Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi Pekan Ini, Rupiah Berpeluang Tembus Rp 14.000 Dini Hari, Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km

Riset: 9 dari 10 Pasien Sembuh Covid-19 Alami Efek Samping

- Apahabar.com Rabu, 30 September 2020 - 09:35 WIB

Riset: 9 dari 10 Pasien Sembuh Covid-19 Alami Efek Samping

Ilustrasi pasien Covid-19. Foto-Republika.co.id

apahabar.com, SEOUL – Sembilan dari sepuluh pasien yang sembuh dari COVID-19 dilaporkan mengalami berbagai efek samping, seperti kelelahan, dampak psikologis dan kehilangan indera penciuman dan perasa, menurut riset awal Korea Selatan.

Riset itu dilakukan saat kematian global akibat Covid-19 menembus angka satu juta pada Selasa (29/9) kemarin, yang menjadi tonggak sejarah kelam terkait pandemi.

“Menurut survei daring terhadap 965 pasien sembuh Covid-19, sebanyak 879 pasien atau 91,1 persen mengaku bahwa mereka mengalami setidaknya satu efek samping akibat penyakit tersebut,” kata pejabat Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Korea (KCDA), Kwon Jun-wook, saat konferensi pers.

Kwon mengatakan kelelahan menjadi efek samping yang paling umum dengan 26,2 persen, kemudian diikuti oleh kesulitan berkonsentrasi dengan persentase 24,6.

Sementara itu, efek samping lainnya meliputi dampak psikologis atau mental dan hilangnya indera penciuman dan perasa.

Kim Shin-woo, profesor penyakit dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Nasional Kyungpook di Daegu, meminta tanggapan dari 5.762 pasien sembuh di Korea Selatan dan 16,7 persen di antaranya berpartisipasi dalam survei tersebut.

Sementara riset saat ini dilakukan secara daring, kepala riset Kim akan segera memublikasi riset beserta perinciannya, katanya.

Korea Selatan juga sedang melakukan riset terpisah bersama 16 organisasi medis mengenai potensi komplikasi penyakit melalui analisis detail yang melibatkan CT scan pada pasien sembuh tahun depan, kata Kwon.

Korsel melaporkan 38 infeksi baru pada Senin (28/9), hari ke lima kenaikan dua digit, sehingga menambah jumlah kumulatif menjadi 23.699 kasus COVID-19 dengan 407 kematian.(ant)

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

WHO

Internasional

Januari 2021 ke China, Tim WHO Akan Selidiki asal Covid-19
Gorila

Internasional

Aneh! 2 Gorila di Kebun Binatang Ini Positif Covid-19
apahabar.com

Internasional

Rusia Enggan Tiru Prancis, Terbitkan Karikatur Hina Islam
apahabar.com

Internasional

Terinfeksi Covid-19, Desainer Kenzo Takada Meninggal Dunia
apahabar.com

Internasional

Positif Covid-19, Presiden AS Donald Trump ‘Berkicau’: ‘Saya Merasa Jauh Lebih Baik
apahabar.com

Internasional

10 Ribu Orang Turun ke Jalan Tuntut Kebebasan Pers

Internasional

Guru Sejarah di Prancis Dipenggal Usai Perlihatkan Karikatur Nabi, 7 Orang Tersangka Diseret ke Meja Hijau
Muslim

Internasional

Pengadilan AS Diminta Izinkan Wanita Muslim Berjilbab
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com