Setelah Tarif 10 Kubik Dihapus, Intip Kerugian PDAM Bandarmasih Belum Dilantik, 5 Calon Kepala Dinas di Banjarmasin Dibuat Waswas Diam-Diam, Penembak Mati Kades Jirak Tabalong Sudah Divonis! Resmi, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran BirinMu ke Bawaslu Kalsel Dugaan Pelanggaran Pemilu di Kalsel, Penantang BirinMu Beber Sederet Bukti dari Amuntai

Tanah Bumbu Butuh Pemimpin Muda, Cuncung-Alpi Jawab Harapan Warga

- Apahabar.com Minggu, 13 September 2020 - 12:49 WIB

Tanah Bumbu Butuh Pemimpin Muda, Cuncung-Alpi Jawab Harapan Warga

Syafruddin H Maming dan M Alpiya Rakhman tampil sebagai bakal calon pasangan kepala daerah Tanah Bumbu lima tahun ke depan. Foto: Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Harapan warga Bumi Bersujud agar tokoh muda kembali memimpin Tanah Bumbu seakan terjawab lewat kehadiran Syafruddin H Maming (Cuncung) dan M Alpiya Rakhman.

Duet milenial ini bakal tampil sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu di Pilkada Serentak 2020, Desember mendatang.

Optimisme masyarakat akan hadirnya kembali kepala daerah dari kalangan muda tersebut bukan tanpa alasan.

Dalam konteks kepemimpinan kepala daerah, selama dua periode kepemimpinan sebelumnya yakni periode 2010-2015 dan 2016-2021, kabupaten yang bertetanggaan dengan Kotabaru ini dinahkodai tokoh muda Mardani H Maming.

Selama itu masyarakat Tanah Bumbu rupanya menikmati hasil pembangunan di atas kapal besar yang bernama Tanah Bumbu.

Mereka merasakan betul perubahan di berbagai bidang pembangunan di antaranya infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Karena itu hadirnya kembali tokoh-tokoh muda pada perhelatan Pilkada Tanbu 2020 yang diwakili pasangan Cuncung-Alpi seakan menjadi harapan kuat masyarakat untuk kembali melanjutkan pembangunan daerah.

Alasan lain sejumlah kalangan menilai tokoh muda pantas menjadi nakhkoda Kabupaten Tanah Bumbu, selain memiliki pengetahuan, tokoh muda juga dianggap memiliki kekuatan dan yang terpenting visi yang visioner dalam pembangunan daerah.

“Selain itu pemimpin muda biasanya memiliki keunggulan tersendiri dalam pengambilan keputusan secara cepat,” ujar Zainal Hamdi, seorang warga Simpang Empat diwawancarai media ini, Minggu (13/9).

Berbicara tentang sosok, menurutnya, Tanah Bumbu memiliki banyak tokoh muda potensial. Baik yang berasal dari partai politik maupun non-partai yang pantas menjadi kepala daerah.

Baca juga :  Saudi Buka Layanan Umrah Bertahap, Dirjen PHU: Indonesia Diperbolehkan

Tampilnya duet Cuncung-Alpi menurutnya juga membuktikan bahwa tokoh-tokoh muda Tanah Bumbu telah turun ke gelanggang dan berani berada di posisi depan.

Dirinya berharap tampilnya pasangan muda ini bisa kembali melanjutkan pembangunan di Tanah Bumbu, seperti yang dilakukan di era kepemimpinan Mardani H Maming.

Dukungan kepada duet Cuncung-Alpi juga mengalir dari HM Noor. Anggota DPR RI dari dapil Kalsel ini menilai Cuncung-Alpi cocok untuk meneruskan program pembangunan Mardani H Maming.

“Cuncung-Alpiya sudah ada juga pengalaman sebagai mitra pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, Tanah Bumbu butuh sosok generasi muda yang punya semangat atau motivasi yang tinggi.

