Lakalantas di Angkinang HSS, Warga Haruyan HST Tewas di Tempat H+4 Idulfitri, Arus Balik Mudik dari Kalsel ke Kaltim Meningkat Sejumlah Pegawai di Banjarmasin Balikin Duit THR, Kok Bisa? Viral Shogun Vs Vario di Kandangan Lama, Dua Pengendara Tewas Seketika! Dahsyatnya Banjir di Satui, Haruyan, hingga Kotabaru: Kerugian Petani Tembus Miliaran Rupiah!

Target Tercapai, Ibnu-Herman Ciptakan Ribuan Wira Usaha Baru di Banjarmasin

- Apahabar.com Selasa, 22 September 2020 - 09:09 WIB

Target Tercapai, Ibnu-Herman Ciptakan Ribuan Wira Usaha Baru di Banjarmasin

Selama masa jabatan, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengelola ribuan Wira Usaha Baru (WUB). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Program pembentukan Wira Usaha baru (WUB) yang tertulis dalam satu dari tiga visi dan misi Pemko Banjarmasin, dimasa pemerintahan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin H Hemansyah telah rampung dikerjakan, bahkan melampaui target.

Di tahun keempat duet Ibnu-Herman tercatat sekira 2.847 WUB berhasil mereka ciptakan melalui campur tangan 7 SKPD lingkup Pemko Banjarmasin. Lalu program apa lagi yang kini akan dilakukan Pemko Banjarmasin terhadap ribuan WUB tersebut.

Menurut H Ibnu Sina, sejak awal tahun 2020 lalu, Pemko Banjarmasin telah meluncurkan sebuah program inovasi baru yang diyakini dapat membantu usaha para WUB, yakni Program BAHUMA (Bausaha Tanpa Bungan).

Dengan adanya program tersebut, artinya Pemko Banjarmasin kembali akan membantu WUB dari segi permodalan usaha. Hebatnya, Pemko Banjarmasin tidak mengambil sepeser pun keuntungan dari program permodalan yang ditawarkan itu. Dari ribuan WUB yang telah terbentuk tersebut, Pemko Banjarmasin menetapkan sekira 150 WUB unggulan yang bakal dibantu melalui Program BAHUMA.

Bahkan, untuk lebih memudahkan penyaluran dananya, Pemko Banjarmasin kemudian bekerja dengan Bank Kalsel dalam hal pengelolaan dana program tersebut. Pemkot Banjarmasin meminta Bank Kalsel untuk menempatkan dana pengelolaan, sehingga nanti yang sudah punya usaha bisa berproduksi dengan baik.

Program pembinaan WUB berbasis UMKM ini, telah dilakukan Pemko Banjarmasin sejak tahun 2016 lalu, dimana diawal tahun tersebut mulanya hanya terkumpul sekira 239 WUB. Setelah dilakukan pembenahan, di tahun 2017 jumlah target WUB binaan ditambah menjadi 792 pertahun.

Mengingat masih memungkinkan untuk dilakukan penambahan target, maka di tahun 2018 Pemko Banjarmasin kembali memperbesar target WUB yang bisa dibina menjadi 805 WUB.Setelah dua kali berhasil mencapai target yang diinginkan, penambahan target binaan yang harus dilakukan 7 SKPD kembali diperbesar menjadi 710 WUB di tahun 2019.Mengingat sudah mendekati target final yakni 2.500 WUB, maka di tahun 2020 ini Pemko Banjarmasin hanya menargetkan sebanyak 710 WUB saja.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Lestarikan Kain Sasirangan, Utuh dan Aluh Terpilih Punya Tugas Itu
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Serunya “Night Ride” di Kota Banjarmasin
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Menpora Sebut Harjad Banjarmasin Mencatat Sejarah  
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Jelang Harjad ke-493 Tahun, Ibnu Imbau Warga Jaga Kebersihan
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Capaian Visi Misi Ibnu-Herman: Jadikan Sungai Banjarmasin Beranda Rumah
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Menteri Bappenas: Pemda Tidak Boleh Abaikan Isu Sanitasi dan Air Bersih
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Ibnu-Herman Raih Beragam Penghargaan, dari Nasional Hingga Asia Tenggara
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Gerak Jalan Santai di Banjarmasin Timur berlangsung Meriah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com