Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Update Kasus 300 Kg Sabu di Kalsel, 4 Tersangka Segera Disidang

- Apahabar.com Rabu, 16 September 2020 - 07:49 WIB

Update Kasus 300 Kg Sabu di Kalsel, 4 Tersangka Segera Disidang

Empat tersangka 300 kilogram sabu-sabu saat dibawa penyidik Ditresnarkoba Polda Kalsel. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Polda Kalsel telah merampungkan berkas empat tersangka kasus 300 kg sabu dan menyerahkannya kepada penyidik jaksa.

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel, AKBP Budi Hermanto mengungkapkan, penyerahan berkas yang telah dianggap rampung itu ke penyidik Kejaksaan Negeri Kalsel dilakukan Selasa (16/09/2020) kemarin.

Sebelumnya, proses penyidikan empat tersangka perkara 300 kilogram sabu-sabu ditangani Subdit 2 Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalsel.

“Hari ini (kemarin, red) berkas perkara diserahkan penyidik ke jaksa untuk diteliti alias masuk tahap I,” kata AKBP Budi Hermanto seperti dikutip apahabar.com dari Antara, Rabu (16/09/2020) pagi.

Selanjutnya kata Budi Hermanto, jaksa meneliti untuk memberikan masukan yang diperlukan.

“Kalau sudah dianggap lengkap oleh jaksa, maka berikutnya tahap II alias P-21 untuk penyerahan tersangka dan barang bukti dan selanjutnya siap disidangkan dalam proses penuntutan oleh jaksa penuntut umum (JPU),” kata Budi Hermanto.

Budi Hermato yang akrab disapa Buher itu yang memimpin pengungkapan penyelundupan 300 kilogram sabu-sabu asal Malaysia pada 6 Agustus 2020 lalu itu.

Terkait pengembangan kasusnya, diakui Buher, pengungkapan 300 kilogram sabu-sabu menjadi akhir dari satu rangkaian jaringan penyelundupan narkotika yang berhasil dibongkar.

Berawal dari pengungkapan 1,8 kilogram sabu-sabu di tahun 2019, kemudian terungkap 208 kilogram sabu-sabu dan 53.969 butir ekstasi pada 13 Maret 2020 lalu oleh tim gabungan Ditresnarkoba Polda Kalsel yang dipimpin Buher. Saat itu Buher baru menjabat setelah menjadi Kapolres Blitar, Polda Jawa Timur.

“Jadi inilah puncaknya dari pengembangan satu rangkaian jaringan pengedar narkotika internasional yang menjadikan Kalsel sebagai jalur distribusinya, termasuk menjerat tindak pidana pencucian uang (TPPU) tersangka pengendalinya pada perkara 208 kilogram,” beber Buher pula.

Ada pun empat tersangka, yaitu berinisial ST dan AY asal Kabupaten Kotabaru, Kalsel, si pembawa barang yang ditangkap di Tanjung Selor, Kalimantan Utara ketika menerima narkotika masuk perbatasan RI-Malaysia.
Kemudian dua tersangka lain, MR dan DN asal Balikpapan, Kalimantan Timur ditangkap di Banjarmasin
sebagai penerima.

Pengungkapan 300 kilogram sabu-sabu menjadi komitmen Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta memberantas peredaran narkoba kelas kakap di Bumi Lambung Mangkurat selama ini.

Polda Kalsel dibantu tim gabungan Satuan Tugas Khusus Merah Putih Bareskrim Polri dan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya hingga mencatatkan rekor tangkapan terbesar di luar Pulau Jawa yaitu 3 kuintal sabu-sabu.(ant)

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kampung Tangguh Covid-19 di Basirih Selatan Dapat Apresiasi
apahabar.com

Kalsel

4 Kabupaten di Kalsel Diprakirakan Hujan Berpetir Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

PKK Tapin Gelar Jambore Kader
apahabar.com

Hukum

Sungguh Terlalu, Transaksi Sabu di Halaman Masjid

Kalsel

Kapolda Kalsel Apresiasi Pembangunan Aula Sanika Satyawada di Polres Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Menuju Mekah, Jemaah Haji HST Mulai Terserang Penyakit
apahabar.com

Hukum

Bantah Ada Pemukulan, Kuasa Hukum Caleg PKB Tempuh Praperadilan
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Oli Bekas Cemari Sungai di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com