“Besar harapannya mereka bersama-sama masyarakat dapat bersinergi untuk membangun Tanbu ke arah yang lebih baik lagi,” katanya.

Tri Dharma Jadi Andalan 

Jika terpilih nanti, Cuncung-Alpi telah menyiapkan sederet program unggulannya untuk membangun kembali kawasan yang pernah digadang menjadi ibu kota negara itu.

Melanjutkan program pemerintahan sebelumnya, Cuncung akan fokus melanjutkan Tri Dharma pembangunan dengan prioritas penggunaan APBD pada 3 sektor.

“Kita akan lanjutkan program unggulan Tri Dharma yakni bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” ujar Cuncung, belum lama tadi.

Pada bidang infrastruktur pasangan Cuncung menegaskan akan fokus pada pembangunan jaringan transportasi berupa jalan dengan pembangunan baru dan peningkatan kualitas.

Baca juga :  Tingkatkan PAD, Pemkab Tabalong Bidik Kendaraan Perusahaan Nopol Luar

“Insyaallah untuk menyambungkan akses masyarakat dari kabupaten ke kecamatan, kecamatan ke kecamatan, kecamatan ke desa dan desa ke desa, akan kita bikin jalan bagi yang belum ada akses dan akan kita tingkatkan kualitasnya untuk yang masih belum maksimal,” bebernya.

Selain itu, pembangunan fasilitas ruang terbuka hijau bagi masyarakat di lokasi strategis di seluruh kecamatan dan pembangunan fasilitas pendukung berupa perkantoran.

Betonisasi sekolah tidak ketinggalan untuk program infrastruktur, yakni membangun dan memperbaiki ruang kelas baru bagi sekolah dengan bangunan beton.

“Program tersebut akan kita lanjutkan, yang sebelumnya sudah dilaksanakan adik saya Mardani H Maming waktu dia menjabat sebagai bupati,” pungkasnya.

Ya, suksesi di pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu sudah di depan mata.

Demi membangun tanah kelahirannya, Cuncung rela meninggalkan kursi empuknya di Senayan, Gedung DPR RI, Jakarta.

Cuncung bakal berpasangan dengan Alpiya Rakhman, pria yang merangkap wakil ketua DPRD Tanah Bumbu. Keduanya mengusung jargon: Bersama Rakyat Kita Menang.

Selain duet milenial yang diusung PDIP, Gerindra dan PPP itu, kontestan lainnya di Pilbup Tanah Bumbu ialah Zairullah Azhar-M Rusli.

Duet keduanya diusung oleh sejumlah parpol, seperti PKB, Golkar, PKS, PAN dan NasDem.

Selain Zairullah-M Rusli, masih ada nama Mila Karmila. Pengusaha muda satu ini mencoba peruntungannya dengan Zainal Arifin via jalur non-partai politik.

Editor: Fariz Fadhillah

Reporter: Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

BPN Nilai Media Khawatir Masyarakat Bersimpati pada Prabowo
apahabar.com

Politik

Tanggapan Romahurmuziy Terkait Suharso Monoarfa jadi Plt Ketum PPP
apahabar.com

Politik

PSI Ingin Masa Jabatan Presiden 7 Tahun dan Cukup 1 Periode
apahabar.com

Politik

Meraba Peta Politik Pilkada 2020 Kabupaten Banjar, dari Figur Muda hingga Poros Ketiga
apahabar.com

Politik

Paman Birin ‘Diam-diam’ Ambil Formulir ke Gerindra, Mungkinkah Sinyal Koalisi?
apahabar.com

Politik

Abdul Razak Optimis Sugianto-Edy Menangi Pilgub Kalteng 2020, Target 65% Suara
apahabar.com

Politik

Survei Terakhir SMRC, Jokowi Masih Unggul 56,8 Persen dan Prabowo 37 Persen
apahabar.com

Politik

Meninggal Dunia, DCT Anggota Legislatif Kotabaru Berubah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com