ga('send', 'pageview');
Gali Lubang Buat Kabur, Napi Cina Lapas Tangerang Jadi Buruan Tim Khusus Penabrak Lari yang Ngaku Polisi di Banjarmasin Ternyata Sudah Diamankan Mantan Anggota DPRD Tanbu Mahyudin alias Udin Kocak Tutup Usia Gejolak Harga Elpiji, Polisi Bongkar Aksi Curang 2 Pangkalan di Banjarmasin Menyelisik Ritual Pemakaman Adat Dayak Meratus: Hamburkan Beras Kuning Agar Keburukan Tak Menyertai Peserta Ritual

Raih Top BUMD Awards, Berikut Kinerja BPR Barito Kuala Kalsel

- Apahabar.com Kamis, 10 September 2020 - 18:52 WIB

Raih Top BUMD Awards, Berikut Kinerja BPR Barito Kuala Kalsel

Sejumlah inovasi dijalankan BPR Barito Kuala yang baru menginjak usia 3 tahun. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Bukan simsalabim yang membuat PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Barito Kuala, Kalsel memperoleh penghargaan nasional. Terdapat sederet inovasi dan kinerja yang mengantar mereka mencapai predikat itu.

Salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Batola ini baru saja memperoleh penghargaan dalam TOP BUMD Awards 2020 yang diselenggarakan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN).

Mereka memperoleh predikat Top of the Top BUMD 2020 dan Top BUMD Awards 2020 Level Bintang 5. Sementara Direktur Utama PT BPR Batola, Bahrani, kebagian predikat Top CEO BUMD 2020.

Di sisi lain, Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, juga memperoleh anugerah sebagai Top Pembina BUMD 2020.

Berkat penghargaan itu, BPR Batola sejajar dengan Perumdam Tirta Kerta Raharja Tangerang, Bank BJB, Bank Jatim, MRT Jakarta, BPR Bank Sleman, dan BPR Bank Bapas 69 Magelang.

Top BUMD Awards bukan penghargaan pertama yang diperoleh BPR Batola. Mereka pernah mengecap sukses serupa pada 2018. Bedanya level penghargaan itu masih bintang 3.

Baca juga :  Hasil Liga Inggris: Everton Ngamuk Lumat WBA, Gol Perdana James Rodriguez

“Sama seperti usaha-usaha lain, tahap awal pertumbuhan BPR Batola berjalan pelan. Pun BPR masih asing di telinga masyarakat,” ungkap Bahrani, Kamis (10/9).

“BPR juga berbeda dengan bank umum yang memiliki banyak varian. Sebaliknya BPR cuma kredit, tabungan dan deposito. Kalau direksi tak paham kebutuhan masyarakat, akhirnya target tak terpenuhi,” imbuhnya.

Sejumlah inovasi pun mulai dijajal. Di antaranya membuat pelayanan kredit musiman petani dan kredit talangan pegawai.

“Program terbaru adalah menjalin kerjasama dengan pengembang perumahan di Batola untuk kredit pemasangan jaringan PDAM. Inilah inovasi yang belum banyak digarap bank umum maupun BPR lain,” yakin Bahrani.

apahabar.com

Dukungan penuh terhadap BPR Alalak, juga membuat Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, memperoleh predikat Top Pembina BUMD 2020. Foto-Humpro Setda Batola

Inovasi itulah yang membuat nama BPR Batola mulai menggema. Nasabah pun tidak cuma warga Batola, tapi juga Banjarmasin dan Banjar.

Tak mengherankan kalau jumlah kredit yang disalurkan sudah mencapai Rp22,5 miliar dengan jumlah 757 nasabah, sejak BPR Batola resmi beroperasi 3 November 2016,

Baca juga :  Barito Utara Kembali Jadi Penyumbang Terbanyak Covid-19 di Kalteng

“Nasabah yang sudah melunasi pinjaman sekitar 486 orang dengan nilai Rp13 miliar. Sedangkan sisa yang belum lunas mencapai Rp8,9 miliar. Itu belum termasuk tabungan dan deposito,” papar Bahrani.

“Terlepas dari usia yang masih muda, kami menargetkan omset hingga Rp25 miliar. Motivasi kami adalah BPR-BPR yang berhasil memiliki omset Rp1 triliun,” tegasnya.

Selain usaha keras dari internal, dukungan pemerintah daerah sebagai pemegang saham pengendali, juga berperan penting. Dukungan itu berbentuk penyertaan modal yang terus berkembang setiap tahun.

Pada tahun anggaran 2017, misalnya. Pemkab Batola menyuntikkan modal senilai Rp1,35 miliar. Setahun berselang bertambah menjadi Rp4,35 miliar. Memasuki tahun anggaran 2019, kembali dikucurkan modal senilai Rp3 miliar.

Ditargetkan hingga akhir 2020, penyertaan modal yang masuk mencapai Rp10 miliar, atau sesuai Perda Nomor 7 Tahun 2018 tentang Penyertaan Modal Kepada BPR Batola.

Pemprov Kalimantan Selatan juga menjadi salah satu pemegang saham melalui penyertaan modal senilai Rp700 juta.

“Dukungan pemerintah daerah merupakan salah satu kunci terpenting, sehingga wajar kalau Bupati Batola mendapat predikat Top Pembina BUMD 2020,” tandas Bahrani.

Editor: Aprianoor

Reporter: Bastian Alkaf - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Batola

Tepat 17 Agustus, Si Kembar Pengantin dari Marabahan Ini Dilahirkan
apahabar.com

Batola

Tahun Ajaran Baru, Berikut Protokol Kesehatan Sekolah di Batola
apahabar.com

Batola

2.953 Pelapor Crisis Center Batola Mulai Terima Bantuan
apahabar.com

Batola

Cegah Penyebaran Covid-19, Rutan Marabahan Tunggu Rapid Massal
apahabar.com

Batola

Fun Bike Haornas 2020, Pelipur Batalnya Tour de Batola
apahabar.com

Batola

Tunggu Hasil PCR, Operasional IGD Abdul Aziz Marabahan Tertunda
apahabar.com

Batola

Jelang Pilgub 2020, Jumlah Pemilih Sementara di Barito Kuala Merosot
apahabar.com

Batola

Tetap Nol Kasus, Tugas Berat Menunggu Tabukan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com