Pelunasan Bipih Ditutup, Puluhan Jemaah Cadangan Lengkapi Kuota Haji Kalsel 2022 Innalillahi, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Tutup Usia PT BKB Tanbu Laporkan Ormas KPK Tipikor Kalsel ke Polisi [ANALISIS] Judi ‘Gurak’, Ritual Adat atau Kepentingan Pribadi? Kebakaran Simpang Telawang, Korban Tetap Tinggal Saat Api Berkobar

Pilbup HST 2020, Tunggu Duet Berry-Pahrijani Mendaftar ke KPU

- Apahabar.com     Jumat, 4 September 2020 - 22:53 WITA

Pilbup HST 2020, Tunggu Duet Berry-Pahrijani Mendaftar ke KPU

Berry usai saat Rapat Paripurna di DPRD HST. Foto-apahabar.com-Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Hari pertama pendaftaran Bapaslon Pilbup 2020 di Hulu Sungai Tengah (HST), nama petahana Berry Nahdian Forqan tak ada dalam daftar jadwal di KPU setempat.

Hanya ada 4 paslon yang terjadwal bakal mendaftar. Yakni dari jalur independent ada pasangan Aulia Oktaviandi-Mansyah Sabri (AMAN) yang pertama kali mendaftar. Kemudian ada pasangan Akhmad Tamzil-M Ilham Effendhy dan Fakih Jarjani-Abu Yazid Bustami yang menjadwalkan mendaftar Sabtu (5/9) siang.

Sementara dari jalur parpol ada pasangan Saban Effendi-Abdillah atau Habib Didil (Sabil) yang dijadwalkan akan mendaftar pada Minggu (6/9) pukul 10.00 Wita.

Belakangan, sore tadi, Jumat (4/9) salah satu tim Berry menyodorkan surat ke KPU HST, mengonfirmasi bahwa akan melakukan pendaftaran pada Minggu 6 September pukul 21.00.

Disebut-sebut kader PDIP HST ini Berry berpasangan dengan Pahrijani, mantan anggota Kodim 1002 Barabai berpangkat Mayor. Pahrijani yang pernah menjabat Kasdim ini sebelumnya pernah disandingkan dengan kader Gerindra HST, Tajudin yang saat ini menjabat anggota Komisi III DPRD HST.

Konfirmasi pendaftaran pasangan Berry-Pahrijani tersebut dibenarkan Ketua KPU HST, Johransyah.

“Kami baru dapat surat tadi, paslon jalur parpol ini baru mengonfirmasi sore tadi, yakni Berry berpasangan dengan Pahrijani bahwa akan mendaftar. Tapi belum didisposisikan ke Sekretariat KPU untuk menyiapkan waktunya,” kata Johransyah sore tadi di Kantor KPU HST, Jumat (4/8)

Untuk kepastian para paslon jalur parpol, kata Johransyah nanti akan terlihat pada masa pendaftaran ini. Apakah keduanya memenuhi syarat, baik dari segi syarat pencalonan maupun syarat calon itu sendiri.

“Khusus di jalur parpol ini kita akan melihat dan meneliti hingga memverifikasi partai pengusungnya. Sesuai tidak mekanismenya. Jadi ini sebagai pedoman kami sah tidaknya syarat pencalonan selain syarat calon,” tutup Johransyah.

Disebutkan partai yang berkoalisi mendukung pencalonan Berry-Pahrijani ini yakni, PDIP, PPP dan PKPI.

Sesuai dengan tiket parpol pengusung di DPRD HST yang berjumlah 30 kursi, hasil koalisi tiga partai tadi sudah mencukupi untuk mengusung pasangan Berry-Pahrijani dengan 6 kursi. PDIP memiliki 2 kursi, PPP 3 kursi dan PKPI 1 kursi.

Dikonfirmasi, Ketua PKPI HST, Deni Era Yulyantie menyebutkan, pihaknya mendukung pasangan Berry-Pahrijani. Bahkan partainya sudah mengeluarkan SK dukungan kepada pasangan tersebut.

“Kami berjuang mendukung paslon yang kami pilih ini. Mudahan ke depannya berjalan lancar,” kata Yulyantie melalui pesan WhatsApp, Jumat (4/9).

Sementara itu, Ketua PPP HST, Jainuddin Baharani memilih hemat bicara terkait partainya berkoalisi untuk pasangan Berry-Pahrijani. Padahal sebelumnya PPP ini berkoalisi dengan pasangan Sabil.

“Kami masih menunggu. Ini urusan tingkat atas. Belum sampai ke kita,” kata Jainuddin dihubungi via WhatsApp, Jumat (4/9).

Editor: Syarif

Editor: Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Jelang Debat Wali Kota Banjarmasin, Ini Kata Sang Petahana
apahabar.com

Politik

Tak Bisa Jawab Kuis Berhadiah, Marlina Ngeblank Lihat Kegantengan Mardani H Maming
apahabar.com

Politik

Pilgub Kalsel, Gerindra Menanti Rekomendasi Pusat
Potret C1

Politik

Potret C1, Nasib Ketua PPK Banjarmasin Selatan di Ujung Tanduk
apahabar.com

Politik

Taat Instruksi Megawati, PDI Perjuangan All Out Menangkan Sahbirin-Muhidin di Pilgub Kalsel
Denny

Politik

BELUM MENYERAH! Denny Pastikan Gugat Kembali Hasil Pilgub Kalsel 
apahabar.com

Politik

Viral! Video Habib Banua Dukung Ibnu-Ariffin di Pilwali Banjarmasin
apahabar.com

Politik

Bikin Warga Terkesan, Simak Harapan Masyarakat Sungai Andai kepada Ibnu Sina
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com