin 2020: Didahului Khairul Saleh, Diakhiri Ibnu Sina

Imam Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya mencantumkan hadits Abu Hurairah yang meriwayatkan hadits tentang bagaimana Nabi SAW sudah meminta paman untuk masuk Islam. Namun dia tidak mau beriman, tidak mau mengakui kenabian keponakan tatkala semua orang beriman kepada kenabiannya di usia 40 tahun.

“Padahal Abu Thalib baik kepada Nabi, selalu melindungi dan mendukung semua perjuangan Nabi SAW. Namun sayang hingga akhir hayatnya, Abu Thalib tetap tidak mau bersyahadat,” katanya.

Dalam hadisnya Rasulullah meminta. “Wahai paman, ucapkan Laa ilaah illallah, biar Aku nanti jadi saksi di hari kiamat.

Namun Abu Thalib menjawab dia mengikuti agar Abdul Muthalib, setelah Abu Jahal dan Abdullah bin Abi Umayah mengatakan “Hai Abu Thalib, apakah kamu membenci agama Abdul Muthalib?’

Ayat itu menurut Abdullah bin Al-Abbas, Ibnu Umar, Mujahid dan Asy-Sya’bi turun kepada Abu Thalib, tatkala ditawarkan untuk masuk Islam namun dia menolaknya.

Baca juga :  Bukan Anak Manja, Andin Sofyanoor Bangun Masa Depan Tanpa Ayah

Maria, dia seorang budak Mesir, hadiah dari Muqawqis, penguasa Mesir saat itu, kepada Nabi Muhamad SAW. Maria ini diberikan Muqawis, sebagai balasan dari surat ajakan Nabi Muhammad SAW kepadanya.

Ustaz Ahmad mengatakan, memang sudah jadi kebiasaan para raja di masa lalu, kalau kirim utusan dan juga surat, disertai dengan souvenir, baik berupa cendera mata emas, perhiasan, atau pun juga yang paling tinggi nilainya, yaitu budak wanita.

“Maria adalah ‘hadiah’ raja Mesir kepada Nabi Muhammad SAW. Hadiah yang sifatnya penghargaan. Tidak semua raja dikirimi hadiah macam itu,” katanya.

Uniknya, kata Ustaz Ahmad, Maria dihadiahkan satu paket dengan adiknya yang bernama Sirin, dua-duanya dipersembahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Namun Sirin dihadiahkan lagi oleh Nabi SAW kepada penyair muslim, Hassan bin Tsabit.

Orang kafir di dalam kehidupan Rasulullah ada Abu Sufyan sebagai mertua dan Abu Al-Ash sebagai menantu. Keduanya kemudian masuk Islam. (Rep)

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Salat di Atas Perahu, Bagaimana Menghadap Kiblatnya?
apahabar.com

Hikmah

Percepat Pembayaran Zakat di Tengah Covid-19, Afdolkah?
apahabar.com

Hikmah

Rahasia dan Manfaat Kurma Ajwa Favorit Rasulullah
apahabar.com

Hikmah

Kisah Hijrah Mohammad Ahsan
apahabar.com

Hikmah

Buah Tin, Rahasia Sumpah Allah SWT dan Segudang Khasiat
apahabar.com

Hikmah

Kapan Waktu Akikah dan Hewan Apa yang Diakikahkan?
apahabar.com

Hikmah

Hikmah Menyampaikan Nasihat dengan Baik
apahabar,com

Hikmah

Amalan-Amalan Bermuatan Sedekah Menurut Rasulullah SAW
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com