JANGAN PANIK! Banjarbaru Resmi Terapkan PPKM Level IV 26 Juli Keren, Gerakan Aksi Peduli Warga Isoman Bermunculan di Banjarmasin Windy Cantika Sumbang Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 Kebakaran Gang Nuri, Asrama Anak Yatim Ikut Ludes Terbakar BREAKING! Api Kembali Berkobar di Gang Nuri Banjarmasin

Polda Kalsel Terjunkan Tim Pedas, Pelanggar Protokol Akan Disanksi Tegas

- Apahabar.com     Selasa, 22 September 2020 - 07:56 WITA

Polda Kalsel Terjunkan Tim Pedas, Pelanggar Protokol Akan Disanksi Tegas

Polda Kalsel menerjunkan Tim Mobile Penegak Disiplin Kesehatan (Pedas). Foto-Detik.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Polda Kalsel menerjunkan Tim Mobile Penegak Disiplin Kesehatan (Pedas). Itu dilakukan agar masyarakat tertib menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Nico Afinta mengingatkan pihaknya akan menindak masyarakat yang kedapatan tak taat protokol kesehatan.

“Sanksi tegas pidana akan diberikan kepada siapa pun yang melanggar Pergub Nomor 66 tentang panduan tatanan masyarakat yang produktif dan aman Covid-19 serta 7 peraturan bupati/wali kota lainnya di Provinsi Kalsel. Bagi warga yang tidak disiplin dan tidak mematuhi protokol kesehatan,” tegas Irjen Nico Afinta usai melepas langsung Tim Pedas, Senin (21/9/2020).

Operasi yustisi ini melibatkan personel Direktorat Samapta, Direktorat Lantas dan Polres jajaran Polda Kalsel yang bekerja sama dengan TNI, Satpol PP, dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Operasi ini akan memfokuskan tiga sasaran yakni meliputi orang, tempat dan kegiatan. Petugas akan melakukan pengecekan siapa saja yang sedang melaksanakan isolasi mandiri di kediaman akibat terpapar Covid-19. Petugas juga akan menyasar tempat keramaian seperti pasar, terminal, penyeberangan feri ataupun tempat-tempat lainnya.

Dia mengatakan sanksi diberikan kepada pelanggar untuk memberi efek jera agar mematuhi protokol kesehatan. Dalam peraturan tersebut, jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggar di antaranya sanksi sosial, denda, hingga sanksi pidana.

“Sanksi pidana penjara akan diberikan bagi siapapun juga yang tidak mematuhi peraturan wali kota/bupati tentang protokol kesehatan Covid-19, dan saya instruksikan kepada para Kapolres/Ta bahwa Polda Kalsel, TNI dan Satgas Penanganan COVID-19 akan bertindak tegas kepada siapa pun yang tidak patuh protokol kesehatan ini,” ujarnya.

Dia mengatakan dengan mematuhi protokol kesehatan, berarti sama-sama menjaga diri sendiri dan menjaga orang lain. Kebersamaan dan pemahaman yang sama ini, lanjutnya, dapat menekan Covid-19.

“Kami pun mengingatkan kepada seluruh personelnya untuk terus selalu menjaga kesehatan dan keamanan diri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan seperti menggunakan masker, sarung tangan, dan menjaga jarak,” pesan Nico saat memasang Rompi Tim Mobile PEDAS. (Dtk)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Bupati Balangan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Istana Anak Yatim
apahabar.com

Kalsel

Terancam Keberadaan Bus Trans Kota, Sopir Taksi Kuning Mengadu ke Dewan
apahabar.com

Kalsel

Rumah Mahasiswi Digerebek Warga, 5 Muda-mudi Didapati Sedang ‘Kumpul’

Kalsel

Ditegur Abai Prokes, Manajemen Q Mall Banjarbaru Membela Diri
apahabar.com

Kalsel

Peduli Karhutla, Netizen NU Kalsel Gelar Diskusi Panel

Kalsel

Upaya Langkah DLH Mengurai Permasalahan Sungai Martapura Floating Market Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Prihatin dengan Korban Kebakaran di Kotabaru, Driver Ojek Online Galang Dana Bantuan
Pemprov Kalsel

Kalsel

Soal Gugatan Korban Banjir ke Pemprov Kalsel, Walhi: Itu Hak Rakyat!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com