Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Tanbu Kebanjiran, Cuncung Salurkan Logistik via Yayasan Haji Maming

- Apahabar.com Kamis, 3 September 2020 - 16:27 WIB

Tanbu Kebanjiran, Cuncung Salurkan Logistik via Yayasan Haji Maming

Ketua Yayasan Haji Maming, Syafruddin H Maming, saat menaikkan bantuan logistik ke armada untuk disalurkan ke korban banjir. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Yayasan Haji Maming bergerak cepat membantu warga terdampak banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Bantuan logistik seperti mi instan, minyak goreng, gula, sarden, kopi, teh celup, dan air mineral disalurkan. Selain itu, ada juga seribu lembar masker kain untuk warga.

Bantuan tersebut bentuk kepedulian Yayasan Haji Maming di bidang sosial dan kemanusiaan.

“Alhamdulillah saya dan teman-teman Yayasan Haji Maming Enam Sembilan bisa menyalurkan bantuan untuk saudara kita korban banjir di Tanah Bumbu,” ucap Ketua Yayasan Haji Maming, Syafruddin H Maming, kepada apahabar.com, Kamis (3/8).

Cuncung panggilan akrabnya berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban dari warga yang sedang terdampak banjir.

“Semoga dapat membantu saudara kita yang sedang kesulitan,” ujarnya.

Cuncung menambahkan pihaknya akan selalu siap membantu pemerintah daerah dan warga terkait hal kemanusiaan.

“Kami akan terus membantu, karena ini merupakan suatu hal yang harus kita lakukan secara bersama-sama,” ujarnya.

Tiga Desa Kebanjiran

Tiga desa di Kecamatan Satui selama dua hari terakhir, yakni sejak Rabu (2/9) hingga Kamis (3/9) dilanda banjir akibat meluapnya Sungai Satui karena curah hujan tinggi.

Tiga desa yang terdampak banjir itu yakni Desa Sinar Bulan, Sungai Danu dan Sejahtera Mulia.

“Warga yang terdampak banjir mencapai 1.275 kepala keluarga (KK) dan banjir juga merendam 163 hektare lahan pertanian,” kata Kepala BPBD Tanah Bumbu, Eriyanto Rais, dilansir Antara.

Sejauh ini ketinggian debit air yang meluap terus meningkat mencapai dua sampai tiga meter.

BPBD memperkirakan di wilayah tersebut debit air akan terus meningkat mengingat hujan yang mengguyur hingga saat ini belum reda.

Akibat banjir di Desa Sejahtera Mulia para musyawarah pimpinan kecamatan (muspika) melalui pemerintah desa (pemdes) telah mendirikan dapur umum di dua lokasi yang memiliki dataran tinggi untuk menampung bantuan pangan kepada masyarakat yang terdampak.

Namun berbeda dengan warga Desa Sungai Danau, mereka lebih memilih bertahan di rumahnya masing-masing sambil menyelamatkan dan menjaga barang-barangnya yang ada di rumahnya.

Meski demikian, lanjut Eriyanto Rais, BPBD tetap menyediakan tempat pengungsian sementara bagi mereka yang terdampak banjir lokasinya di Desa Sinar Bulan Kecamatan Satui tepatnya di SMPN 4 Satui.

Saat ini personel Polri dan petugas dari BPBD Tanah Bumbu terus melakukan patroli di lapangan dan mengimbau kepada masyarakat yang terdampak untuk tetap waspada di mana sewaktu-waktu air kembali meninggi dan berhati-hati untuk menjaga harta benda yang d tinggalkan.

“Kami pastikan seluruh personel yang bertugas bekerja dengan maksimal untuk mengevakuai masyarakat yang terdampak banjir dan kami juga menyiapkan kebutuhan pokok dan obat-obatan untuk di dapur umum untuk keperluan sehari hari selama banjir,” demikian Eriyanto Rais.

apahabar.com

Ketua Yayasan Haji Maming, Syafruddin H Maming, saat menaikkan bantuan logistik ke armada untuk disalurkan ke korban banjir. Foto-Istimewa

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Reporter: Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Peringati Hari Pahlawan, Dandim 1006 Martapura: Tingkatkan Rasa Nasionalisme
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Wilayah Kalsel Masih Rawan Terbakar Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Kreatif, Pengrajin di Kotabaru Sulap Limbah Ulin Jadi Barang Berharga
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Kembali Hujan, Dua Kabupaten Pesisir Disertai Petir
apahabar.com

Kalsel

Libur Tahun Baru, Susur Sungai Barito Diminati
apahabar.com

Kalsel

Menakar Peluang Menang Khairul Saleh di Pilgub 2020
apahabar.com

Kalsel

Ketua DPRD Batola di Tangan Paman Birin
apahabar.com

Kalsel

Ketimbang ‘Dibuang’ ke Pulau Sembilan, Dr Zainal Ngotot Resign
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com