Polisi Dalami Kaburnya Habib Rizieq dari Rumah Sakit Ummi Nekat Menjambret Wanita di Siang Bolong, Pemuda Kotabaru Diringkus Tim Macan Bamega Sadis! Begal Mobil Carteran di Pelaihari Buang Jasad Korban ke Hutan Sawit BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen

Waspada Kanker Serviks, Ratusan Warga Kotabaru Diperiksa

- Apahabar.com Kamis, 17 September 2020 - 14:15 WIB

Waspada Kanker Serviks, Ratusan Warga Kotabaru Diperiksa

Pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi dini pengidap kanker serviks di Kotabaru. Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Ratusan warga Kotabaru sudah menjalani pemeriksaan untuk mengantisipasi kanker serviks. Sebanyak 750 warga Bumi Saijaan dilaporkan telah menjalani pemeriksaan tersebut.

“Pemeriksaan ini penting untuk kalangan perempuan, sehingga diketahui dan dapat ditangani secepatnya bagi yang positif,” ujar Ketua TP PKK Kotabaru, Fatma Indiana, Kamis (17/9).

Fatma mengatakan deteksi dini kanker leher rahim sangat penting dilakukan untuk menyelamatkan kaum perempuan dari penyakit mematikan tersebut.

Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan setempat menggelar pemeriksaan gratis penyakit kanker serviks.

Pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi sedini mungkin agar penderita positif kanker serviks segera mendapatkan penangan medis.

Kegiatan yang berlangsung di Polindes, Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, diikuti 4 warga yang sebelumnya diwajibkan menjalani rapid test dan menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid-19.

Dari Kompas.com, kanker serviks adalah kanker dengan jumlah paling banyak kedua yang diderita wanita di Indonesia, setelah kanker payudara, dari angka kejadian atau kasusnya serta angka kematiannya.

Setiap tahun, ada sekitar 14.000 wanita didiagnosis menderita kanker serviks dan lebih dari 7.000 orang meninggal dunia akibat penyakit ini.

Hal ini berarti dalam setiap satu jam, terdapat satu orang wanita yang meninggal dunia karena kanker serviks atau kanker rahim, dengan prevalensi dalam lima tahun sekitar 64,9 persen.

Kanker serviks sendiri disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV) yang sangat mudah ditularkan. Salah satu yang dapat menularkan HPV ialah dengan hubungan seksual.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kota Baru

86 KK di Kelumpang Selatan Kotabaru Terima Duit BLT
apahabar.com

Kota Baru

Kasus Positif Covid-19 di Kotabaru Bertambah, Sekda Minta Warga Jangan Lengah
apahabar.com

Kota Baru

Pegawai Kantor Kepegawaian Kotabaru Terpapar Covid-19, Pelayanan Diliburkan
apahabar.com

Kota Baru

Kasus Covid-19 Kotabaru Bertambah Lagi, 286 Terpapar!
apahabar.com

Kota Baru

Dukung Pengembangan Goa Lowo, Indocement Datangkan Tenaga Ahli

Kota Baru

Hari ini, 2 Warga Bumi Saijaan Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kota Baru

Perpus Baru di Tapin Diharap Jadi Pilar Literasi
apahabar.com

Kota Baru

Update Covid-19 Kotabaru: 14 Sembuh, 3 Positif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com