Ribuan Buruh Kepung DPRD Kalsel, Supian HK Janjikan Pertemuan dengan DPD-DPR RI Hasil Liga Champions, Real Madrid Dipermalukan Shakhtar Donetsk, Skor Akhir 3-2 Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap

Simak Hadits Nabi Muhammad Tentang Tiga Perkara Penyelamat Manusia dari Siksaan Allah

- Apahabar.com Jumat, 18 September 2020 - 11:14 WIB

Simak Hadits Nabi Muhammad Tentang Tiga Perkara Penyelamat Manusia dari Siksaan Allah

Hadits Nabi Muhammad menyebut 3 perkara penyelamat manusia dari siksaan Allah SWT. Foto:ilustrasi/Republika

apahabar.com, JAKARTA – Hadits Nabi Muhammad menjelaskan tentang tiga perkara yang dapat menyelamatkan manusia dari siksaan Allah SWT.

Ulama asal Banten yang pernah menjadi imam di Makkah, Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitabnya yang berjudul “Nashaihul ‘Ibad”, menjelaskan, Abu Hurairah atau yang bernama asli Abdurrahman ibn Shakhr berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Ada tiga perkata yang menyelamatkan (penyelamat manusia dari siksa Allah), ada tiga perkara yang dapat membinasakan (mengantarkan manusia pada kebinasaan), ada tiga perkara yang dapat meninggikan derajat (derajat manusia di akhirat), dan ada tiga perkara yang dapat menghapus dosa.”

Tiga hal yang dapat menyelamatkan manusia dari siksa Allah itu yang pertama adalah takut kepada Allah, baik ketika berada di tempat sepi maupun ketika berada di tempat ramai. Menurut Syekh Nawawi, takwa kepada Allah di tempat sepi adalah paling tingginya derajat.

Kedua, berpola hidup hemat dan sederhana, baik saat tidak berkecukupan maupun saat berkecukupan. Artinya, menurut Syekh Nawawi, sederhana dalam hidup dengan tidak berfoya-foya dan ridha dengan hal itu.

Sedangkan perkara yang ketiga, selalu berlaku adi, baik saat rela maupun di saat marah. Arti dari marah dan rela tersebut, menurut Syekh Nawawi, bersikap marah kepada hal yang dimurkai Allah dan bersikap rela dengan apa yang diridhai Allah.

Sementara itu, tiga hal yang dapat membinasakan adalah sangat kikir, senantiasa menuruti hawa nafsunya, dan membanggakan diri sendiri. Kemudian, tiga hal yang dapat meninggikan derajat manusia di akhirat, yaitu membudayakan ucapan salam, suka memberikan makanan kepada tamu dan orang yang lapar, dan sholat malam.

Adapun tiga hal yang dapat menghapus dosa, yang pertama adalah menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin. Kedua, melangkahkan kaki untuk melaksanakan salat berjamaah. Ketiga, menunggu tibanya waktu salat yang kedua usai mengerjakan sholat yang pertama, sehingga ada hubungan emosial juga dengan masjid. (Rep)

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Ini 8 Kriteria Muslimah yang Dirindukan Surga
apahabar.com

Ceramah

Shalat Ied di Rumah, Begini Aturannya
apahabar.com

Hikmah

Langkah Menuju Tobat yang Mengantarkan Pembunuh ke Surga
apahabar.com

Religi

Masuk Islam Mengaku Tanpa Paksaan, Warga Badui Nyatakan Bahagia Jadi Mualaf
apahabar.com

Religi

Indahnya Akhlak Rasulullah SAW, Melupakan Permusuhan Ikrimah bin Abu Jahal
apahabar.com

Hikmah

4 Hal yang Bisa Mendatangkan Kerugian Besar untuk Muslim
apahabar.com

Habar

Tampung 300 Orang, Aula Wisma Sultan Sulaiman Martapura Gratis untuk Jemaah Haul ke 15 Guru Sekumpul
apahabar.com

Hikmah

10 Hal Ini yang Membuat Doa Tidak Terkabul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com