Enam Bulan Pandemi Corona di Kalsel, ICU dan Ruang Isolasi Makin Sesak Resmi, Sandiaga Uno Dukung Cuncung-Alpiya di Pilbup Tanbu 2020 Bendera RI Rasa Polandia di SKPD Kotabaru, Sore Hari Baru Diturunkan Pulang dari Banjarmasin, 1 Anggota DPRD Tabalong Positif Covid-19 Hasil Liga Inggris, Kalah 3-1 dari Liverpool, Pelatih Arsenal Arteta Langsung Berburu Gelandang Kreatif

Update Kasus 300 Kg Sabu di Kalsel, 4 Tersangka Segera Disidang

- Apahabar.com Rabu, 16 September 2020 - 07:49 WIB

Update Kasus 300 Kg Sabu di Kalsel, 4 Tersangka Segera Disidang

Empat tersangka 300 kilogram sabu-sabu saat dibawa penyidik Ditresnarkoba Polda Kalsel. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Polda Kalsel telah merampungkan berkas empat tersangka kasus 300 kg sabu dan menyerahkannya kepada penyidik jaksa.

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel, AKBP Budi Hermanto mengungkapkan, penyerahan berkas yang telah dianggap rampung itu ke penyidik Kejaksaan Negeri Kalsel dilakukan Selasa (16/09/2020) kemarin.

Sebelumnya, proses penyidikan empat tersangka perkara 300 kilogram sabu-sabu ditangani Subdit 2 Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalsel.

“Hari ini (kemarin, red) berkas perkara diserahkan penyidik ke jaksa untuk diteliti alias masuk tahap I,” kata AKBP Budi Hermanto seperti dikutip apahabar.com dari Antara, Rabu (16/09/2020) pagi.

Selanjutnya kata Budi Hermanto, jaksa meneliti untuk memberikan masukan yang diperlukan.

“Kalau sudah dianggap lengkap oleh jaksa, maka berikutnya tahap II alias P-21 untuk penyerahan tersangka dan barang bukti dan selanjutnya siap disidangkan dalam proses penuntutan oleh jaksa penuntut umum (JPU),” kata Budi Hermanto.

Baca juga :  Bertambah 52 Orang, Kasus Covid-19 di Kalsel 10.289

Budi Hermato yang akrab disapa Buher itu yang memimpin pengungkapan penyelundupan 300 kilogram sabu-sabu asal Malaysia pada 6 Agustus 2020 lalu itu.

Terkait pengembangan kasusnya, diakui Buher, pengungkapan 300 kilogram sabu-sabu menjadi akhir dari satu rangkaian jaringan penyelundupan narkotika yang berhasil dibongkar.

Berawal dari pengungkapan 1,8 kilogram sabu-sabu di tahun 2019, kemudian terungkap 208 kilogram sabu-sabu dan 53.969 butir ekstasi pada 13 Maret 2020 lalu oleh tim gabungan Ditresnarkoba Polda Kalsel yang dipimpin Buher. Saat itu Buher baru menjabat setelah menjadi Kapolres Blitar, Polda Jawa Timur.

“Jadi inilah puncaknya dari pengembangan satu rangkaian jaringan pengedar narkotika internasional yang menjadikan Kalsel sebagai jalur distribusinya, termasuk menjerat tindak pidana pencucian uang (TPPU) tersangka pengendalinya pada perkara 208 kilogram,” beber Buher pula.

Baca juga :  Bendera RI Rasa Polandia di SKPD Kotabaru, Sore Hari Baru Diturunkan

Ada pun empat tersangka, yaitu berinisial ST dan AY asal Kabupaten Kotabaru, Kalsel, si pembawa barang yang ditangkap di Tanjung Selor, Kalimantan Utara ketika menerima narkotika masuk perbatasan RI-Malaysia.
Kemudian dua tersangka lain, MR dan DN asal Balikpapan, Kalimantan Timur ditangkap di Banjarmasin
sebagai penerima.

Pengungkapan 300 kilogram sabu-sabu menjadi komitmen Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta memberantas peredaran narkoba kelas kakap di Bumi Lambung Mangkurat selama ini.

Polda Kalsel dibantu tim gabungan Satuan Tugas Khusus Merah Putih Bareskrim Polri dan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya hingga mencatatkan rekor tangkapan terbesar di luar Pulau Jawa yaitu 3 kuintal sabu-sabu.(ant)

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Direktur RSUD Barabai Pastikan ikut Pilbup HST 2020
apahabar.com

Kalsel

Malam Ramadan, Puluhan Pemuda di Kotabaru Malah Pesta Miras
apahabar.com

Kalsel

Siang Hari, BMKG Prakirakan Kalsel Hujan Lokal
apahabar.com

Kalsel

Rawan PTS Kedaluwarsa, LLDIKTI Kalimantan: Pilih yang Terakreditasi
apahabar.com

Kalsel

PDIP Kalsel Minta Masyarakat Tidak Panik Hadapi Corona
apahabar.com

Kalsel

Jangan Lengah, DBD Sama Berbahayanya dengan Corona
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Banjar Rencanakan Pemindahan Pasar Terapung Lok Baintan
apahabar.com

Kalsel

Sejumlah Nama akan Ramaikan Pilkada Balangan, Berikut Tanggapan Partai Pengusung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com