Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Punya 4 Jabatan di Pemprov Kalsel, Roy Rizali Dituntut Profesional

- Apahabar.com Jumat, 4 September 2020 - 13:34 WIB

Punya 4 Jabatan di Pemprov Kalsel, Roy Rizali Dituntut Profesional

Roy Rizali Anwar. Foto-Dok

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasca-mundurnya Abdul Haris Makkie sebagai sekretaris daerah, Pemprov Kalsel langsung menunjuk Roy Rizali Anwar sebagai penggantinya.

Dengan kondisi itu, Roy merangkap 4 jabatan yaitu sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Wakil Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel dan Plt Sekdaprov Kalsel.

Pengamat pemerintahan, Gazali Rahman, menilai hal itu sah-sah saja. Alasannya, posisi Roy hanya sebatas pelaksana tugas (Plt) bukan pejabat yang definitif.

“Untuk jabatan-jabatan struktural di pemerintahan tidak boleh ada kekosongan jabatan atau kekuasaan. Ini kan Plt saja belum ditetapkan pejabat yang definitif,” ucap Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP ULM, saat dihubungi apahabar.com

Dalam prinsip pemerintahan, terang dia, mekanisme pengisian kekosongan jabatan juga melalui sejumlah proses seleksi dan pertimbangan. Dasarnya dilihat dari baik pada sisi hukum, undang-undang, kepatutan, kelayakan dan sebagainya.

Dari mandat yang diamanatkan ini, Roy harus bisa memastikan sistem pemerintahan daerah tetap berjalan.

“Perlu diingat jabatan Sekda tidak mesti di tempat terus. Tidak masalah sepanjang yang bersangkutan bisa membagi waktu, memilih proporsi mana yang harus diutamakan,” lanjut Gazali.

Keputusan yang diambil oleh Gubernur menurut dia tidak menunjukkan bahwa Kalsel kekurangan SDM untuk mengisi jabatan tersebut. Namun, penentuan pejabat definitif pada prosesnya harus melalui tahapan yang panjang.

“Ada prosedurnya. Karena Sekda mundur, mau tidak mau harus cepat diganti. Akan tetapi, Plt juga tidak boleh mengambil keputusan strategis hanya pelaksana tugas-tugas rutin saja,” jelasnya

Editor: Puja Mandela

Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Cegah Masuknya Narkoba, Satgas TMMD Kunjungi Ponpes Al Amin
apahabar.com

Kalsel

PSBB Banjarmasin Dicap Gagal, Jubir: Belajar dari Thailand
apahabar.com

Kalsel

Penulis Amerika Serikat Sampaikan Kuliah Umum di ULM Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Pemkot Banjarmasin Raih Perhargaan Unit Pelayanan Terbaik
apahabar.com

Kalsel

Kepala DKPP Batola Meninggal Dunia
Efek Corona: Giliran Hand Sanitizer Diborong di Banjarbaru, IDI Angkat Bicara

Kalsel

Efek Corona: Giliran Hand Sanitizer Diborong di Banjarbaru, IDI Angkat Bicara
apahabar.com

Kalsel

Dini hari, 2 Rumah di Banjarbaru Dilalap Si Jago Merah
apahabar.com

Kalsel

Tambah Daftar Hitam KPPS Meninggal di Kalsel, Hidayatullah Sempat Tarawih Berjemaah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com