Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Pemkab Barut Rapat Darurat Penanganan Covid-19, GTPP: Masyarakat Jangan Panik

- Apahabar.com Jumat, 4 September 2020 - 20:43 WIB

Pemkab Barut Rapat Darurat Penanganan Covid-19, GTPP: Masyarakat Jangan Panik

Ilustrasi Covid-19. Foto-Pixabay

apahabar.com, MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara terus serius memutus rantai penyebaran Covid-19. Rapat darurat bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pun digelar, Jumat (4/9).

Pada rapat darurat di Ruang Rapat Setda Lantai I, Juru Bicara Satgas Covid-19 Barut, Siswandoyo menjelaskan penyebab bertambahnya kasus pasien yang terkonfirmasi positif disebabkan perubahan perilaku masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan yang belum maksimal dan belum menyesuaikan diri dengan era adaptasi new normal.

Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 21 orang untuk hari ini, sehingga jumlah kumulatif menjadi 132 orang.

Namun begitu GTPP meminta agar masyarakat tidak panik, tetap waspada, serta jaga kesehatan dan kebersihan dan selalu patuhi protokol kesehatan covid-19 dengan terus mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari kerumunan.

Dengan lonjakan pasien positif Covid-19 yang sangat luar biasa, maka ada kekhawatiran berpengaruh pada ruang isolasi di RSUD Muara Teweh yang hanya berkapasitas hanya 26 orang.

Sementara Kapolres Barito Utara, AKBP Dodo Hendro Kusuma SIK menegaskan untuk penanganan Covid-19 masih belum optimal dengan ditandai kenaikan pasien terkonfirmasi.

“Penanganan dan penegakan sesuai Perbup Nomor 39 tahun 2020 akan kita jalankan seiring sosialisasi kemasyarakat sehingga apabila ada sanksi dan denda administratif mereka tidak kaget,” kata AKBP Dodo panggil akrab Kapolres ini.

Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra menyampaikan bahwa masalah Covid-19 di Barito Utara yang saat ini sedang dalam peningkatan. Karenanya Pemkab Barut harus mengambil langkah dan sikap yang cepat apabila ada pasien terkonfirmasi Covid-19 langsung ditampung di RSUD Muara Teweh.

Pasien Covid-19 harus ditangani terlebih dahulu sambil menunggu tempat isolasi baru.

Lebih lanjut Sugianto mengatakan, Peraturan Bupati Nomor 39 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 sudah disosialisasikan baik melalui surat ke setiap kecamatan, kelurahan dan desa.

Pihaknya gencar melakukan sosialisasi melalui saluran resmi informasi milik pemerintah yakni website, FB, IG, dan LPPL Radio Batara serta melalui awak media yang tergabung dalam PWI.

“Nantinya apabila ada yang melanggar langsung di adili di tempat dengan kerja sosial maupun dengan membayar denda administrasi,” tegas Sugianto.

‚ÄúDengan diberlakukannya sanksi, diharapkan dapat memberikan efek jera kepada pelanggar sehingga kedepannya Barito Utara dapat kembali menjadi zona hijau,” harap Sugianto.

Editor: Syarif

Reporter: AHC17 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Sensus Penduduk 2020, BPS Barut Terjunkan 110 Personel
apahabar.com

Kalteng

Terpeleset, Koki Kapal Hilang di Sungai Kahayan Kalteng
apahabar.com

Kalteng

BNN Bongkar Sindikat Jaringan Narkoba dari Kalbar
apahabar.com

Kalteng

Minta Lurah Dikembalikan, Forum Ketua RT Selat Hilir Datangi DPRD Kapuas
apahabar.com

Kalteng

DPD Golkar Kapuas Bantu Korban Kebakaran Pasar Pujon
apahabar.com

Kalteng

Tiga Parpol di Kalteng Ajukan Perselisihan Perolehan Suara ke MK
apahabar.com

Kalteng

38 Peserta Wilayah Kodim 1014/Pangkalanbun Ikuti Tes Calon Bintara TNI 2019
apahabar.com

Kalteng

3 Hari Dinyatakan Tenggelam, Tim Pencarian David ABK Tugboat Brahma I Susuri Hilir Sungai Barito
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com