Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Umrah Dibuka Kembali Mulai 4 Oktober dan 1 November

- Apahabar.com Rabu, 23 September 2020 - 07:45 WIB

Umrah Dibuka Kembali Mulai 4 Oktober dan 1 November

Suasana Masjidil Haram yang sepi di Mekah, Arab Saudi, Jumat (6/3). Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara pelaksanaan ibadah umrah terkait merebaknya wabah virus corona. Foto-Reuters

apahabar.com, KAIRO – Pemerintah Arab Saudi kembali mengizinkan jemaah dalam negeri untuk melaksanakan ibadah umrah mulai 4 Oktober 2020, dan 1 November 2020 bagi jemaah dari luar negeri, demikian dikutip dari laporan Kantor Berita SPA, Selasa (22/9).

Sebelumnya, Saudi sejak Maret menutup layanan ibadah umrah akibat pandemi Covid-19, yang sebelumnya dalam keadaan normal dapat dilakukan umat Islam di Mekah dan Madinah sepanjang tahun.

Pembukaan kembali layanan umrah berarti memungkinkan hingga 6.000 warga negara dan penduduk di Arab Saudi menjalankan umrah tiap harinya.

Menurut laporan SPA, hanya sebanyak 30 persen dari kapasitas normal 20.000 jemaah yang diizinkan melaksanakan ibadah umrah per hari, sebagai langkah pencegahan penularan virus.

Kapasitas umrah harian baru akan ditingkatkan menjadi 75 persen setelah dua pekan, pada 18 Oktober 2020.

Sementara untuk pembukaan di awal November nanti, Saudi hanya akan mengizinkan jemaah umrah dari sejumlah negara khusus yang dianggap aman, dengan kapasitas 100 persen hingga berakhirnya pandemi.

Selain umrah, Pemerintah Saudi sebelumnya juga membatasi layanan ibadah haji yang biasanya dapat mengumpulkan sekitar 3 juta orang dari seluruh dunia, menjadi hanya untuk beberapa ribu jemaah dalam negeri saja.

Data resmi menunjukkan bahwa layanan haji dan umrah mendatangkan pendapatan bagi Arab Saudi hingga sebesar 12 miliar dolar AS (setara Rp177 triliun) per tahun.

Sementara itu, jumlah infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi Arab Saudi hingga 22 September 2020 adalah sebanyak 330,798 kasus, bertambah sekitar 500 kasus baru dari hari sebelumnya, dengan total kematian 4.542 kasus.(Ant/Rts)

Editor: Aprianoor

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Habib Ali Zainal Abidin al Hamid Malaysia Isi Tausiyah Haul KH Anang Sya’rani ke-50
apahabar.com

Religi

Gemar dengan Ilmu, Ulama Ini Masih Sempat Diskusi Menjelang Ajal
apahabar.com

Habar

Mesjid Kanas Alalak (1), Dibangun oleh Buyut Datuk Kelampayan
apahabar.com

Habar

1.000 Jemaah Korban First Travel Bakal Diberangkatkan Umrah
apahabar.com

Habar

H-3 Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul, Relawan Kebersihan Butuh 20.000 Kantong Sampah
apahabar.com

Ceramah

Masih Terngiang, Pesan Guru Zuhdi Soal Hakikat Lebaran Idul Fitri
apahabar.com

Habar

Haul Sekumpul Steril dari Politik, Ini Penegasan Imam Mushalla Ar Raudah
apahabar.com

Religi

Dapat Uang Rp75 Juta, Disedekahkan Semua
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com