Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Siap-Siap, Operasi Yustisi Segera Digencarkan di Kotabaru, Pelanggar Prokes Terancam Sanksi!

- Apahabar.com Kamis, 17 September 2020 - 21:53 WIB

Siap-Siap, Operasi Yustisi Segera Digencarkan di Kotabaru, Pelanggar Prokes Terancam Sanksi!

Kapolres Kotabaru bersama Forkopimda saat menggelar rapat koordinasi persiapan Operasi Yustisi menekan angka penyebaran Covid-19. Foto-Masduki

apahabar.com, KOTABARU – Operasi yustisi disiplin protokol kesehatan (Prokes) segara akan digalakkan di Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Razia itu sebagai upaya pemerintah daerah, bersama TNI-Polri, untuk menghambat sebaran Covid-19.

Sebab, angka kasus positif Covid-19 di Bumi Saijaan terus mengalami peningkatan. Bahkan, data tim pemantauan virus setempat telah mencatat 286 orang tertular Covid-19.

Kapolres Kotabaru, AKBP Andi Adnan Syafruddin mengatakan operasi yustisi gabungan digelar sebagai langkah nyata menekan angka penyebaran virus Covid-19.

Tujuan penting lainnya yakni meningkatkan angka kesembuhan pasien positif Covid-19, menurunkan angka positif Covid-19, serta yang terakhir, menekan angka kematian pasien terpapar Covid-19.

“Maka dari itu, hari ini kita kumpul semua untuk menyamakan visi dan misi serta strategi dalam pelaksanaan operasi yustisi di daerah kita ini,” ujar AKBP Andi Adnan, di sela Rakor di Mapolres Kotabaru Kamis, (17/9).

Selain termasuk sebagai daerah zona merah, Kotabaru merupakan salah satu daerah dengan risiko penularan Covid-19 yang tinggi.

“Berkenaan dengan hal itu, Presiden RI juga telah memerintahkan agar penanganan lebih serius dilakukan bagi daerah risiko tinggi. Karena itu, melalui operasi ini diharapkan bisa menekan angka penyebarannya di Kotabaru,” ujar Kapolres.

Tempat yang menjadi target operasi yakni berbagai fasilitas umum di perkotaan, dan kecamatan, utamanya bagi wilayah yang banyak terpapar Covid-19.

“Nanti, kami Polres, Kodim, Lanal, dan Satpol PP akan menyisir berbagai tempat. Di antaranya, tempat wisata, ibadah, tempat hiburan, termasuk minimarket. Semua menjadi target kita agar semua bisa disiplin,” tegasnya.

Sementara Sekda Kotabaru, Said Akhmad menambahkan, Operasi Yustisi, sekaligus penegakan Peraturan Bupati (Perbub) no 128 tahun 2020.

“Jadi, kami tim Satuan Tugas (Satgas) penanganan, dan penanggulangan Covid-19 akan menggelar operasi yustisi untuk menyelamatkan masyarakat dari penularan Covid-19,” ujar Said.

Namun Sekda memastikan acara keramaian masih boleh dilakukan dengan catatan setiap wilayah keramaian diwajibkan meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan petugas akan berjaga di lokasi keramaian itu.

“Apabila masih ada saja yang melanggar akan disanksi sosial, dan silahkan untuk balik kanan. Ini semua dilakukan demi menyelamatkan masyarakat dari Covid-19,” tegas Said.

Dalam beberapa hari terakhir, tim Satgas Covid-19 di Kotabaru telah menggelar operasi yustisi di kawasan perkotaan. Dari operasi itu masih banyak dijumpai warga yang abai terhadap protokol kesehatan.

Selain disanksi push up, para pelanggar juga diminta berbanji tidak mengulanginya dan bersedia mengenakan masker jika ke luar rumah.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kota Baru

Kasus Positif Covid-19 di Pulau Laut Kotabaru Meningkat, 246 Orang Terpapar
apahabar.com

Kota Baru

Bravo Polri! Anak-anak di Pesisir Kotabaru Akhirnya Bisa Belajar Online
apahabar.com

Kota Baru

Aksi Ekstrem Bupati Kotabaru ‘Melawan’ Gelombang Tinggi di Laut Kelumpang
apahabar.com

Kota Baru

Dukung Pengembangan Goa Lowo, Indocement Datangkan Tenaga Ahli
apahabar.com

Kota Baru

Perjuangan Pasya di Kotabaru, Berjualan Pentol untuk Bantu Orang Tua

Kota Baru

Si Jago Merah Mengamuk di Kotabaru: Berkobar Berjam-jam, Ratusan Rumah Ludes Terbakar!
apahabar.com

Kota Baru

135 Atlet Kotabaru Siap Berlaga di Popda Banjarmasin
apahabar.com

Kota Baru

Dua Kades di Kotabaru Terseret Rasuah, Bupati Sayed Beri Wejangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com