Polisi Dalami Kaburnya Habib Rizieq dari Rumah Sakit Ummi Nekat Menjambret Wanita di Siang Bolong, Pemuda Kotabaru Diringkus Tim Macan Bamega Sadis! Begal Mobil Carteran di Pelaihari Buang Jasad Korban ke Hutan Sawit BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen

Polda Kalsel Terjunkan Tim Pedas, Pelanggar Protokol Akan Disanksi Tegas

- Apahabar.com Selasa, 22 September 2020 - 07:56 WIB

Polda Kalsel Terjunkan Tim Pedas, Pelanggar Protokol Akan Disanksi Tegas

Polda Kalsel menerjunkan Tim Mobile Penegak Disiplin Kesehatan (Pedas). Foto-Detik.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Polda Kalsel menerjunkan Tim Mobile Penegak Disiplin Kesehatan (Pedas). Itu dilakukan agar masyarakat tertib menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Nico Afinta mengingatkan pihaknya akan menindak masyarakat yang kedapatan tak taat protokol kesehatan.

“Sanksi tegas pidana akan diberikan kepada siapa pun yang melanggar Pergub Nomor 66 tentang panduan tatanan masyarakat yang produktif dan aman Covid-19 serta 7 peraturan bupati/wali kota lainnya di Provinsi Kalsel. Bagi warga yang tidak disiplin dan tidak mematuhi protokol kesehatan,” tegas Irjen Nico Afinta usai melepas langsung Tim Pedas, Senin (21/9/2020).

Operasi yustisi ini melibatkan personel Direktorat Samapta, Direktorat Lantas dan Polres jajaran Polda Kalsel yang bekerja sama dengan TNI, Satpol PP, dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Operasi ini akan memfokuskan tiga sasaran yakni meliputi orang, tempat dan kegiatan. Petugas akan melakukan pengecekan siapa saja yang sedang melaksanakan isolasi mandiri di kediaman akibat terpapar Covid-19. Petugas juga akan menyasar tempat keramaian seperti pasar, terminal, penyeberangan feri ataupun tempat-tempat lainnya.

Dia mengatakan sanksi diberikan kepada pelanggar untuk memberi efek jera agar mematuhi protokol kesehatan. Dalam peraturan tersebut, jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggar di antaranya sanksi sosial, denda, hingga sanksi pidana.

“Sanksi pidana penjara akan diberikan bagi siapapun juga yang tidak mematuhi peraturan wali kota/bupati tentang protokol kesehatan Covid-19, dan saya instruksikan kepada para Kapolres/Ta bahwa Polda Kalsel, TNI dan Satgas Penanganan COVID-19 akan bertindak tegas kepada siapa pun yang tidak patuh protokol kesehatan ini,” ujarnya.

Dia mengatakan dengan mematuhi protokol kesehatan, berarti sama-sama menjaga diri sendiri dan menjaga orang lain. Kebersamaan dan pemahaman yang sama ini, lanjutnya, dapat menekan Covid-19.

“Kami pun mengingatkan kepada seluruh personelnya untuk terus selalu menjaga kesehatan dan keamanan diri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan seperti menggunakan masker, sarung tangan, dan menjaga jarak,” pesan Nico saat memasang Rompi Tim Mobile PEDAS. (Dtk)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hindari Perpecahan Jelang Pemilu
Distribusi Air PDAM Bandarmasih Terganggu 8 Jam Besok, Berikut Wilayah Terdampak

Kalsel

Distribusi Air PDAM Bandarmasih Terganggu 8 Jam Besok, Berikut Wilayah Terdampak
apahabar.com

Kalsel

Guiding Blocks Dipasang Keliru pada Trotoar di Banjarmasin, Ketua PPDI: Ini Bahaya!
apahabar.com

Kalsel

Siap-Siap, 4 Objek Wisata Andalan Tabalong Segera Dibuka
apahabar.com

Kalsel

Kolonel Inf Anggara Sitompul Pamit dari Kodim 1007/Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Korban Tenggelam Bermaksud Selamatkan Seekor Ayam
Musrenbang Banjarmasin Terbatas, Covid-19 Dinilai Pemicunya

Kalsel

Musrenbang Banjarmasin Terbatas, Covid-19 Dinilai Pemicunya
apahabar.com

Kalsel

Diringi Salawat, Massa Aksi Sudahi Demonstrasi Depan Kantor DPRD Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com