Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Rendah Hatinya Umar bin Khattab RA, Bergantian Naik Unta dengan Pelayan

- Apahabar.com Sabtu, 19 September 2020 - 08:57 WIB

Rendah Hatinya Umar bin Khattab RA, Bergantian Naik Unta dengan Pelayan

Iluustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Sayidina Umar bin Khattab RA adalah seorang khalifah yang memiliki kerendah hatian mempesona. Padahal dia adalah khalifah yang banyak menaklukkan bangsa-bangsa di zamannya.

Dikutip dalam buku Cahaya Abadi Muhammad SAW Kebanggaan Umat Manusia karya Fethullah Gulen, ketika Al Quds (Yerusalem) dulu berhasil ditaklukkan pasukan Islam, ternyata para pendeta yang berada di kota suci itu tidak bersedia menyerahkan kunci kota kepada panglima pasukan muslim yang telah memenangi pertempuran. Para pendeta merasa tak menemukan orang yang pantas untuk menerima kunci kota suci itu.

Kabar itu pun sampai pada Umar bin Khattab. Sang Amirul Mukminin pun langsung berangkat menuju Al Quds dengan mengendarai seekor unta yang dipinjamnya dari Baitul Mal. Di sepanjang perjalanan menuju Al Quds, Umar rela bergantian mengendarai unta pinjaman dari Baitul Mal itu dengan pelayannya.

Ketika unta yang dikendarai Umar hampir sampai di gerbang Al Quds, tibalah pelayan Umar bin Khattab yang memperoleh giliran mengendarai unta itu. Umar pun turun dan mempersilakan pelayannya untuk naik ke punggung unta, sementara dirinya menuntun unta itu sambil berjalan. Pelayan Umar bin Khattab pun menolak karena merasa tak bisa membiarkan Amirul Mukminin memasuki Al Quds sambil berjalan menuntun unta yang dikendarai seorang pelayan.

Dalam sekejap, seisi Yerusalem pun mendadak riuh oleh orang-orang yang tak percaya dengan apa yang mereka lihat. Seorang pemimpin tertinggi kekhalifahan Islam berjalan memasuki kota sambil menuntun unta yang dikendarai pelayannya sendiri.

Ketika hal itu terlihat oleh para pendeta pemegang kunci kota mereka pun berujar “Memang seperti inilah sifat orang yang akan menerima kunci kota ini seperti yang telah disebutkan di dalam kitab suci kami.”

Para pendeta itu pun langsung menyerahkan kunci kota Al Quds kepada Umar bin Khattab.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sirah

Ini ‘Kesaktian’ Tuan Guru Bangil yang Dikagumi Guru Tuha
apahabar.com

Religi

Catatan Bedah Buku Sultan Suriansyah, Pioneer Dakwah Islam di Tanah Banjar
apahabar.com

Habar

Teks Khotbah Id dari MUI: Menguatkan Silaturahim Idulfitri
apahabar.com

Religi

Jelang Natal dan Tahun Baru, MUI Pusat Keluarkan Imbauan
apahabar.com

Sirah

Mengenang Tuan Guru Zainal Ilmi (1); Menegur Kekhilafan dengan Pandangan Batin
apahabar.com

Sirah

Menuju Haul Syekh Kasyful Anwar ke-81, Sosok Dibalik Pendidikan Formal Ponpes Darussalam
apahabar.com

Habar

Syiar Islam dari Masjid Lautze
apahabar.com

Habar

Angin Segar Ibadah Haji, Ini Penjelasan Kemenag Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com