‘Kado’ Harjad Ke-495 Banjarmasin, Lonjakan Covid-19 hingga PPKM Berjilid-Jilid Fakta Terbaru Rombongan Moge di Jembatan Sungai Alalak, Ternyata Diduga Dikawal Polisi Dear Presiden Jokowi, Jembatan Alalak Kalsel Harus Dibuka Hindari Macet Sudah Dilimpahkan, Nih Jerat Hukuman Sejoli Pembuang Bayi di Stagen Kotabaru BREAKING! KPK Periksa 11 Nama, Salah Satunya Bupati HSU Abdul Wahid

Terbang dari Jakarta ke Banjarmasin, Siap-siap Diperiksa Covid-19

- Apahabar.com     Selasa, 15 September 2020 - 23:56 WITA

Terbang dari Jakarta ke Banjarmasin, Siap-siap Diperiksa Covid-19

Mereka yang terbang dari Jakarta ke Banjarmasin wajib menjalani pemeriksaan Covid-19 dari Dinas Kesehatan Banjarmasin. Foto-Ilustrasi/Shutterstock

apahabar.com, BANJARMASIN – Perlakuan khusus bagi mereka yang terbang dari Jakarta ke Banjarmasin berlaku di Bandara Syamsuddin Noor. Dipastikan begitu tiba di bandara daerah ini, Dinas Kesehatan Banjarmasin langsung melakukan pemeriksaan.

“Semua yang datang khususnya dari Jakarta yang ingin masuk ke Banjarmasin kita periksa, termasuk surat keterangan sudah tes usap dengan hasil negatif Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Selasa (15/9).

Menurut dia, sesuai instruksi Wali Kota Banjarmasin Nomor 3 Tahun 2020 tentang Upaya Mencegah dan Penanganan Penyebaran Covid-19, maka pihaknya melaksanakan kegiatan itu.

“Bagi yang tidak memiliki surat keterangan tes usap, maka kita langsung tes usap di sana,” ujarnya.

Menurut Machli Riyadi, upaya itu bertujuan melakukan lebih dini manajemen risiko terhadap penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Banjarmasin yang mungkin datang dari Jakarta.

“Jangan sampai gelombang kedua penyebaran Covid-19 datang tanpa kita ketahui, apalagi Gubernur DKI Jakarta sudah menarik rem darurat. Artinya penyebaran virus sudah gawat di sana, kita harus upayakan memutus rantai penularan dari sana sedini mungkin,” tuturnya.

Banjarmasin, kata dia, sudah mulai bisa menurunkan angka penularan Covid-19, bahkan sebagian besar wilayah sudah bisa dinyatakan zona hijau karena tidak ada lagi penambahan kasus baru.

Dikatakan, penegakan Perwali Banjarmasin Nomor 3 Tahun 2020 tentang penegakan hukum protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 di kota ini, khususnya wajib pakai masker terus dilaksanakan sangat ketat, jika warga bandel akan didenda Rp100 ribu.

Dengan mulai tingginya kesadaran masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan ini, yakni, pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan pakai sabun, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah ini mulai menurun.

Data kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Banjarmasin terakhir sebanyak 3.126 orang, sembuh sebanyak 2.417 orang dan meninggal dunia sebanyak 158 orang. (Ant)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tala

Kalsel

Mulai Surut, Pengendara Nekad Terobos Jalan Berair di Tala
Relawan Hikun Tabalong

Kalsel

Puluhan Relawan Hikun Tabalong Bantu Bersih-Bersih Pasca-Banjir HST
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 4 April: ODP dan PDP Bertambah lagi
apahabar.com

Kalsel

Kekerasan Terhadap ‘Kartini’ di Banjarmasin Meningkat
Ponpes Al Falah

Kalsel

Pasca-Kebakaran Hebat, Ponpes Al Falah Banjarbaru Buka Donasi Via Rekening Resmi
cuaca kalsel

Kalsel

Cuaca Kalsel Hari Ini, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Agar Waspada
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Waspada, Seluruh Wilayah Kalsel Hujan disertai Angin Kencang Hari Ini!
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diguyur Hujan, Waspada Angin Kencang dan Petir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com