3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Target Tercapai, Ibnu-Herman Ciptakan Ribuan Wira Usaha Baru di Banjarmasin

- Apahabar.com Selasa, 22 September 2020 - 09:09 WIB

Target Tercapai, Ibnu-Herman Ciptakan Ribuan Wira Usaha Baru di Banjarmasin

Selama masa jabatan, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengelola ribuan Wira Usaha Baru (WUB). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Program pembentukan Wira Usaha baru (WUB) yang tertulis dalam satu dari tiga visi dan misi Pemko Banjarmasin, dimasa pemerintahan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin H Hemansyah telah rampung dikerjakan, bahkan melampaui target.

Di tahun keempat duet Ibnu-Herman tercatat sekira 2.847 WUB berhasil mereka ciptakan melalui campur tangan 7 SKPD lingkup Pemko Banjarmasin. Lalu program apa lagi yang kini akan dilakukan Pemko Banjarmasin terhadap ribuan WUB tersebut.

Menurut H Ibnu Sina, sejak awal tahun 2020 lalu, Pemko Banjarmasin telah meluncurkan sebuah program inovasi baru yang diyakini dapat membantu usaha para WUB, yakni Program BAHUMA (Bausaha Tanpa Bungan).

Dengan adanya program tersebut, artinya Pemko Banjarmasin kembali akan membantu WUB dari segi permodalan usaha. Hebatnya, Pemko Banjarmasin tidak mengambil sepeser pun keuntungan dari program permodalan yang ditawarkan itu. Dari ribuan WUB yang telah terbentuk tersebut, Pemko Banjarmasin menetapkan sekira 150 WUB unggulan yang bakal dibantu melalui Program BAHUMA.

Bahkan, untuk lebih memudahkan penyaluran dananya, Pemko Banjarmasin kemudian bekerja dengan Bank Kalsel dalam hal pengelolaan dana program tersebut. Pemkot Banjarmasin meminta Bank Kalsel untuk menempatkan dana pengelolaan, sehingga nanti yang sudah punya usaha bisa berproduksi dengan baik.

Program pembinaan WUB berbasis UMKM ini, telah dilakukan Pemko Banjarmasin sejak tahun 2016 lalu, dimana diawal tahun tersebut mulanya hanya terkumpul sekira 239 WUB. Setelah dilakukan pembenahan, di tahun 2017 jumlah target WUB binaan ditambah menjadi 792 pertahun.

Mengingat masih memungkinkan untuk dilakukan penambahan target, maka di tahun 2018 Pemko Banjarmasin kembali memperbesar target WUB yang bisa dibina menjadi 805 WUB.Setelah dua kali berhasil mencapai target yang diinginkan, penambahan target binaan yang harus dilakukan 7 SKPD kembali diperbesar menjadi 710 WUB di tahun 2019.Mengingat sudah mendekati target final yakni 2.500 WUB, maka di tahun 2020 ini Pemko Banjarmasin hanya menargetkan sebanyak 710 WUB saja.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Malam Puncak Harjad Banjarmasin, 493 Penari Ditampilkan
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Lomba Menghias “Tanggui” Meriahkan Hari Jadi Banjarmasin
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Lestarikan Kain Sasirangan, Utuh dan Aluh Terpilih Punya Tugas Itu
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Gerak Jalan Santai di Banjarmasin Timur berlangsung Meriah
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Berpartisipasi Meriahkan Harjad Banjarmasin, Ini Langkah Seorang Penambal Ban  
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Lomba Burung Berkicau Meriahkan Harjad Banjarmasin
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Serunya “Night Ride” di Kota Banjarmasin
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Wali Kota Cup 2019, Ciptakan Pemain Futsal Andal di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com